Sukses

Nenek 87 Tahun Ini Berhasil Sembuh dari Virus Corona Setelah Diisolasi, Disambut Haru

Liputan6.com, Jakarta Saat ini warga dunia sedang heboh dengan kemunculan Virus Corona yang mematikan. Setidaknya sudah ada sekitar 170 orang meninggal dunia dan lebih dari 4 ribu orang terinfeksi virus corona yang berasal dari Wuhan, China. Virus Corona pada awalnya diduga berasal dari hewan.

Kini sudah dinyatakan bahwa virus ini dapat menular dari manusia ke manusia yang sudah terinfeksi. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang mampu menangkal virus yang mirip dengan SARS ini.

Pasien yang terinfeksi saat ini harus melalui karantina dan harus berada dalam ruang isolasi. Walaupun hingga kini belum ditemukan obatnya, diketahui sudah ada beberapa pasien yang berhasil sembuh dari ganasnya Virus Corona. Seperti seorang nenek 87 tahun asal Wuhan, China.

Nenek tersebut dinyatakan sembuh, bahkan diperbolehkan pulang dari rumah sakit tempatnya dirawat, Selasa (28/1/2020). Nenek yang tidak disebutkan namanya tersebut merupakan satu dari lima pasien yang dinyatakan sembuh dariĀ virus Corona, seperti yang Liputan6.com lansir dari Mothership SG, Jumat (31/1/2020).

2 dari 3 halaman

Sempat Masuk Ruang Isolasi

Nenek tersebut diketahui mengalami demam saat dibawa ke rumah sakit, Senin (20/1/2020). Demamnya tak kunjung turun selama tiga hari menjalani perawatan. Nenek tersebut sempat didiagnosis mengalami pneumonia.

Bahkan, pada Desember 2019 lalu dia sempat mengalami serangan jantung. Dia juga memiliki sederet riwayat penyakit lainnya. Nenek ini diketahui terinfeksi Virus Corona dan masuk ruang isolasi.

Setelah menjalani perawatan selama beberapa hari, kondisi nenek tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Ahli media pun langsung melakukan tes dan scan computerized tomography (CT). Setelah diketahui hasilnya dokter menunjukkan dia telah bebas dari virus corona.

Alhasil, si nenek diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Namun, dia masih harus dikarantina di rumahnya selama satu hingga dua pekan ke depan. Kesembuhan nenek tersebut disambut bahagia oleh petugas medis dirumah sakit Wuhan Lung Branch.

3 dari 3 halaman

Disambut Haru Para Petugas Medis

Momen tersebut bahkan sempat diabadikan dalam sebuah video pendek. Sejumlah petugas medis terlihat mendorong kursi roda wanita itu keluar dari ruang perawatan. Mereka tak bisa menyembunyikan kebahagiannya setelah mengetahui salah satu pasien sembuh.

Tampak juga seluruh dokter dan perawat menyabut nenek tersebut dengan penuh bahagia saat keluar dari ruang isolasi. Diketahui Virus Corona muncul sejak Desember 2019 dan telah menyebar luas ke sebanyak 31 provinsi, wilayah otonomi dan kota di China.

Virus ini juga diketahui telah menyebar hingga ke sedikitnya 16 negara, termasuk Amerika Serikat (AS). Virus Corona diduga berasal dari pasar hewan di Wuhan, China. Pasar hewan tersebut menjual aneka macam binatang, termasuk yang liar. Saat ini, pasar hewan tersebut telah ditutup untuk dilakukan penyelidikan.