Sukses

5 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Ganggu Kesehatan Kaki, Jangan Disepelekan

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak orang yang cukup peduli dengan kesehatan kakinya. Bagian terbawah tubuh ini memiliki peran yang sangat penting dan cukup bekerja sangat ekstra. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan kaki agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. 

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan kaki. Kamu hanya perlu menghindari kebiasaan buruk yang dapat ganggu kesehatan kaki. Ya, tanpa disadari ada banyak kebiasaan buruk yang dapat menggangu kesehatannya.

Mulai dari penggunaan alas kaki yang tidak tepat, tidak menjaga kebersihan alas kaki, dan lain sebagainya. Tanpa disadari, penggunaan yang dilakukan dalam jangka waktu lama dapat menurunkan kesehatan dan akan mengganggu kinerjanya.

Untuk itu, kamu perlu menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kaki. Berikut 5 kebiasaan buruk yang dapat ganggu kesehatan kaki yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/1/2020).

2 dari 6 halaman

Pakai Alas Kaki Tidak Sesuai Ukuran

Kebiasaan buruk yang dapat ganggu kesehatan kaki pertama adalah menggunakan sepatu atau sandal yang kekecilan alias tidak sesuai dengan ukuran. Terlihat sepele, ternyata kebiasaan buruk ini sangat menyiksa kaki kamu.

Alas kaki yang tidak sesuai ukuran atau kesempitan dapat memengaruhi kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan memakai sepatu yang kesempitan adalah luka terbuka hingga kapalan.

Hal ini dikarenakan kaki tidak mendapat ruang yang cukup. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan alas kaki sesuai dengan ukuran agar tidak menyiksanya.

3 dari 6 halaman

Terlalu Lama Menggnakan Sepatu Tinggi

Bagi sebagian perempuan, mengenakan sepatu tinggi atau sepatu dengan hak dapat memaksimalkan penampilan. High heels dapat membuat kamu tampak lebih tinggi dengan instan.

Namun, penggunaannya yang tidak terkontrol justru dapat mengganggu kesehatan kaki. Hal ini dikarenakan tekanan pada kaki yang tidak seimbang. Tak heran, penggunaan high heels yang cukup lama dapat mengakibatkan penggunaanya mengalami sakit seperti lecet hingga postur tubuh memburuk.

 

4 dari 6 halaman

Tidak Menggunakan Pelindung Kaki

Tak ada yang bisa memastikan kebersihan atau kesterilan alas kaki yang kamu miliki. Untuk menjaga kaki agar tetap sehat atau terbebas dari keluhan, kamu bisa melapisi kaki dengan pelindung kaki atau kaos kaki saat mengenakan alas kaki.

Hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya penyakit atau masalah kesehatan pada kaki. Maka disarankan bagi kamu untuk melindungi bagian terbawah dari tubuh ini dengan kaos kaki yang terjaga kebersihannya.

Ketika kaki langsung menyentuh sepatu atau sandal yang kotor, maka beberapa risiko penyakit dapat terjadi. Beberapa penyakit yang diakibatkan tidak terjaganya kebersihan sepatu dan kaki seperti mata ikan.

5 dari 6 halaman

Memakai Kaos Kaki Lembap

Sebelumnya telah dijelaskan pentingnya penggunaan kaos kaki untuk menjaga kesehatan kaki. Karena memiliki peran penting, kamu perlu memerhatikan kondisi kaos kaki. Pastikan kaos kaki yang kamu gunakan dalam kondisi bersih agar saat digunakan tetap merasa nyaman.

Kamu perlu memastikan agar kaos kaki yang kamu gunakan tidak lembap. Memakai kaos kaki yang lembap dapat menyebabkan kaki berjamur dan mengeluarkan bau tidak sedap.

6 dari 6 halaman

Tidak Menggunakan Alas Kaki

Pada beberapa kondisi, tidak menggunakan alas kaki justru dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Tidak menggunakan alas kaki bisa dijadikan cara sederhana sebagai media refleksi.

Namun, kamu tidak boleh sembarangan melepas atau tidak mengenakan alas kaki. Kamu harus memastikan dimana kamu akan berjalan. Ketika berada di tempat yang kebersihannya sangat kurang, maka kamu tidak dianjurkan untuk tidak mengenakan alas kaki.

Kebiasaan ini justru akan membuat berbagai masalah kesehatan muncul akibat menginjak berbagai bakteri yang tidak terlihat secara kasat mata.

 

Loading