Sukses

6 Manfaat Scallop untuk Kesehatan, Dilengkapi Cara Mengolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam jenis hidangan laut yang diolah menjadi masakan lezat. Salah satu olahan laut yang banyak disukai adalah kerang. Kerang pun ada beraneka ragam, mulai kerang hijau, kerang bambu, kerang dara, hingga scallop (kerang kampak).

Scallop merupakan jenis kerang berukuran besar dengan daging yang tebal. Jenis kerang ini cukup sulit dijumpai di pasar atau di tempat makan seafood pinggir jalan. Hal ini dikarenakan scallop harganya cukup mahal.

Namun, jika kamu ingin menikmati scallop bisa menemukannya di beberapa restoran besar. Walaupun cenderung mahal, scallop memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrsi yang terkandung dalam scallop hampir sama dengan nutrisi kerang-kerang lainnya. 

Karena kandungan nutrisi pada scallop sangat tinggi dan bermanfaat untuk tubuh, namun belum tentu nutrisi dari jenis kerang ini dapat maksimal. Banyaknya nutrisi bergantung dengan kondisi dan bagaimana kamu mengolahnya. Untuk mendapatkan manfaat scallop bagi kesehatan secara utuh, maka kamu perlu mengetahui cara mengolah scallop yang tepat.

Berikut manfaat scallop untuk kesehatan dan cara mengolahnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/1/2020).

2 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Scallop mengandung lemak omega 3, vitamin B12, dan antioksidan di dalamnya. Kandungan nutrisi pada scallop ini mendatangkan manfaat mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Nutrisi tersebut membantu menyeimbangkan kadar kolesterol, menjaga jumlah sel darah merah, dan melindungi jantung dari stres oksidatif.

3 dari 8 halaman

Membantu Menurunkan Kolesterol

Ada terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL (buruk) dan HDL (baik). Kadar kolesterol baik dalam tubuh harus diseimbangkan agar tubuh tetap sehat. Untuk menjaga kadar kolesterol, kamu bisa mencoba mengonsumsi scallop.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan lemak omega 3 pada scallop yang telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol LDL sambil melapisi arteri dengan kolesterol baik.

4 dari 8 halaman

Mencegah Stroke

Penelitian telah membuktikan bahwa scallop mampu mengurangi risiko stroke hingga 31%. Manfaat scallop ini didapat karena adanya mineral esensial dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengurangi pembekuan yang berbahaya, meningkatkan sirkulasi, dan menjaga kesehatan otak.

5 dari 8 halaman

Baik untuk Kesehatan Otak

Kandungan omega 3 pada scallop dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan saraf. Selain itu, mengonsumsi scallop juga dapat mencegah terjadinya gangguan mental dan dapat memperkuat daya ingat. Bagi ibu hamil, mengonsumsi scallop juga dapat mencegah bayi lahir prematur.

 

6 dari 8 halaman

Meredakan Otot Kaku

Manfaat scallop untuk kesehatan lainnya dapat meredakan otot kaku. Walaupun kandungan magnesium pada scallop rendah, namun magnesium juga memiliki fungsi untuk mencegah dan meringankan kram pada otot dan membuat otot terasa lebih rileks.

7 dari 8 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein dan kalori yang tinggi serta rendahnya kandungan lemak, membuat makanan ini cocok di konsumsi untuk program diet. Tingginya protein dan kalori membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

8 dari 8 halaman

Cara Mengolah Scallop yang Benar dan Menyehatkan

Pilih Scallop yang Masih Segar

Untuk mendapatkan nutrisi maksimal pada scallop, kamu perlu memilih scallop yang masih segar. Scallop segar biasanya ditemukan pada kondisinya yang masih basah. Pilih cangkang scallop yang tidak rusak.

Pastikan juga daging scallop putih bersih lengkap dengan bagian kecil berwarna oranye terang. Jika disentuh bagian dagingnya, akan ada sedikit air yang keluar. Selain itu, daging terasa lembut tapi tidak terlalu lembek. Ketika dicium baunya juga amis seperti makanan laut mentah lainnya, bukan berbau busuk.

Bersihkan Scallop dengan Benar

Setelah mendapatkan scallop dengan kondisi segar, selanjutnya perhatikan kebersihan scallop. Memerhatikan kebersihan scallop adalah salah satu cara memasak yang benar dan sehat. Tujuannya, untuk membuang pasir, kotoran, selaput, dan bagian lain yang tidak perlu dimakan.

Caranya, cukup merendam kerang dalam wadah berisi air dan goyangkan wadahnya untuk mengeluarkan pasir yang terperangkap. Lalu buka cangkang dan buang bagian yang tidak perlu hingga tinggal menyisakan daging berwarna putih. Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Bukan hanya menghilangkan kotoran, mencuci kerang dengan benar bisa menghilangkan sebagian garam yang terkandung.

Pilihan Memasak Scallop

Ada banyak cara untuk memasak scallop agar menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Namun, cara mengolah scallop yang paling direkomendasikan adalah direbus, dipanggang, dan ditumis.

Merebus bisa membuat daging scallop matang sempurna, sehingga daging akan terasa kenyal dan berisi. Memanggang dan menumis, bisa mematangkan bagian luar daging. Ini akan menjaga tekstur daging tetap lembut. Ketiga cara ini dapat mengurangi penggunaan minyak goreng.

Apabila kamu ingin menggoreng scallop, kamu bisa menggunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun. Masak dengan menggunakan api sedang dan takaran yang cukup.

Perhatikan Bumbu yang Digunakan

Salah satu cara memasak scallop yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bumbu dan rempah-rempah. Scallop yang hidup di laut memiliki kadar garam yang tinggi. Untuk menghindari asupan garam berlebihan, kamu perlu mencuci scallop sekaligus membatasi penggunaan garam saat memasaknya.

Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan beragam rempah-rempah. Mulai dari lada, kemiri, bawang merah, atau bawang putih untuk menambah kelezatan dan aroma masakan.

Sajikan dengan Sayur atau Kacang-kacangan

Cara sehat memasak scallop yang terakhir adalah menambahkan sayur atau kacang-kacangan. Kamu bisa menambahkan buncis, wortel, kacang kapri, tomat, jamur, brokoli, atau paprika.