Sukses

5 Fakta Henky Solaiman, Mundur dari Dunia Hiburan karena Idap Kanker Usus

Liputan6.com, Jakarta Wajah aktor senior Henky Solaiman mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pria kelahiran 30 Agutus 1941 ini memang telah cukup lama malang melintang di industri hiburan Tanah Air.

Henky Solaiman sendiri mulai belajar dunia akting saat masih sekolah di Akademi Theater Nasional Indonesia di Yogyakarta. Namun saat ini sekolah tersebut telah bubar. Ia juga turut bergabung dan aktif dalam Teater Populer HI.

Tak hanya sebagai aktor saja, akan tetapi Henky Solaiman juga aktif sebagai produser serta sutradara. Ia pun mulai aktif terjun di dunia entertainment setelah membintangi film Wadjah Seorang Laki-Laki pada 1971.

Telah 49 tahun berlalu-lalang di dunia entertain, pria kelahiran Bandung ini pun memilih untuk mundur dari industri hiburan. Pasalnya, Henky Solaiman diketahui tengah mengidap kanker usus. Kabar sakitnya aktor senior ini pun cukup mengejutkan banyak publik.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020) berikut ini beberapa fakta terkait Henky Solaiman yang tengah mengidap kanker usus.

2 dari 6 halaman

1. Mulai vakum dan pilih mundur

Kabar soal vakumnya aktor senior Henky Solaiman sendiri mulai muncul setelah Mieke Amalia mengunggah foto bersama di akun Instagram pribadinya. Henky pun memutuskan untuk pensiun dari industri hiburan Tanah Air setelah mengetahui dirinya mengidap kanker usus. Meski begitu, pria 79 tahun ini tetap optimis mengahadapi penyakit yang diidapnya.

3 dari 6 halaman

2. Menolak lakukan operasi

Walaupun telah mengatahui jika dirinya mengidap kanker usus. Akan tetapi Henky Solaiman menilah untuk menjalani operasi ataupun kemoterapi. Ia lebih memilih menjalani pengobatan alternatif saja. Pengobatan alternatif yang dipilihnya berupa pengobatan magnet.

Alasan jika dirinya tak mau melakukan operasi ialah ia tak ingin bergantung dengan alat medis untuk bertahan hidup. Hengky mengaku masih ingin hidup seperti biasanya tanpa alat penunjang lainnya. Henky mengaku jika dirinya tetap melakukan operasi, ia pun harus menggunakan 'kantong' seumur hidup.

4 dari 6 halaman

3. Tetap berusaha bahagia

Pengakuan Henky soal kanker usus yang diidapnya, ia pun harus tetap tegar dan bahagia. Bahkan, pria yang akrab disapa Opa Henky ini pun berusaha untuk tidak sedih dan menangis saat dirinya sakit. Meski begitu, dirinya pun tak kuasa menahan tangisnya saat beberapa rekan satu sinetron memeluknya ketika mengatahui Henky mengidap kanker usus.

5 dari 6 halaman

4. 49 Tahun berkarya di dunia hiburan

Putuskan istirahat dari dunia entertain tentu saja bukan hal yang mudah. Selain itu, diketahui pula jika Henky Solaiman telah merintis kariernya selama 49 tahun. Puluhan judul film pun telah dimainkan olehnya. Meski sudah cukup lama malang-melintang di dunia akting, Opa Henky diketahui cukup jarang tampil sebagai pemeran utama.

6 dari 6 halaman

5. Jadi sutradara film ternama era 80-an

Kariernya sebagai seorang aktor pun cukup melejit pada era 70 dan 80-an. Tak ingin hanya bermain peran, Henky Solaiman pun melebarkan sayapnya sebagai seorang sutradara. Beberapa film yang disutradari oleh Henky pun mempercayakan aktris Meriam Bellina sebagai pemeran utamanya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ungkapkan Pesan Rindu, Ini 7 Kenangan Adik Perempuan dengan Ashraf Sinclair
Artikel Selanjutnya
9 Potret Terbaru Kiano Anak Baim Wong Setelah Potong Rambut, Makin Menggemaskan