Sukses

8 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Tinggi Antioksidan

Buah ceri kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga sangat berguna untuk jaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Buah ceri biasa digunakan sebagai penghias makanan manis agar terlihat cantik. Hal ini dikarenakan buah ceri memiliki bentuk yang kecil dan warnanya yang cerah. Selain bagus untuk dijadikan hiasan makanan dan memiliki rasa manis, buah ceri ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah ceri digolongkan menjadi dua jenis, yaitu ceri manis dan ceri dengan rasa yang asam. Pada ceri asam memgandung kalori yang lebih rendah daripada ceri manis, namun mengandung vitamin C dan beta karoten yang lebih tinggi daripada ceri manis.

Manfaat buah ceri pun sangat berkaitan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya Buah ceri banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan, vitamin C, kalium, serat, polifenol, dan fitokimia.

Berikut manfaat buah ceri untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mengatasi Insomnia

Manfaat buah ceri pertama yang bisa kamu rasakan adalah dapat mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan buah ceri memiliki senyawa melatonin yang dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang baik.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak yang diketahui dapat mengatur siklus tidur yang baik. Alhasil, tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat.

3 dari 9 halaman

Menurunkan Berat Badan

Apabila kamu sedang dalam program menurunkan berat badan, kamu bisa menambahkan buah ceri ke dalam menu diet kamu. Hal ini dikarenakan buah ceri rendah kalori. Pada satu cangkir ceri hanya mengandung kurang dari 1.000 kalori.

Buah ceri kaya akan vitamin yang dapat memperkuat metabolisme dan memiliki kadar air sedang yang dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

4 dari 9 halaman

Menurunkan Hipertensi

Buah ceri mengandung kalium, yang baik untuk membantu menghilangkan kandungan natrium berlebih pada tubuh dan menyeimbangkan jumlah kalium dan natrium. Dengan begitu, secara otomatis akan membantu menjaga tingkat tekanan darah kamu.

 

5 dari 9 halaman

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat buah ceri lainnya dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan buah ceri memiliki senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, mengatur tekanan darah, dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

6 dari 9 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Adanya antioksidan di dalam buah ceri dapat menghindari atau mencegah kamu dari terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat membuat kulit terlihat kusam.

Selain itu, buah ceri juga dapat membuat kulit kamu terasa lebih muda dan sehat. Buah ceri dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Untuk mendapatkan manfaat buah ceri untuk kesehatan ini, kamu bisa menghaluskan beberapa buah ceri dan mencampurkannya dengan sedikit kunyit dan satu sendok teh madu. Oleskan pasta tersebut pada wajah selama 10-15 menit, lalu bilas. Dengan begitu, bintik-bintik gelap dapat berkurang.

7 dari 9 halaman

Menjadikan Kulit Sehat

Buah ceri mengandung vitamin B dan vitamin C yang dipercaya dapat mencegah kerusakan rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap terhidrasi. Selain itu,  vitamin C pada buah ceri juga dapat menjadikan kulit tubuh menjadi cerah alami.

8 dari 9 halaman

Menjaga Keseimbangan pH

Buah ceri bersifat basa. Ketika ada peningkatan kandungan asam dari tubuh, buah ceri akan bekerja untuk menyeimbangkan kadar pH dengan menetralkannya dan mencegah masalah perut seperti gangguan pencernaan.

9 dari 9 halaman

Sumber Energi

Manfaat buah ceri yang terakhir diyakini dapat dijadikan sebagai sumber energi. Buah ceri dapat membantu membangun sel darah yang secara otomatis memudahkan sirkulasi dan meningkatkan energi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.