Sukses

Beda Cara Mencuci Boneka Pakai Tangan dan Mesin Cuci

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan boneka sudah selayaknya diperhatikan, apalagi boneka merupakan teman bermain anak yang sering dibawanya kemana-mana. Boneka bisa saja menjadi sarang bakteri dan menyebabkan penyakit jika kebersihannya tidak diperhatikan.

Cara mencuci boneka bisa dilakukan secara manual dengan tangan atau menggunakan mesin cuci. Namun, tidak semua boneka dapat dicuci dengan mesin cuci walaupun memang merupakan pilihan yang lebih praktis.  

Cara mencuci boneka pakai tangan dan mesin cuci harus dilakukan dengan lembut agar tidak rusak. Terkadang, hal ini sering dianggap sepele karena banyak orang menganggap mencuci boneka itu merepotkan karena bulu yang tebal dan keringnya lama. Oleh karena itu, sudah semestinya kamu membuang pikiran tersebut jauh-jauh untuk menjaga kesehatan anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020) tentang beda cara mencuci boneka pakai tangan dan mesin cuci.

2 dari 4 halaman

Cara Mencuci Boneka dengan Tangan

Cara mencuci boneka dengan tangan tidak begitu sulit. Apalagi, jika kamu hanya ingin mencuci boneka pada bagian-bagian tertentu saja, tentunya kamu bisa lebih detail dalam membersihkannya dengan tangan.

Selain itu, cara mencuci boneka besar yang tidak termuat di dalam tabung mesin cuci tentunya harus dicuci dengan tangan. Hal ini berlaku juga untuk boneka tua yang rentan rusak, boneka berkancing, boneka yang matanya ditempelkan dengan lem, atau boneka berbahan wol.

Berikut cara mencuci boneka dengan tangan:

- Langkah pertama, larutkan sedikit detergen cair ke dalam ember berisi air dingin atau hangat kuku.

- Selanjutnya, lepas pakaian dan aksesori boneka untuk dicuci terpisah.

- Celupkan boneka ke dalam larutan detergen hingga terendam seluruhnya. Goyang-goyang lembut boneka di dalam air untuk melepaskan kotoran.

- Tiriskan dan bilas boneka dengan air dingin hingga bebas buih.

- Tekan-tekan boneka dengan kedua tangan untuk mengeluarkan air di dalamnya .

- Keringkan dengan handuk kering sebelum membaringkannya di permukaan datar di bawah sinar matahari dalam bentuk semula.Langkah-langkah tersebut bisa diterapkan jika pada label perawatan tertera bahwa boneka boleh dicuci dengan cara biasa atau dengan tangan.

3 dari 4 halaman

Cara Mencuci Boneka dengan Tangan (Bagian Tertentu Saja)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mencuci boneka dengan tangan tentunya lebih efektif jika kamu hanya ingin membersihkan bagian tertentu saja.

Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan noda di bagian tertentu pada boneka:

- Larutkan sedikit detergen cair dalam air.

- Gunakan sikat gigi bekas yang sudah dibasahi larutan detergen untuk menggosok bagian yang bernoda hingga noda hilang.

- Bilas sikat yang sama, lalu pakai untuk membilas bagian boneka yang baru saja dibersihkan tanpa membuatnya basah kuyup.

- Keringkan di udara terbuka.

Cara mencuci boneka dengan tangan ini tentunya harus dilakukan dengan lembut. Kamu harus menghindari untuk memelintir atau memeras boneka dalam mengeringkannya, keringkanlah boneka di udara terbuka di bawah sinar matahari.

Cara mencuci boneka dengan tangan, baik menggunakan metode sikat maupun metode celup sebaiknya menggunakan detergen cair.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci

Perlu diketahui bahwa jenis-jenis boneka tertentu tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, seperti boneka berbahan wol, boneka berisi butiran-butiran gabus styrofoam, boneka berkancing, atau boneka tua yang sudah rapuh. Boneka tersebut sebaiknya dicuci dengan tangan.

Perhatikan label perawatan boneka, apakah memperbolehkan kamu untuk mencucinya dengan mesin cuci atau tidak. Setelah memastikannya, kamu bisa menerapkan cara mencuci boneka dengan mesin cuci.

Berikut cara mencuci boneka dengan mesin cuci:

- Langkah pertama, lepas pakaian dan aksesori pada boneka agar tidak membelit ketika dicuci.

- Perhatikan kerusakan pada boneka, jika ada, jahit lubang dan perbaiki serat yang terlepas pada boneka.

- Masukkan boneka dan aksesorinya ke dalam kantong cuci atau sarung bantal.

- Gunakan detergen cair dan pilih siklus cuci delicate (berlogo baju bayi) atau handwash (berlogo tangan) dengan air dingin. Hindari air panas agar bahan boneka tetap awet. Jangan sampai mencuci boneka dengan cucian yang berwana tidak senada, hal ini untuk menghindari noda luntur.

- Gunakan handuk kering untuk menyerap kelebihan air pada boneka seusai dicuci. Bungkuskan handuk pada boneka, lalu tekan-tekan untuk mengeluarkan airnya. Hindari memelintir boneka untuk memerasnya.

- Keringkan boneka di udara terbuka, atur bulu-bulu boneka selagi masih basah. Baringkan pada permukaan datar di bawah sinar matahari dan sebisa mungkin kembalikan ke bentuk semula. Boneka sebaiknya tidak digantung di tali jemuran.

- Setelah kering, sikat bulu boneka dengan sikat lembut.