Sukses

8 Cara Meningkatkan Nafsu Makan yang Mudah dan Efektif

Cara meningkatkan nafsu makan dilakukan dengan memperhatikan pola makan sehari-hari dan memilih asupan makanan

Liputan6.com, Jakarta Cara meningkatkan nafsu makan mungkin sangat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menambah berat badan. Biasanya, seseorang kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti, cemas, depresi, atau efek samping penggunaan obat tertentu.

Kehilangan nafsu makan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Selain itu, jika kamu terus menerus kehilangan nafsu makan, hingga berat badan selalu kurang dari ideal dan tak cepat naik, kepercayaan diri kamu dapat menurun serta risiko terserang penyakit akan semakin meningkat.

Cara meningkatkan nafsu makan dilakukan dengan memperhatikan pola makan sehari-hari dan memilih asupan makanan. Ubahlah gaya hidup dan pola makan kamu untuk menambah nafsu makan, sehingga kamu dapat mencapai berat badan ideal. Jika perlu, konsultasi ke dokter untuk mengetahui cara menambah nafsu makan yang sesuai kondisi kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/1/2020) tentang cara meningkatkan nafsu makan yang mudah dan efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selalu Sempatkan Diri untuk Sarapan dan Makan dengan Porsi Kecil Tapi Sering

Selalu Sempatkan Diri untuk Sarapan

Cara meningkatkan nafsu makan yang pertama adalah tidak pernah meninggalkan sarapan. Sarapan sangat penting dalam meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan.

Sarapan bisa memicu efek termogenesis di dalam tubuh, sehingga kamu bisa membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Semakin banyak kalori yang terbakar, semakin besar pula nafsu makan Anda.

Makan dengan Porsi Kecil Tapi Sering

Makan dengan porsi kecil tapi sering bisa menjadi salah satu cara meningkatkan nafsu makan. Makan tiga kali sehari dengan porsi besar, seringkali membuat nafsu makan kamu malah menjadi berkurang.

Pada kondisi ini, kamu akan merasa perut menjadi cepat penuh dan nafsu makan menurun. Untuk menambah nafsu makan, cobalah untuk lebih sering makan, misalnya 4-6 kali sehari, tetapi dalam porsi yang sedikit.

3 dari 5 halaman

Memilih Camilan yang Sehat dan Penuhi Kebutuhan Cairan

Memilih Camilan yang Sehat

Camilan bisa menjadi salah satu cara meningkatkan nafsu makan yang mudah dan efektif. Pilih camilan sehat yang mengandung karbohidrat dan lemak yang sehat, seperti pisang, avokad, maupun kacang-kacangan.

Kamu juga bisa menjalankan strategi yang bagus dengan menempatkan camilan sehat ini di dalam mangkuk kecil yang mudah dijangkau, hal ini dapat membuat kamu lebih terdorong untuk makan camilan.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Selain makanan, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebagai salah satu cara meningkatkan nafsu makan. Minumlah segelas air putih satu jam sebelum dan sesudah makan untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah perut terlalu kenyang.

Hindari minum terlalu banyak air sebelum makan karena efeknya akan memberikan rasa kenyang yang palsu dan menurunkan nafsu makan. Kebutuhan cairan juga dapat dipenuhi dengan minum susu atau teh untuk merangsang nafsu makan.

4 dari 5 halaman

Hindari Serat Terlalu Banyak dan Melakukan Olahraga Ringan

Hindari Serat Terlalu Banyak

Menghindari terlalu banyak serat juga bisa menjadi cara meningkatkan nafsu makan yang efektif. Dalam memproses makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah, atau gandum, tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan ketika mencerna makanan lain.

Ketika mengonsumsi makanan berserat, kamu akan merasa kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak ingin makan lagi.

Melakukan Olahraga Ringan

Cara meningkatkan nafsu makan yang efektif selanjutnya adalah melakukan olahraga. Olahraga akan merangsang nafsu makan kamu.

Pada saat berolahraga, kalori yang terdapat di dalam tubuh akan terbakar. Setelah olahraga, tubuh memerlukan energi lagi, sehingga kamu akan merasa lapar.

5 dari 5 halaman

Siapkan Makanan Kesukaan dan Ciptakan Suasana Menyenangkan

Siapkan Makanan Kesukaan

Nafsu makan akan lebih mudah timbul jika ada makanan yang kamu sukai. Tentunya hal ini bisa dimanfaatkan sebagai cara meningkatkan nafsu makan yang efektif.

Untuk itu, selalu siapkan makanan kesukaan kamu, sehingga tidak ada alasan untuk menunda atau melewatkan waktu makan.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Menciptakan suasana yang menyenangkan saat makan tidak bisa disepelakan sebagai cara meningkatkan nafsu makan. Contohnay saja, makan sambil mendengarkan musik, menonton acara kesukaan di TV, menyalakan lilin aromaterapi di atas meja, atau mengobrol dengan teman.

Hindarilah topik pembicaraan yang justru akan membuat stres. Sebab, ada kemungkinan turunnya nafsu makan disebabkan oleh stres atau cemas karena adanya masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.