Sukses

10 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler, Sungai hingga Pusat Oleh-Oleh

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kalimantan Selatan sangat identik dengan destinasi sungainya. Terlebih pada ibu kota Kalimantan Selatan, yaitu Banjarmasin. Kota ini memiliki julukan Kota Seribu Sungai karena memang pusat kotanya dibelah oleh banyak sekali sungai, seperti Martapura, Barito. Sipandai, Sigaling, Keramat, Jagabaya, Pangeran, dan lain sebagainya.

Selain sungai, tempat wisata di Kalimantan Selatan juga didominasi oleh perbukitan. Buat kamu yang suka dengan wisata alam, Kalimantan Selatan punya sederetan pesona alam yang sangat memukau. Hal ini dikarenakan Kalimantan merupakan wilayah dengan hutan hujan tropis.

Bagi kamu yang tidak menyukai wisata alam, ada referensi tempat wisata di Kalimantan Selatan lainnya seperti wisata religi. Terdapat masjid tertua hingga terbesar yang ada di Kalimantan Selatan ini.

Menariknya lagi, setelah puas berkeliling di Kalimantan Selatan, kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh khas yang bisa dibeli dan dibawa untuk sanak saudara di rumah. Mulai dari kain hingga perhiasan khas Kalimantan Selatan bisa kamu jumpai di sini.

Berikut tempat wisata di Kalimantan Selatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/1/2020).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler

Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Tempat wisata di Kalimantan Selatan populer pertama yang wajib dikunjungi adalah Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin. Pasar terapung ini merupakan salah satu yang terkenal di sungai Banjarmasin.

Kurang lengkap rasanya apabila tidak melakukan perjalan ke Banjarmasin tanpa berkunjung ke pasar tradisional yang sudah bertahan lama sejak ratusan tahun silam. Pasar terapung ini terletak di Jalan Kuin Utara Kelurahan Kuin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pasar terapung ini menjadi salah satu ciri khas wisata Kota Banjarmasin. Proses jual beli dilakukan di atas perahu. Kamu dapat menemukan aneka kebutuhan, mulai dari hasil pertanian, makanan, hingga pakaian.

Pasar Terapung Lok Baintan

Alternatif pasar terapung yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kalimantan Selatan adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Untuk pasar terapung yang satu ini terletak di Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kacamatan Sungai Tabuk, Sungai Tandipah, Kalimantan Selatan.

Mirip dengan Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin. Kamu dapat merasakan suasana pasar, namun di atas sungai. Aneka sayur, buah, serta barang kebutuhan pokok lain dijual di atas perahu. Uniknya lagi, beberapa penjual masih menerima sistem barter.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler

Taman Wisata Pulau Kembang

Tempat wisata di Kalimantan Selatan yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Pulau Kembang. Pulau ini merupakan deta yang terbentuk secara alami dan membentuk pulau yang dihuni oleh kawanan kera.

Pulau ini terletak di tengah Sungai Barito. Pulau ini merupakan area konservasi kera ekor panjang dan bekantan. Selain bisa berkenalan dengan kawanan kera yang bersahabat, kamu juga bisa berforo di hutan mangrove.

Bukit Rimpi Pelaihari

Tempat wisata di Kalimantan Selatan juga terkenal dengan destinasi perbukitannya yang indah. Hal ini dikarenakan Kalimantan merupakan wilayah yang subur dengan hutan hujan tropis yang membuat suasana hijau terbentang sepanjang mata.

Panorama alam perbukitan ni mirip dengan bukit ala New Zealand. Apabila kamu tertarik menikmati wisata alam perbukitan di Kalimantan Selatan, kamu bisa mengunjungi Bukit Rimpi Pelaihari. Letaknya sangat mudah dan dapat ditempuh dari Kota Banjarmasin melalui Jalan Trans Kalimantan.

 

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler

Taman Labirin Pelaihari

Selain di Malang, taman labirin juga bisa kamu nikmatin di Kalimantan Selatan. Di Taman Labirin Pelaihari kamu bisa berswafoto dengan latar belakang taman labirin yang mengesankan.

Labirin di sini juga menggunakan tanaman asli alias bukan tanaman sintetis, sehingga memberi kesan alami dan asri. Di taman ini kamu juga bisa bermain bersama rusa dan kerbau Kalimantan yang berada di satu kompleks dengan taman labirin ini.

Bukit Matang Kaladan

Tempat wisata di Kalimantan Selatan dengan panorama perbukitan selanjutnya yang bisa kamu sambangi adalah Bukit Matang Kaladan. Lokasinya tidak jauh dari puncak hutan Tahura, Di sini kamu bisa mendapatkan pemandangan hutan dan danau dengan pulau-pulau unik yang berada di tengah.

Uniknya lagi, di tempat wisata ini juga tersedia spot foto dengan latar belakang pemandangan Bukit Matang Kaladan yang bakal memperindah deretan foto-foto di akun Instagram mu.

 

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler

Masjid Sultan Suriansyah

Berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu juga bisa mengunjungi wisata religi ke Masjid Sultan Suriansyah. Bagi kamu yang beragama Islam, tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu situs bersejarah yang memiliki nilai-nilai keislaman yang kental ini.

Masjid Surianyah merupakan masjid tertua di Banjarmasin dan memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat sekitar. Keunikan lain dari masjid ini adalah bangunannya berbentuk panggung.

Masjid ini juga memiliki ukiran khas Kalimantan Selatan dan atap tumpang. BEberapa bagian dari masjid terlihat mirip dengan Masji Agung Demak terutama di bagian atapnya yang berundak dan mengerucut ke atas. Keunikan lainnya, mihrab atau tempat imam sholat memiliki atap sendiri yang terpisah dari atap bangunan utama.

Masjid Sabilal Muhtadin

Selain masjid tertua, Kalimantan Selatan juga memiliki masjid terbesar yaitu Masjid Sabilal Muhtadin. Masjid yang terletak di Banjarmasin ini mampu menampung jama’ah 15.000 orang. Masjid ini memiliki 5 menara yang menambah kemegahannya.

Penamaan masjid ini diambil dari nama kitab seorang ulama yang dikenal masyarakat Indonesia dan dunia yang bernama Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary. Masjid ini terletak di tepi barat Sungai Martapura, tepatnya di Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler

Pasar Intan Martapura

Setelah puas mengelilingi daerah-daerah di Kalimantan Selatan, kurang pas rasanya jika tidak membeli buah tangan khas daerah tersebut. Salah satu barang khas Kalimantan Selatan yang bisa kamu jadikan buah tangan adalah intan.

Hal ini dikarenakan Martapura merupakan kota tetangga Banjarmasin yang telah lama dikenal sebagai tempat penggosokan intan. Apabila kamu tertarik membawa oleh-oleh perhiasan intan dari Kalimantan Selatan, tempat yang wajib dikunjungi adalah Pasar Intan Martapura.

Kampung Sasirangan

Selain perhiasan intan khas Kalimantan Selatan, kamu juga bisa membawa oleh-oleh berupaka kain Sasirangan. Kain khas Banjarmasin ini bisa kamu beli di Kampung Sasirangan. Kampung Sasirangan ini merupakan pusat peroduksi kain khas Banjarmasin.

 

 

 

 

 

 

 

Loading