Sukses

8 Jenis Tabungan Bank Mandiri, Pilih Sesuai Kebutuhan

Jenis tabungan Bank Mandiri bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis tabungan Bank Mandiri bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sebagai salah satu bank paling terkenal di Indonesia, Bank Mandiri terus meningkatkan pelayanannya untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat.

Pelayanan tersebut salah satunya menyediakan beberapa jenis produk tabungan yang dapat dibuka sesuai dengan kebutuhan dan keperluan nasabah. Tentunya setiap jenis tabungan tersebut memiliki keunggulan tersendiri sesuai dengan bidang dan target tujuannya.

Jenis tabungan Bank Mandiri tentunya harus dikenali lebih dulu agar sesuai dengan kebutuhan dan keperluanmu. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan saran terbaik terkait dengan jenis tabungan yang kamu butuhkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/1/2020) tentang jenis tabungan Bank Mandiri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tabungan Bank Mandiri Reguler dan Mandiri Tabungan Bisnis

Tabungan Bank Mandiri Reguler

Jenis tabungan Bank Mandiri ini dapat dibuka oleh siapa saja yang membutuhkan, pembukaan rekening sekaligus penarikan dan penyetoran hanya dapat dilakukan di kantor bank mandiri. 

Namun nasabah juga akan dilengkapi dengan kartu ATM sehingga memudahkan penarikan tunai dan pembayaran untuk berbelanja atau transaksi lainnya. Fasilitas e-banking lainnya adalah SMS Banking, Internet Banking dan Mandiri Call.

Untuk membuka Tabungan Bank Mandiri Reguler ini cukup membawa KTP (KTP hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP) dan Setoran Awal minimal Rp500.000 Nasabah akan mendapatkan loyalty berupa fiestapoin yang diperoleh dari saldo rata-rata dan transaksi yang dilakukan melalui e-banking maupun cabang.

Mandiri Tabungan Bisnis

Tabungan Bisnis mendukung bagi kamu pelaku bisnis, untuk memudahkan kamu melakukan transaksi dengan layanan yang cepat dan mudah, karena Bank Mandiri memiliki jaringan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia,

Bisa dipastikan banyak orang yang menggunakan jenis tabungan Bank Mandiri. Mata uang yang digunakan dalam tabungan Bisnis tersedia dalam bentuk Rupiah dan Dollar

- Setoran awal Rp 1.000.000,-

- Saldo minimum akhir bulan Rp 10.000.000,-

- Saldo ditahan Rp 10.000,-

- Perorangan / Institusi Perusahaan

3 dari 5 halaman

Mandiri Tabungan Rencana dan Mandiri Tabungan Investor

Mandiri Tabungan Rencana

Jenis tabungan Bank Mandiri selanjutnya adalah Mandiri Tabungan Rencana. Jenis tabungan Bank Mandiri yang satu ini memungkinkan nasabah untuk menabung dengan lebih mudah karena menggunakan sistem autodebet langsung dari rekening setiap bulan.

Jenis tabungan ini memberi kemudahan bagi nasabah yang selama ini selalu kesulitan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung.

Keuntungan menggunakan Mandiri Tabungan Rencana, di antaranya:

- Gratis biaya administrasi.

- Fasilitas autodebet

- Kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp100.000

- Kamu dapat menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan.

- Jangka waktu yang fleksibel (1-20 tahun).

- Perlindungan asuransi gratis (Bank Mandiri bekerja sama dengan PT AXA Mandiri Financial Services dalam memberikan perlindungan asuransi bagi nasabah dengan nilai hingga Rp5.000.000 atau US$500 per bulan).

- Konsultasi gratis dengan customer service

- Suku bunga di atas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan.

- Tersedia dalam valuta rupiah dan dolar.

Syarat dan Ketentuan:

- Nasabah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.

- Memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.

- Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana.

Mandiri Tabungan Investor

Jenis tabungan Bank Mandiri ini memudahkan nasabah atau investor dalam melakukan berbagai transaksi jual beli saham atau pun produk pasar modal lainnya.

Keuntungan dari jenis tabungan ini adalah tidak dikenakan setoran awal, tidak dikenakan batas saldo minimum, dan biaya penalti. Berikut persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening ini:

Perorangan

- Identitas diri (KTP/SIM/Paspor/ KIMS/ KITAS/ KTP WNA)

- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

- Memiliki Sistem Informasi Debitur (SID) dan sub rekening efek

- Mengisi formulir pembukaan rekening dan dokumen pendukung lainnya

Badan/Perusahaan

- Menyerahkan fotokopi identitas pengurus (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS pejabat yang berwenang), NPWP, TDP, SIUP, dan akta pendirian perusahaan beserta perubahannya

- Memiliki SID dan sub rekening efek

- Mengisi formulir pembukaan rekening dan dokumen pendukung lainnya

 

4 dari 5 halaman

Mandiri Tabungan Haji dan Mandiri Tabungan Valas

Mandiri Tabungan Haji dan Umroh

Khusus bagi kamu yang berencana melakukan ibadah haji dan umroh, Mandiri Tabungan Haji sebagai salah satu jenis tabungan Bank Mandiri akan membantu nasabah dalam mempersiapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji.

