Sukses

5 Manfaat Scaling Gigi untuk Kesehatan Beserta Prosesnya yang Aman

Liputan6.com, Jakarta Manfaat scaling gigi tidak hanya untuk membersihkan karang gigi saja, namun juga baik untuk kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut. Prosedur scaling gigi merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang paling umum dilakukan.  

Seperti yang telah diketahui, scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang pada gigi. Plak yang terbentuk dari bakteri dan sisa makanan dalam mulut yang dibiarkan mengeras dapat membentuk karang gigi.

Plak dan karang gigi mengandung jutaan bakteri dan jika tidak dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan penyakit. Apalagi, plak dan karang gigi yang sudah terlanjur mengeras akan sangat sulit dihilangkan dengan penyikatan biasa, sehingga membutuhkan tindakan dan alat khusus melalui prosedur scaling gigi.

Manfaat scaling gigi untuk kesehatan dan prosesnya perlu kamu ketahui agar gigi senantiasa terawat. Apalagi, jika kamu tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit pada area tubuh lainnya juga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/1/2020) tentang manfaat scaling gigi untuk kesehatan beserta prosesnya

2 dari 5 halaman

Membersihkan Karang dan Mengatasi Masalah Gigi

Membersihkan Karang Gigi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi. Tentunya manfaat pertama scaling gigi sesuai namanya adalah untuk membersihkan karang gigi. Scaling gigi dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler. Karang gigi membuat tampilan gigi tampak tidak terawat.

Pasalnya, plak yang mengeras cenderung berwarna kusam. Bisa kuning kecokelatan hingga hitam. Alat ultrasonic scaler akan menghasilkan getaran yang mampu menghancurkan dan merontokkan karang di sela-sela hingga bagian terdalam gigi.

Tak hanya itu, alat ini juga dapat membersihkan karang gigi di garis gusi yang sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi. Karena karang gigi tidak mudah dibersihkan hanya dengan menyikat gigi, kamu perlu ke dokter gigi untuk menjalani scaling. Scaling dapat membersihkan karang gigi yang sangat keras sekali pun.

Kamu disarankan menjalani scaling setiap 6 bulan sekali. Namun untuk kasus yang berat, scaling dapat dilakukan 3 bulan sekali. Scaling bukan hanya membersihkan gigi dari karang, tetapi juga mencegah kemunculan berbagai penyakit.

Masalah Gigi

Manfaat scaling gigi selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai masalah pada gigi. Karang gigi akan menjadi rumah bagi banyak bakteri. Bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, seperti bau mulut atau halitosis.

Bau mulut dapat terjadi karena bakteri jahat di dalam mulut menghasilkan gas sulfur (belerang). Akibatnya ketika kamu membuka atau membuang napas lewat mulut, keluarlah bau yang menyengat.

Selain itu, asam yang dikeluarkan oleh bakteri dapat membuat gigi berlubang. Karang gigi juga dapat mengikis tulang penyangga gigi dan membuat gigi menjadi goyang bahkan bisa lepas.

3 dari 5 halaman

Gingivitis, Periodontitis, dan Penyakit Jantung

Gingivitis

Manfaat scaling gigi berikutnya adalah dapat mencegah gingivitis. Karang gigi yang dibiarkan terus-terusan dapat semakin mengeras dan menyebabkan gingivitis.

Kondisi ini membuat gusi meradang, bengkak, dan mudah berdarah. Seiring waktu, karies gigi pun bisa saja terjadi. Karena itu, kamu bisa merawat gigi dengan melakukan scaling gigi untuk mencegahnya.

Periodontitis

Berkaitan dengan gingivitis, jika tidak segera diobati maka akan jadi lebih parah dan menyebabkan periodontitis. Untuk itulah, diperlukan perawatan dengan melakukan scaling gigi untuk mencegahnya.

Penyakit ini menyebabkan timbulnya kantong yang membuat jarak antara gusi dan gigi. Ketika kantong tersebut dipenuhi bakteri, sistem kekebalan tubuh secara alami melepaskan zat kimia untuk melawan bakteri tersebut.

Reaksi dari zat kimia yang dilepaskan tubuh dan bakteri dapat merusak tulang gigi. Akhirnya ini menyebabkan tulang, gusi, dan jaringan penopang gusi menjadi hancur. Tanpa pengobatan yang tepat, periodontitis dapat menyebabkan gigi tanggal atau lepas.

Penyakit Jantung

Bakteri yang terkandung dalam karang gigi dapat menginfeksi jaringan penyangga gigi dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Bahkan, dikutip dari WebMD, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Bakteri tersebut masuk ke aliran darah dan dapat menyebar ke organ lain seperti jantung. Oleh karena itu, manfaat scaling gigi sebahi salah satu cara terbaik untuk membersihkan karang gigi dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

4 dari 5 halaman

Sebelum Scaling Gigi

Sebelum melakukan scaling gigi, kamu perlu menjalani beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, seperti:

Pemeriksaan riwayat kesehatan. 

Sebelum kamu menjalani scaling gigi, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan, termasuk riwayat alergi atau riwayat penyakit yang dimiliki. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Kamu harus memberitahu dokter jika pernah mengalami reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung di dalam obat bius, atau sedang mengonsumsi obat-obatan, suplemen, atau produk herba, terutama obat pengencer darah (antikoagulan). Dokter akan menganjurkan pasien untuk menghentikan sementara penggunaan obat antikoagulan untuk mencegah risiko perdarahan.

Selain itu, beri tahu juga dokter jika kamu menggunakan sendi buatan (prostetik). Dokter akan memberikan antibiotik untuk mengurangi risiko efek samping. Kamu juga harus memberi tahu dokter jika memiliki penyakit katup jantung atau menggunakan katup jantung buatan dan jika pernah menjalani prosedur transplantasi organ.

Pemeriksaan kondisi gigi dan mulut.

Selanjutnya, dokter akan memeriksa dan mengidentifikasi lokasi plak dan karang gigi dengan cermin kecil khusus.

5 dari 5 halaman

Prosedur Scaling Gigi

Langkah-langkah yang dilakukan dokter selama prosedur scaling gigi, meliputi:

- Dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa nyeri yang mungkin muncul selama proses pembersihan plak dan karang gigi.

- Dokter mulai melakukan proses pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat pengikis dengan gelombang ultrasonik yang dapat mengeluarkan getaran dan menghilangkan plak dan karang gigi. Alat ini juga dapat mengeluarkan asap dingin dari air untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi.

- Setelah plak dan karang di sekitar email gigi dibersihkan, dokter akan menggunakan alat pengikis manual atau scaler dengan ujung runcing untuk membersihkan plak dan karang di daerah yang tidak terjangkau oleh alat pengikis ultrasonik.

- Selama proses pembersihan plak dan karang gigi, dokter akan meminta kamu berkumur dan membuangnya agar sisa plak di dalam mulut dapat hilang.

- Langkah terakhir, dokter akan memoles gigi yang telah dibersihkan dengan alat pemoles yang dilengkapi karet lembut di bagian ujungnya.

Scaling gigi dapat selesai dalam satu kunjungan yang berlangsung 30-120 menit, tergantung kondisi dan jumlah plak serta karang gigi.