Sukses

6 Manfaat Telur Asin untuk Ibu Hamil dan Janin, Perhatikan Jumlah Konsumsi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat telur asin untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu nutrisi baik selama kehamilan. Selama masa kehamilan, tentunya ibu hamil harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Semua makanan yang dikonsumsi ibu hamil merupakan sumber utama nutrisi bagi anak di dalam kandungan.

Karena itulah, memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya sangat penting bagi ibu hamil. Salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi adalah telur. Dengan kandungan nutrisinya seperti protein yang tinggi, telur asin yang biasanya diolah dari telur bebek ini bisa kamu konsumsi.

Manfaat telur asin untuk ibu hamil bisa didapatkan asalkan dengan porsi yang tepat. Apabila kamu mengonsumsi telur asin dengan jumlah tepat sesuai dengan kebutuhan, maka nutrisi yang kamu dapatkan bisa tetap seimbang. Namun, apabila telur asin dikonsumsi secara berlebihan, hal ini justru bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020) manfaat telur asin untuk ibu hamil.

2 dari 4 halaman

Mengatasi Anemia dan Membantu Perkembangan Bayi Secara Keseluruhan

Mengatasi Anemia pada Masa Kehamilan

Manfaat Telur Asin untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mengatasi masalah anemia pada masa kehamilan. Selain itu, telur asin juga dapat memberi energi pada masa kehamilan.

Hal ini berkaitan dengan kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin, yang bisa membantu tubuh ibu hamil untuk mengatasi gejala-gejala anemia seperti pusing, mual dan kelelahan.

Selain itu, fungsi zat besi ialah membentuk sel darah merah (eritrosit) dan mengatarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan jumlah sel darah merah yang cukup maka suplai oksigen dan nutrisi ke janin akan lancar, sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin pun akan optimal.

Membantu Perkembangan Bayi Secara Keseluruhan

Manfaat telur asin untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat membantu perkembangan bayi secara keseluruhan. Hal ini terkait dengan kandungan asam amino pada telur asin.

Karena asam amino yang terkandung dalam protein adalah unsur pembangun sel-sel tubuh, penting bagi ibu hamil mengonsumsi makanan kaya protein untuk membantu bayi berkembang secara normal.

3 dari 4 halaman

Baik untuk Kesehatan Tulang dan Perkembangan Otak Bayi

Baik untuk Kesehatan Tulang Ibu Hamil

Selain itu, manfaat telur asin untuk ibu hamil juga baik untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi telur asin di saat hamil, maka jumlah kalisum yang terkandung dalam tubuh ibu hamil akan meningkat sebanyak 25 kali.

Hal ini tentu sangat mencukupi kebutuhan kalsium di masa kehamilan. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari keluhan pegal-pegal, nyeri pinggang hingga osteoporosis (tulang keropos).

Selain itu, tentunya janin di dalam kandungan juga membutuhkan kalsium untuk membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Hal inilah yang juga bisa dipenuhi oleh telur asin. Selain itu, kalsium mendukung pengembangan irama jantung pada janin dan membentuk sistem pembekuan darah yang normal.

Membantu Perkembangan Otak Bayi

Manfaat telur asin untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk membantu perkembangan otak bayi. Telur asin memiliki asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin. Hal ini dapat membuat bayi nantinya lahir dengan tingkat kecerdasan yang baik.

Kandungan asam lemak omega 3 ini dapat berasal dari banyaknya kandungan protein yang terdapat di dalam telur asin. Makan telur asin juga mencegah adanya kecacatan pada janin.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mata dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menjaga Kesehatan Mata pada Masa Kehamilan

Manfaat telur asin untuk ibu hamil ternyata juga dapat menjaga kesehatan mata di masa kehamilan. Hal ini tentunya diperolah dari kandungan vitamin A yang terdapat pada telur asin.

Di mana kandungan vitamin A pada telur asin bisa menguatkan daya pandang, terutama di tempat yang kurang cahaya. Selain itu juga dapat menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil.

Tidak hanya itu, dengan vitamin A, pertumbuhan visual janin juga terjaga, sehingga janin bisa berkembang dengan baik dan sempurna dalam rahim. Dalam 1 buah telur asin, didapatkan 950 IU vitamin A yang memenuhi 19% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh Selama Kehamilan

Protein merupakan kandungan gizi utama yang ada di dalam telur asin. Karena itu, manfaat telur asin untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dan memperbaiki kerusakan sel. 

Kandungan protein pada telur asin memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh ibu hamil. Di mana telur asin mengandung 8,9 gram protein atau setara dengan 18% dari kebutuhan harian. Bahkan dibandingkan dengan susu dan daging merah, telur asin masih jauh lebih kaya akan kandungan proteinnya. 

Kandungan protein yang kaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah bayi terlahir dengan kondisi berat badan rendah, membantu pembentukan organ dan pertumbuhannya di dalam kandungan. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, maka janin akan terhindar dari cacat tabung saraf.

Manfaat telur asin untuk ibu hamil memang sangatlah luar biasa. Namun, kamu harus memperhatikan porsi dan jumlah konsumsinya, jangan sampai terlalu berlebihan sehingga malah menimbulkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan nantinya.