Sukses

12 Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor, Percantik Pekarangan Rumah Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Jenis tanaman hias bunga outdoor sangat cocok untuk mempercantik pekarangan rumah. Apabila pekarangan rumah kamu masih terlihat polos, kamu bisa menambahan beberapa tanaman hias bunga outdoor.

Ada beraneka ragam jenis tanaman hias bunga outdoor. Jenis tanaman hias ini merupakan tanaman hias yang disimpan di luar rumah atau di bagian pekarangan rumah serta tidak membutuhkan banyak air.

Umumnya, tanaman hias bunga outdoor memang akan lebih bagus dan maksimal dalam pertumbuhannya jika diletakkan di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Tak heran, kalau tanaman hias bunga outdoor sangat tahan terhadap sinar matahari dan udara yang panas.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir terhadap perawatan tanaman hias bunga outdoor ini. Jadi, untuk mempercantik taman atau pekarangan rumah, tanaman hias bunga outdoor adalah pilihan yang tepat.

Sebelum memilihnya, ketahui terlebih dahulu jenis tanaman hias bunga outdoor. Berikut rekomendasi jenis tanaman hias bunga outdoor yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020). 

2 dari 7 halaman

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Bunga Geranium atau Tapak Dara

Geranium atau Tapak Dara merupakan jenis tanaman hias bunga outdoor yang bisa kamu coba untuk percantik halaman atau taman. Bunga Geranium memiliki aneka warna dan sering digunakan sebagai bahan wewangian.

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari bunga ini adalah ampuh untuk mengusir nyamuk. Jadi, saat kamu menanam bunga ini akan mendapat keuntungan dari segi keindahan dan kesehatan.

Tanaman ini sangat cocok di tanam di wilayah tropis karena dapat beradaptasi dengan baik dalam dengan cuaca panas.  Cara menanam bunga ini terbilang mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya.

Bunga Euphorbia

Euphorbia merupakan jenis tanaman hias bunga outdoor yang bisa kamu jadikan untuk mempercantik halaman atau taman rumah. Bunga ini identik dengan duri yang cukup banyak pada bagian batangnya.

Tanaman hias ini sering dijumpai dengan penanamannya yang disimpan dalam pot. Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga yang tidak terlalu suka dengan kandungan air yang terlalu banyak.

Bunga ini memerlukan sinar matahari penuh untuk pertumbuhannya. Selain itu, tanaman hias outdoor ini juga bisa digunakan untuk dijadikan obat herbal. Beberapa penyakit dapat sembuh seperti diare, malaria, haptitis, dan masih banyak lagi.

3 dari 7 halaman

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang sepatu sangat terkenal dengan keindahannya, warna yang beragam seperti merah, kuning, pink, oranye dan lainnya. Bunga yang sangat cantik ini sudah banyak ditanam di halaman rumah untuk penghias sehingga menjadi salah satu bunga yang sangat populer.

Bunga Kembang Sepatu sangat kuat terhadap cuaca yang sangat panas, sehingga sangat indah jika ditanam di pekarangan rumah. Pekarangan rumah akan terlihat semakin indah dan menawan.

Bunga Mandevilla Sanderi

Jenis tanaman hias bunga aoutdoor lainnya yang cocok untuk percantik halaman rumah adalah Mandevilla Sanderi. Bunga ini tumbuh merambat yang dapat digunakan sebagai penutup atau peneduh dari tempat yang perlu perlindungan dari sinar matahari.

Menanam bunga ini akan menciptakan suasana pekarangan rumah yang asri dan sejuk. Bunga ini membutuhkan paparan sinar matahari yang penuh untuk bisa tumbuh. Bagi kamu yang tinggal di wilayah perkotaan sangat cocok menanam tanaman ini.

4 dari 7 halaman

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja merupakan jenis tanaman hias bunga outdoor yang berasal dari wilayah Afrikan dan Amerika. Tanaman hias ini berbentuk pohon kecil dengan daun yang jarang, namun cukup tebal.

Bunganya pun memiliki wangi yang sangat khas serta mahkota bunga yang berwarna putih, ungu dan merah. Selain kelpoak warnanya yang sangat indah, bunga ini juga mampu tumbuh subur walaupun tidak terlalu sering disiram.

Bunga Gaillardia

Bunga Gaillardia sangat cocok untuk menghiasi taman atau pekarangan rumah. Hal ini dikarenakan bunga Gaillardia sangat kuat terhadap tanah yang kering serta cuaca yang panas sehingga sangat mudah tumbuh.

Bunga yang cantik ini juga sering disebut sebagai bunga padang rumput karena memiliki habitat asli di daerah terbuka. Bunga Gaillardia ini termasuk ke dalam tanaman semak, pada varietas yang bertangkai bunga panjang, bunga ini memerlukan tiang untuk proses pertumbuhannya.

5 dari 7 halaman

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Jengger Ayam

Tanaman hias bunga aoutdoor berikutnya adalah Jengger Ayam. Disebut demikian karena tanaman hias ini memiliki bentuk bunga dan warnanya yang merah merekah mirip jengger ayam.

Ada banyak warna dari Jengger Ayam ini, mulai dari merah, oranye dan kuning. Tanaman ini sangat tahan terhadap panas matahari yang menyengat dan dapat berbunga selama beberapa kali dalam kurun waktu satu bulan.

Bunga Marigold

Bunga Marigold merupakan jenis tanaman hias bunga outdoor yang bisa digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah.  Bunga Marigold tumbuh pada bagian tangkai dengan warna kuning, berbentuk bulat dengan kelopak berwarna merah.

Selain berwarna kuning, bunga Marigold memiliki warna-warna oranye kemerahan serta warna putih. Saat musim berbungan tiba, bunga ini sering menjadi incaran kupu-kupu karena memiliki kandungan nektar yang banyak.

6 dari 7 halaman

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Bunga Thunbergia

Dilihat sekilas, jenis tanaman hias bunga outdoor bunga ini mirip dengan bunga terompet. Namun, jika diperhatikan bagian ujung bunga ini, akan terlihat mahkota bunga menyerupai kotak dengan daun seperti tanda hati.

Selain memiliki warna mahkota yang cantik, bunga Thunbergia juga memiliki pola tumbuh yang sangat unik, bunga ini akan mekar pada pagi hari dan akan menguncup pada sore hari. Tanah yang lembap serta sinar matahari menjadi media tanam baik untuk bunga ini.

Bunga Portulaca

Bunga Portulaca lebih dikenal dengan nama bunga Pukul Sembilan. Bunga Portulaca merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga outdoor yang tumbuh pendek seperti rumput berbunga. Bunga Portulaca sangat unik karena berukuran mini dan berwarna-warni.

Bunga Portulaca bisa digolongkan ke dalam tanaman dengan pertumbuhan yang cepat serta sangat kuat terhadap kondisi yang kering, sehingga angat cocok sebagai penutup tanah dan tidak memerlukan perawatan yang ekstra.

Untuk mempercantik pekarangan rumah, tanaman hias ini bisa disimpan pada pot yang menggantung lalu disimpan di pekarangan rumah.

7 dari 7 halaman

Jenis Tanaman Hias Bunga Outdoor

Tabebuya

Tabebuya merupakan salah satu jenis pohon yang sering digunakan untuk peneduh. Pohon ini akan tumbuh menjulang dengan bunga-bunganya yang indah. Bunga ini akan tumbuh pada setiap ranting pohonnya.

Bunga ini tumbuh pada musim kemarau, pada saat itulah daun pohon akan berganti menjadi pohon yang ditumbuhi oleh banyak bunga. Ketika bunga bermunculan, akan membuat pekarangan rumah makin cantik dan indah.

Bunga Kertas atau Bougenville

Jenis tanaman hias bunga outdoor selanjutnya yang bisa digunakan pada pekarangan rumah adalah Bougenville. Jenis tanaman hias ini sangat populer karena memiliki bentuk yang kecil dan sedikit sulit untuk tegak.

Keindahan tanaman hias ini terletak pada bunganya yang berwarna cerah. Bunganya tumbuh sangat rimbun. Menariknya lagi, tanaman hias bunga outdoor ini sangat mudah dirawat. Tidak membutuhkan waktu yang banyak karena tanaman hias ini cocok tumbuh di wilayah dengan iklim tropis.

Loading