Sukses

Jenis Akar Tanaman dan Fungsinya yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Jenis akar tanaman perlu diketahui untuk memahami tumbuhan secara keseluruhan. Apalagi, akar merupakan salah satu bagian pokok pada tanaman selain batang dan daun. Jenis akar tanaman dan fungsinya pun berbeda satu dan yang lainnya.

Sebagai bagian dari tanaman yang biasanya ada di dalam tanah, akar akan terus mengalami pemanjangan pada ujung akar yang memungkinkannya dapat menjangkau ke daerah-daerah yang mengandung banyak resapan air.

Bentuk akar tidak berbuku-buku, namun juga tidak beruas. Biasanya akar berwarna keputih-putihan, kekuning-kuningan, dan kecoklat-coklatan. Bentuk dari akar biasanya meruncing, sehingga lebih mudah untuk menembus tanah.

Jenis akar tanaman menentukan fungsinya pada tumbuhan. Apalagi, sebagai salah satu bagian pokok pada tanaman, fungsi akar sangat signifikan untuk keberlangsungan hidup tumbuhan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/1/2020) tentang jenis akar tanaman.

2 dari 6 halaman

Akar Tunggang dan Akar Serabut

Akar Tunggang

Jenis akar tanaman yang pertama adalah akar tunggang. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan seperti tumbuhan wortel, ubi, dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian.

Jenis akar tanaman satu ini merupakan akar lembaga yang tumbuh terus menerus menjadi akar pokok yang kemudian bercabang menjadi akar yang lebih kecil.

Akar Serabut

Jenis akar tanaman selanjutnya adalah Akar serabut. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil. Tapi terkadang tumbuhan dikotil juga memilik akar jenis ini. Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan, tidaj jauh berbeda dengan jenis akar lainnya.

Contoh tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah pohon pisang, kelapa, padi, tebu, papaya, salak, dan lain sebagainya.

 

3 dari 6 halaman

Akar Gantung, Akar Napas, dan Akat Pelekat

Akar Gantung

Jenis akar tanaman berikutnya adalah Akar Gantung. Akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Oleh karena itu, akar tersebut terlihat menggantung.

Akar jenis ini berfungsi untuk menyerap uap air dan gas dari udara. Contoh tumbuhan yang memiliki akar gantung ini adalah beringin dan anggrek.

Akar Napas

Jenis akar tanaman tanman satu ini tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar napas sebagian muncul di permukaan tanah dan sebagian lagi berada di dalam tanah.

Akar ini terlihat seperti menopang tegaknya batang. Akar napas mempunyai banyak celah tempat untuk masuknya udara. Tumbuhan yang memiliki akar napas ini adalah bakau dan pandan.

Akat Pelekat

Kalau akar pelekat sebagai salah satu jenis akar tanaman, tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat misalnya sirih.

4 dari 6 halaman

Fungsi Akar Tanaman

Selain mengenali jenis akar tanaman, tentunya kamu juga perlu mengetahui berbagai fungsi akar, sebagai berikut:

Sebagai Penopang Tumbuh Tegaknya Tanaman

Fungsi akar sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman. Akar akan menahan dengan mengembangkan dan memanjangkan akarnya agar tanaman kuat saat tertiup angina atau terkena badai sekalipun

Sebagai Penyerapan Air dan Hara

Fungsi akar juga menyerap air dan unsur hara yang ada di dalam tanah. Nutrisi-nutrisi yang ada di tanah akan diserap oleh akar dan akan disalurkan ke tanaman. Akar mampu menyerap nutrisi baik organik maupun anorganik. Air menjadi sumplemen tumbuhan yang utama, oleh karena itu tumbuhan membutuhkan banyak air.

5 dari 6 halaman

Fungsi Akar untuk Penyimpan Cadangan Makanan dan Respirasi

Penyimpan Cadangan Makanan

Selain bertugas mencari makan, fungsi akar juga sebagai cadangan makanan dan air. Tanaman yang dapat menyimpan cadangan makanan pada akar seperti wortel, ubi jalar, dan bengkuang.

Akar mampu menyimpan banyak air misalnya akar-akar dari tanaman gurun. Akar tananam gurun, bahkan ada juga yang mampu menyimpan lebih dari 70 kilogram air di dalam jaringannya, loh.

Untuk Respirasi

Pada tanaman beringin, akarnya dapat digunakan sebagai respirasi. Selain beringin, ada juga akar tanaman tembakau dan tanaman lain yang hidup di akar. Akar yang termodifikasi fungsinya sebagai alat respirasi disebut dengan pneumatophores. Struktur sel dan jaringan penyusun akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.

6 dari 6 halaman

Fungsi Akar untuk Fotosintesis, Reproduksi dan Sebagai Gerakan Tanaman

Untuk Fotosintesis

Tak hanya daun yang memiliki klorofil, ternyata akar juga memiliki klorofil dan dapat melakukan fotosintesis. Tanaman-tanaman seperti anggrek epifit dan akar pohon bakau mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.

Sebagai Gerakan Tanaman

Seperti yang telah diketahui, kalau tanaman tumbuh ke atas. Tapi selain itu, akar juga dapat berkembang sebagai gerak tanaman. Melalui mekanisme gerak tropisme seperti geotropism, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar juga membantu tanaman untuk menemukan air dan hara dalam tanah.

Fungsi akar bagi tanaman ini untuk menunjang metabolisme tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

Untuk Reproduksi

Sebagaian tanaman yang tumbuh, bereproduksi dengan menggunakan akar. Seperti halnya tumbuhan paku, tumbuhan ini tumbuh dengan tunas akar. Melalui perbanyakan vegetative stolon dan rhizome, tanaman memperbanyak dirinya, melakukan duplikasi, dan berkembang biak.