Sukses

12 Tempat Wisata Cibodas, Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

Ada banyak spot wisata di Cibodas yang cocok dikunjungi bareng keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam tempat wisata Cibodas yang bisa dikunjungi. Kawasan Cibodas ini sudah terkenal hingga ke mancanegara karena memiliki keindahan pemandangan alam dan udaranya yang sejuk.

Namun, belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata Cibodas ini. Banyak yang mengira bahwa hanya ada Kebun Raya Cibodas saja yang bisa dinikmati di sini. Padahal, di setiap tempat wisata Cibodas memiliki sistem kepengurusan yang berbeda-beda.

Misalnya saja untuk Kebun Raya Cibodas berbeda dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat kemah, dan semua air terjun yang ada di sekitarnya adalah berbeda. Sehingga ini memberikan perbedaan terhadap biaya tiket masuknya.

Kebun Raya Cibodas memiliki beragam spot yang dapat dinikmati. Jadi, apabila kamu tak memiliki banyak waktu untuk mengelilingi semua tempat wisata Cibodas, kamu cukup berkunjung ke Kebun Raya Cibodas saja.

Penasaran dengan tempat wisata Cibodas lainnya? Berikut tempat wisata Cibodas Bogor yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kebun Raya Cibodas dan Taman Wisata Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat wisata Cibodas yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan taman hijau yang memiliki luas kurang lebih 80 hektar. Taman ini merupakan lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit.

Kebun Raya Cibodas atau dikenal juga dengan Cibodas Botanical Garden letaknya ada di kawasan Hutan Gunung Gede Pangrango, tepatnya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.  Hawa di sini begitu segar dan sejuk. 

Selain menawarkan alam yang begitu indah dengan udara segar. Kebun Raya Cibodas juga mempunyai koleksi pohon tua dan muda yang banyak variannya. Ada setidaknya 5.831 contoh tanaman dari 1. 206 jenis yang dapat ditemukan di lokasi. 

Taman Wisata Cibodas

Taman Wisata Cibodas memiliki hamparan rumput hijau yang luas dengan koleksi tanaman bunga. Di sini kamu dapat berkeliling ke beberapa lokasi seru dengan berbagai pepohonan yang menyejukkan dan udara yang segar. Ketika berkunjung ke Taman Wisata Cibodas, kamu bisa singgah ke Air Terjun Ciismun.

3 dari 7 halaman

Taman Sakura dan Rumah Kaca

Taman Sakura

Di Kebun Raya Cibodas, kamu bisa melihat pemandangan kebun ala Jepang. Terdapat taman Sakura di sini. Tanaman Sakura bisa tumbuh di sini karena letak kebun ini berada di ketinggian lebih dari 1.400 meter dari permukaan laut.

Sehingga habitatnya cocok untuk pertumbuhan bunga Sakura. Di sini kamu bisa menikmati bunga Sakura hanya dua kali dalam setahun. Pertama, di bulan Januari hingga Februari dan bulan Juli hingga Agustus. Bulan-bulan tersebut adalah waktu yang cocok untuk menikmati pemandangan Sakura terbaik.

Rumah Kaca

Di Taman Cibodas, kamu juga dapat menikmati wisata rumah kaca. Tempat wisata ini menyimpan berbagai jenis tanaman kaktus dan anggrek.

Kurang lebih ada sekitar 4.000 contoh tanaman dengan 350 kaktus dan 360 anggrek yang tersimpan di rumah kaca tersebut. Di sini kamu juga bisa melihat Bunga Bangkai Raksasa langka yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah kaca.

4 dari 7 halaman

Araucaria Avenue dan Taman Lumut

Araucaria Avenue

Tempat wisata Cibodas berikutnya yang dapat dinikmati bareng keluarga adalah Araucaria Avenue. Jalan batu yang tersusun rapi mulai dari wisma tamu hingga ke kolam besar.

Tempat wisata ini semakin berkesan karena di sepanjang jalan tersebut di kiri dan kanannya berdiri kokoh pohon Araucaria yang sudah ada sejak tahun 1866.