Keuntungan menggunakan Mandiri Tabungan Haji, di antaranya:

- Membantu dalam mempersiapkan dana untuk menunaikan ibadah haji.

- Dapat dibuka di seluruh cabang Bank Mandiri

- Gratis biaya pembukaan, administrasi, dan penutupan rekening

- Penyetoran dapat dilakukan secara tunai di cabang atau melalui fasilitas pemindahbukuan di Mandiri e-Banking(Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Internet, dan Mandiri Call)

- Fasilitas autodebet dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro ke rekening Mandiri Tabungan Haji dan Umroh

Berikut persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening ini:

- Melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM)

- Setoran awal dan saldo minimum sebesar Rp 100.000

- Setoran berikutnya minimum Rp 100.000

Mandiri Tabungan Valas

Jenis tabungan Bank Mandiri ini merupakan tabungan khusus bagi kamu yang ingin menyimpan uang dalam mata uang asing. Produk Mandiri Tabungan Valas ini menawarkan keuntungan berupa nilai tukar mata uang yang kompetitif dan bunga simpanan yang menarik

Berikut persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening ini:

- Nasabah perorangan.

- Dapat dibuka atas nama dua orang, yaitu berupa joint account.

- Fotokopi bukti identitas yang masih berlaku: Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk WNI, Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP untuk WNA.

- Setoran awal dan saldo minimal mengikuti ketentuan bank

- Dikenakan biaya administrasi bulanan.

- Dikenakan biaya saldo di bawah minimum.

5 dari 5 halaman

Mandiri Tabungan TKI dan Mandiri TabunganKu

Mandiri Tabungan TKI

Jenis tabungan Bank Mandiri yang satu ini membantu tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk menabung dalam mata uang rupiah.

Keuntungan yang didapat TKI dengan menggunakan produk ini adalah aman, nasabah akan diikutkan ke dalam undian Mandiri Fiesta, dan pelayanan secara online di seluruh cabang.

Berikut persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening ini:

- Menyerahkan fotokopi KTP yang masih berlaku dengan memperlihatkan aslinya

- Memiliki Surat Keterangan asli dari Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) atau Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI)

- Setoran awal dan saldo minimal hanya Rp10.000

- Pembukaan rekening 1 (satu) orang TKI maksimal 2 (dua) rekening, yaitu: Satu rekening atas nama TKI, Satu rekening untuk keluarga TKI.

Mandiri TabunganKu

Jenis tabungan Bank Mandiri ini bertujuan agar masyarakat menengah ke bawah lebih gemar menabung di bank. TabunganKu pada setiap masing-masing bank memiliki dua jenis, yaitu standar (mandatory) dan customized.

Jenis standar sama persis seperti yang diperintahkan pemerintah dan di bank mana pun juga sama. Sedangkan jenis customized, bank boleh menambahkan atau mengurangi aturan/fitur tertentu.

TabunganKu jenis customized pada bank satu dengan lain umumnya beda. Bila makin banyak fitur ditambahkan, makin ditambahkan juga persyaratannya. Seperti misalnya setoran awal lebih besar atau bahkan dipungut biaya administrasi bulanan.

Adapun persyaratan untuk mengajukan rekening TabunganKu adalah sebagai berikut:

- Mengisi formulir aplikasi dan menunjukkan kartu identitas (KTP) yang masih berlaku

- Penyetoran dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat pembukaan rekening, Mandiri Mobile, atau Mandiri ATM Cash Deposit Machine

- Transaksi penarikan dilakukan di kantor cabang tempat pembuka rekening, dengan ketentuan: Wajib menyerahkan Kartu TabunganKu, Minimal Rp100.000 per transaksi, Maksimal 1 kali per bulan, penarikan >1 kali per bulan dikenakan biaya Rp5.000, Penarikan < Rp5.000.000 dikenakan biaya Rp5.000

- Satu orang hanya bisa memiliki 1 (satu) rekening, kecuali bagi orang tua yang membuka rekening untuk anak yang masih di bawah perwalian

- Tidak diperkenankan untuk rekening bersama dengan status “dan/atau”

- Rekening yang tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut (pasif) dikenakan biaya Rp2.000/bulan

- Rekening pasif dengan saldo ≤ Rp20.000 maka rekening akan ditutup sistem

- Masa berlaku Kartu TabunganKu adalah 10 (sepuluh) tahun sejak diterbitkan, tertera pada bagian muka kartu (Valid Thru: bulan/tahun). Penggantian kartu karena habis masa berlaku tidak dikenakan biaya di kantor cabang Bank Mandiri tempat rekening dibuka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.