Sukses

Manfaat Daun Insulin dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun insulin dan efek sampingnya perlu diperhatikan dalam pengobatan. Walaupun mungkin banyak orang yang masih belum mengenal daun insulin ini, ternyata daun dengan bentuk panjang dan lebar ini memiliki segudang khasiat yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu manfaat daun insulin adalah untuk mengobati penyakit diabetes. Daun ini sering kali dikeringkan untuk digunakan dalam seni pengobatan Ayurveda di India, karena dipercaya mampu mengobati penyakit diabetes. Tidak hanya itu, daun insulin juga digunakan sebagai pengobatan alami gangguan ginjal dalam pengobatan tradisional di Meksiko.

Manfaat daun insulin dan efek sampingnya sebenarnya masih memerlukan penelitan lebih lanjut. Kamu perlu ingat bahwa daun insulin tidak dapat menggantikan pengobatan medis. Sebaiknya sebelum menggunakannya, kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020) manfaat daun insulin dan efek sampingnya.

2 dari 5 halaman

Mengenal Daun Insulin

Di Indonesia, daun insulin lebih dikenal sebagai tanaman hias daripada tanaman herbal. Budidayanya pun tergolong masih baru, sekitar 8-9 tahun terakhir. Namun, seiring dengan kepopulerannya sebagai obat diabetes, permintaan akan tanaman ini pun menjadi semakin meningkat dan mengundang banyak orang untuk membudidayakannya.

Beberapa daerah di Indonesia yang banyak membudidayakan tanaman ini antara lain Wonosobo, Bandung dan Yogyakarta. Sebenarnya, tanaman ini dijuluki Mexican Sunflower karena menurut sejarahnya tanaman ini berasal dari meksiko, dan menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan, hingga sampai ke Asia dan Afrika.

Daun insulin mulai bisa dipanen setelah 2-3 bulan sekali sejak masa tanam, dan selanjutnya dapat dipanen setiap 3 minggu sekali. Setelah dipanen daun-daun insulin ini kemudian dibeli oleh produsen obat herbal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk kemudian dipasarkan sebagai obat herbal berbagai penyakit, khususnya diabetes.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Insulin

Membantu Mencegah dan Mengobati Diabetes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam manfaat daun insulin dan efek sampingnya, daun insulin ini terkenal dengan manfaatnya untuk pengobatan diabetes.

Hal ini karena efek anti-hiperglikemiknya yang tentu bermanfaat dalam mencegah dan mengobati diabetes. Kandungan senyawa aloksa yang terkandung didalamnya terbukti dapat merangsang dan memperbaiki kemampuan sel beta pankreas dalam menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah.

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam daun insulin memiliki efek penghambatan pada pertumbuhan sel kanker. 

Senyawa antioksidan di dalamnya diketahui mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker. Meskipun begitu, kamu harus berkonsultasi lagi dengan dotker sebelum menggunakannya, karena masih dibutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk memperkuat bukti tersebut.

4 dari 5 halaman

Mengatasi Gangguan Ginjal, Memiliki Efek Diuretik, Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Mengatasi Gangguan Hati, Pankreas, dan Ginjal

Akar dan daun insulin memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa bioaktif quercetin dan diosgenin di dalam tanaman ini memiliki efek antioksidan dan bisa membantu mengatasi gangguan hati, pankreas dan ginjal.

Hal ini tentu perlu diperhatikan lagi dalam penggunaan manfaat daun insulin dan efek sampingnya.

Memiliki Efek Diuretik

Sebuah penelitian menemukan tanaman insulin memiliki efek diuretik yang mirip dengan furosemide, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan edema.

Efek diuretik tersebut membuat ginjal mengeluarkan garam dan cairan tubuh yang tidak dibutuhkan atau berlebihan melalui urine. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan dalam penggunaan manfaat daun insulin dan efek sampingnya.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Ekstrak tanaman insulin diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, sehingga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Insulin dan Efek Sampingnya

Manfaat daun insulin dan efek sampingnya akan berbeda tergantung lama pemakaian. Berdasarkan sebuah penelitian, penggunaan daun insulin dalam jangka panjang malah dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

Manfaat daun insulin dan efek sampingnya ini telah diuji dalam berbagai penelitian. Berdsarkan studi klinis awal yang diterbitkan oleh The Journal of Ethnopharmacology pada 2001, menyatakan bahwa pemberian daun insulin pada tikus percobaan selama 30 hari dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Bahkan, manfaat daun insulin dan efek sampingnya ini dapat berpengaruh juga pada penurunan berat badan terhadap tikus.

Selain itu, pada sebuah studi klinis yang dilakukan pada 2010, setelah 8 minggu penggunaan ekstrak daun insulin pada tikus, hasilnya pun positif. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan daun insulin dalam mengendalikan kadar insulin dan glikemik pada tikus percobaan.

Namun, pada studi jangka panjang daun insulin pada 2011 menyatakan bahwa, baik teh dari daun insulin maupun ekstrak daunnya telah menyebabkan kerusakan ginjal dan meningkatkan kadar glukosa darah pada tikus percobaan. Para ilmuwan memutuskan bahwa manfaat daun insulin dan efek sampingnya tidak direkomendasikan dalam pengobatan diabetes terlebih dalam jangka panjang.