Taman Lumut

Di Kebun Raya Cibodas juga terdapat taman lumut. Di sini kamu bisa melihat setidaknya sekitar 235 jenis lumut yang dimiliki oleh Kebun Raya Cibodas.

5 dari 7 halaman

Taman Rhododendron dan Jalan Air

Taman Rhododendron

Spot menarik lainnya di Kabun Raya Cibodas adalah Taman Rhododendron. Taman ini memiliki banyak sekali jenis bunga yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, China, dan Jepang.

Jalan Air

Ketika berkunjung ke Taman Cibodas, kamu bisa bermain air di sungai Cibogo yang berasal dari Gunung Gede. Air yang mengalir pada sungai ini snagat jernih dan dingin. Karena hal tersebutlah, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas mengubah aliran sungai tersebut menjadi wahana bermain anak yang menyenangkan.

6 dari 7 halaman

Air Terjun Cibeureum dan Canopy Trail (Ciwalen) Cibodas

Air Terjun Cibeureum

Tempat wisata Cibodas yang cocok dikunjungi bareng keluarga selanjutnya adalah Air Terjun Cibeureum. Tempat wisata ini memiliki air terjun yang cukup besar dan alam hijaunya yang memukau.

Di sini kamu dapat bemain-main air dan mengambil foto dengan latar belakang panorama alam air terjun yang indah. Berkunjung ke sini akan membuat kamu kembali segar dan betah.

Canopy Trail (Ciwalen) Cibodas

Tempat wisata Cibodas Canopy Trail (Ciwalen) ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrangi. Bila berjalan dari gerbang pendakian Cibodas, sebelum air terjun Cibeureum hanya ditempuh sekitar 30 menit.

Awal mulanya, Canopy Trail Ciwalen dimanfaatkan untuk kebutuhan observasi alam agar dapat memudahkan dalam penelitian dan pengamatan di sekitar wilayah Ciwalen. Seiring perkembangan dunia digital membuat banyak masyarakat jadi mengetahui tempat ini dan penasaran sehingga membuatnya kebanjiran pengunjung.

7 dari 7 halaman

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Bumi Perkemahan Mandalawangi

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu obyek wisata alam menarik yang ada di Cibodas. Tempat wisata ini memiliki luas taman 21.975 hektar yang tertutup dengan hutan hujan tropis  pegunungan. Ada beraneka macam tanaman dapat kamu temui ketika berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini.

Mulai dari tanaman rasamala sampai kantong semar. Ada juga beraneka ragam jenis anggrek hutan sampai dengan tanaman yang nama ilmiahnya belum diketahui seperti spesies jamur yang mengeluarkan cahaya.

Selain tanaman, ada juga satwa liar seperti macan tutul, sigung, kijang, pelanduk, hingga anjing hutan. Di sini kamu juga dapat melihat kepik raksasa, kumbang, sampai dengan 250 jenis burung. Habitat untuk owa, elang jawa, lutung, yang terancam kepunahan.

Bumi Perkemahan Mandalawangi

Tempat wisata Cibodas selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi, yang juga dikenal dengan Mandalawangi Camping Ground. Tempat wisata ini terletak tepat di dekat pintu keluar Kebun Raya Cibodas.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango, membuat hawa tempat ini begitu sejuk dan indah. Penikmat wisata alam, menjadi sebuah kewajiban untuk berkunjung ke sini.

Di sini kamu bisa menikmati berkemah di alam yang sejuk dan indah, ditambah luasnya area perkemahan, kamu dapat memilih sendiri tempat ideal untuk berkemah. Mandalawangi bukan hanya menawarkan keindahan bumi perkemahan saja, akan tetapi juga punya beberapa lokasi yang dapat kamu kunjungi seperti Sungai Cikundul, Air Terjun Rawa Gede, Danau Mandalawangi, perahu dayung, junge track, patung dinosaurus, hingga flying fox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini