Sukses

7 Cara Menggunakan Madu untuk Atasi Kulit Kering

Madu memiliki sifat melembapkan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Madu menjadi bahan umum dalam beragam produk kecantikan. Mulai dari masker, krim wajah, hingga pembersih, semua menggunakan madu dalam komposisinya. Madu telah terbukti dapat membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan mengatasi warna kulit tidak rata.

Salah satu manfaat madu adalah untuk melembapkan kulit. Madu merupakan humektan alami yang sangat bermanfaat bagi kulit. Humektan adalah zat yang membantu menjaga kadar kelembapan alami kulit. Kulit kering tidak memiliki kelembaban, dan madu adalah humektan yang sangat baik yang menyegel kelembapan di kulit.

Beberapa kondisi seperti eksim dan psoriasis, menyebabkan kulit menjadi kering. Madu banyak digunakan dalam pengobatan masalah kulit ini. Selain itu, madu juga bermanfaat mengatasi masalah lain seperti luka bakar, luka, dan peradangan. Madu juga memperlambat pembentukan kerutan dan membuat kulit awet muda. Ini juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit.

Ada banyak cara menggunakan madu untuk mengatasi kulit kering. Cara-cara ini bisa dipraktikkan sendiri di rumah dengan bahan sederhana. Berikut cara menggunakan madu untuk mengatasi kulit kering, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (1/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Masker madu dan kunyit

Kunyit memiliki efek melembapkan pada kulit. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami.

Campurkan 1 sendok makan madu organik dengan ½ sendok teh kunyit. Campurkan hingga membentuk pasta dan oleskan pasta di seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

3 dari 8 halaman

Masker madu dan pisang

Pisang kaya akan kalium yang dapat menjadi faktor pelembap alami kulit. Pisang adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit. Vitamin A yang terkandung dalam pisang mengembalikan kelembaban yang hilang dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam, dan kering.

Campurkan 1 sendok makan madu1 sendok makan pisang matang yang telah dihaluskan. Hindari kontak dengan mata. Biarkan selama 20 hingga 25 menit, lalu bilas dengan air. Perpaduan madu dan pisang ini mampu mengatasi kulit yang sangat kering dan bersisik. Masker pisang dan madu ini juga membantu menghilangkan pigmentasi kulit.

4 dari 8 halaman

Masker madu dan alpukat

Alpukat merupakan sumber antioksidan seperti B-karoten, lesitin, dan asam linoleat yang membantu melembabkan kulit. Vitamin E yang terkandung dalam alpukat juga dapat membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah. Kandungan asam lemak omega 3 nya juga mampu mencegah penuaan dini.

Campurkan 1 sendok makan alpukat yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh yogurt dan 1 sendok teh madu mentah. Oleskan campuran ini di wajah dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air dingin.

5 dari 8 halaman

Masker madu dan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat menutrisi dan melembapkan kulit. Ketika dikombinasikan dengan madu, lidah buaya dapat menjaga kulit tetap lembab sepanjang hari. Lidah buaya dipercaya dapat membantu melembapkan tanpa membuat kulit berminyak. Gel lidah buaya menyerap dengan mudah, membuatnya ideal untuk kulit kering.

Campurkan 2 sendok teh madu mentah dan 1 sendok teh gel lidah buaya segar. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

6 dari 8 halaman

Face wash madu

Kamu juga bisa menggunakan madu sebagai sabun pencuci muka. Dengan gabungan beberapa bahan, kamu akan mendapatkan kulit halus dan lembap secara alami. Pembersih wajah ini mengandung bahan pelembab, seperti madu dan minyak.

Siapkan â…“ gelas madu, â…“ gelas sabun castile cair, 3 sendok makan minyak (gunakan almond, jojoba atau minyak zaitun), 3 sendok makan air suling, 1 botol pembersih muka.

Tuangkan air suling ke dalam botol. Tambahkan sabun castile cair, diikuti oleh madu dan minyak. Kocok botol agar tercampur rata. Gunakan sebagai pencuci wajah sehari-hari. Kocok terlebih dahulu sebelum digunakan.

7 dari 8 halaman

Krim pelembap madu

Madu juga bisa digunakan sebagai krim pelembap harian. Krim pelembab ini berisi campuran bahan-bahan alami yang melembapkan. Shea butter adalah bahan populer dalam pelembab dan memiliki sifat emolien dan penyaringan sinar matahari. Pelembab wajah ini dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut sepanjang hari.

Siapkan ½ cangkir shea butter, 3 sendok makan gel lidah buaya, 5 tetes minyak esensial tea tree, 3 sendok makan air mawar, dan 1 sendok teh madu Manuka. Gunakan double boiler untuk melelehkan shea butter. Campur dengan air mawar, gel lidah buaya, dan madu. Pindahkan campuran ke dalam mangkuk kaca dan biarkan dingin. Kocok selama 5 menit untuk mendapatkan tekstur putih lembut. Tempatkan pada wadah dan gunakan sebagai pelembab harian atau krim malam.

8 dari 8 halaman

Toner madu

Kamu juga bisa membuat sendiri toner madu sebagai penyegar kulit. Toner ini dapat digunakan sehari-hari sebagai pembersih wajah dan penyegar kulit. Dengan toner ini wajahmu akan terasa lembap sepanjang hari. Toner madu ini dipadukan dengan chamomile dan cuka sari apel yang juga bermanfaat sebagai agen pelembap.

Siapkan 1 gelas air suling, 1 sendok makan bunga chamomile (atau gunakan teh chamomile), 1 sendok teh madu mentah, dan 3-4 sendok makan cuka sari apel. Rebus bunga chamomile (atau teh) di dalam air dan biarkan dingin selama 10 menit. Saring teh lalu tambahkan madu dan cuka sari apel. Aduk rata dan pindahkan ke botol gelas atau spray. Gunakan setelah mencuci wajah setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini