Sukses

7 Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan Serta Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan. Namun, belum banyak orang yang menyadari manfaat tape Ketan Hitam tersebut. Di balik rasanya yang lezat, manfaat tape ketan hitam ternyata memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Tape ketan hitam merupakan hasil fermentasi beras ketan hitam yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi, yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil ferementasi berupa kandungan alkohol. Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan hitam menjadi terasa manis menyegarkan.

Untuk mendapatkan manfaat tape ketan hitam, kamu tetap perlu mengontrol jumlah konsumsinya. Pasalnya, di dalam tape ketan hitam terdapat alkohol yang tidak baik untuk jantung dan pembuluh darah. Serta dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag.

Oleh karena itu, pastikan tidak berlebihan dalam mengonsumsi tape ketan hitam agar tetap mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat tape ketan hitam yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020).

2 dari 6 halaman

Kandungan Gizi pada Tape Ketan Hitam

Di balik segudang manfaat tape ketan hitam, tentunya ada sejumlah nutisi baik di dalamnya. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tape ketan hitam ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi tape ketan hitam didapat dari bahan utama yang digunakannya, yaitu ketan hitam. Kandungan nutrisi tersebut seperti energi, kalori, protein, karbohidrat, serat, asam folat, niacin, vitamin E, sodium, potasium, kalsium, zat besi, mangan, selenium, zinc, magnesium, dan tembaga.  

3 dari 6 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat tape hitam untuk kesehatan pertama mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam laktat pada tape ketan yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.

Sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi virus-virus penyakit dan tubuh akan terasa lebih sehat.

Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat tape ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat. Manfaat tape ketan hitam ini didapat karena adanya asam laktat yang terkandung di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya adalah mampu mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker. Manfaat ini didapat karena adanya asam laktat dari tape ketan hitam di dalamnya.

Kandungan asam laktat ini juga dapat mencegah terbentuknya sel-sel penyebab kanker. Hal ini akan bersifat baik bagi tubuh manusia.

Mengobati Penyakit Anemia

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya adalah mengobati penyakit anemia. Manfaat ini didapat karena tape ketan hitam mengandung zaat besi. Zat besi sangat berguna bagi pembentukan sel darah merah (eritosit). Sehingga tubuh akan mempunyai cukup sel darah merah dan terhindar dari penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

5 dari 6 halaman

Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan

Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mengandung asam laktat dan zat besi, manfaat tape ketan hitam didapat karena adanya kandungan serat. Serat mampu membantu memperlancar sistem pencernaan, sehingga tape ketan juga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan.

Mengobati Penyakit Ambeien

Manfaat tape ketan hitam selanjutnya dapat mengobati penyakit ambeien. Beberapa literature mengatakan bahwa tape, baik dari ketan putih maupun ketan hitam dapat mengobati gejala ambeien atau yang sudah parah.

Selain itu, manfaat ragi yang ada di dalam tape dapat menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Penyakit ambeien bisa diatasi dengan mengonsumsi tape ketan yang sudah benar-benar masak ini secara rutin, yaitu 3 kali sehari.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu, tape ketan hitam juga memiliki sifat anti-infalamsi atau anti-peradangan, sehingga apabila tape ketan ini dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat.

Untuk mendapatkan manfaat tape ketan hitam bagi kesehatan, kamu tetap perlu memerhatikan jumlah konsumsinya. Pastikan mengonsumsi tape ketan hitam tidak berlebihan.

Hal ini dikarenakan di dalam tape terdapat kandungan alkohol yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta dapat meningkatkan asam lambung pada penderita maag.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Merendam Beras Semalaman

Beras ketan yang sudah dicuci, direndam semalaman terlebih dahulu. Keesokan harinya saat akan dimasak, beras perlu ditirisakan hingga kesat. Kemudian, kukus beras ketan setengah matang.

Menuangkan Air Panas pada Beras Ketan yang Dikukus

Begitu beras ketan yang dikukus sudah mengepulkan uap panas, siram dengan 2 gelas air panas. Kemudian aduk kembali sampai rata. Lanjutkan proses pengukusan sampai beras ketan matang. Setelah matang, beras diratakan dalam nampan. Biarkan sampai benar-benar dingin.

Bungkus dengan Daun Pisang

Selanjutnya ambil wadah yang besar sekaligus dan memberinya alas daun pisang. Masukkan beras ketan, ratakan, lalu taburi dengan ragi yang sudah dihaluskan (tambahkan gula bila ingin rasanya lebih manis) sampai rata.

Tambahkan lapisan beras ketan, taburi dengan ragi, dan lakukan berulang sampai beras habis. Tutup permukaan atas dengan daun pisang. Pastikan ditutup rapat. Bisa dilapisi dengan kain serbet bersih di atasnya sebagai penutup. Simpan di tempat yang hangat.

Buka Tape Ketan Setelah 3 Hari 2 Malam

Jangan terlalu sering membuka dan menutup daun pisang atau mengintip tape ketan. Agar fermentasinya berjalan dengan baik, sebaiknya tape ketan baru boleh dibuka setelah 3 hari 2 malam.