Sukses

4 Fakta Prosesi Pemakaman Gus Sholah, Salat Jenazah Dipimpin Wakil Presiden

Gus Sholah menghembuskan napas terakhir pada pukul 20.55 WIB, Minggu (2/2/2020).

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menyelimuti masyarakat Tanah Air setelah KH Solahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah menghembuskan napas terakhir pada kemarin (2/2/2020) pada 20.55 WIB. Berpulangnya Gus Sholah meninggalkan kesedihan di masyarakat. 

Gus Sholah merupakan adik kandung Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid. Gus Sholah terkenal sebagai tokoh bangsa yang aktif sebagai aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia di Tanah Air. Gus Sholah juga merupakan pengasuh pondok pesantren Tebuireng di Jombang. Gus Sholah meninggal dunia karena adanya masalah di ritme jantung yang tidak beraturan.

"Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un turut berduka cita dan bela sungkawa atas wafatnya Tokoh Bangsa, Ulama Kharismatik kita Kiai Haji Salahudin Wahid (Gus Solah) semoga Alm Husnul Khotimah Aamiin," tulis Haedar Nashir @HaedarNs yang dikutip Liputan6.com, Minggu (2/2/2020).

Gus Sholah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2/2020) petang. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta proses pemakaman Gus Sholah, Senin (3/2/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dimakamkan di tempat kelahiran

Indonesia kehilangan sosok kharismatik KH Solahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah. Gus Sholah menghembuskan napas terakhir pada Minggu (2/2/2020). Gus Sholah meninggal dunia karena masalah denyut jantung tak beraturan. Informasi meninggalnya Gus Sholah disampaikan sang anak, Irfan Wahid.

Gus Sholah yang meninggal dunia pada 20.55 WIB dimandikan di RS Harapan Kita. Setelah itu, Gus Sholah dibawa ke rumah duka di kawasan Mampang Prapatan, Jaksel. Gus Sholah diberangkatkan ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Setelah itu Gus Sholah direncanakan akan dimakamkan di kampung kelahirannya, di Tebuireng, Jombang.

 

3 dari 5 halaman

2. Dimakamkan bersebelahan dengan presiden ke-empat Indonesia, Gus Dur.

Seperti diketahui, Gus Sholah merupakan adik kandung dari presiden ke-4 Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Gus Dur meninggal dunia pada 30 Desember 2009. Gus Dur dimakamkan di kompleks Pesantren Tebuireng. 

Gus Sholah akan dimakamkan di sebelah makam kakaknya, Gus Dur. Hal tersebut terkonfirmasi dari anak Gus Sholah, Irfan Asy'ari yang menyebutkan paling telat dimakamkan jam 4 sore di sebelah makam Gus Dur.

"Dimakamkan sebelah makam Gus Dur. Paling telat jam 4 sore," putra almarhum, Irfan Asy'ari kepada wartawan, Minggu (2/2/2020).

4 dari 5 halaman

3. Salat jenazah dipimpin wakil presiden.

Wafatnya Gus Sholah meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Termasuk Wakil Presiden, Ma'ruf Amin yang begitu menghormati sosok Gus Sholah. Bagi Ma'ruf, Gus Sholah adalah pejuang di jalan kerukunan antar umat beragama dan demokrasi. Gus Sholah juga disebut penerus langkah Presiden Gus Dur dalam melanjutkan tujuan kerukunan umat beragama.

Pada 05.20 WIB, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin jalannya salat jenazah Gus Sholah. Usai mengimami salat jenazah, Ma'ruf Amin juga menyampaikan beberapa pesan untuk keluarga yang ditinggalkan.

"Keluarga ikhlas, karena beliau sudah cukup meninggalkan peninggalan yang baik, tentang pendidikan keumatan, dan karena itu mohon sabar dan diterima di sisi Allah," kata Ma'ruf di rumah duka, Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

 

5 dari 5 halaman

4. Disambut ribuan santri ponpes Tebuireng

Kabar wafatnya Gus Sholah menimbulkan duka di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pasalnya, Gus Sholah merupakan pengasuh dari ponpes tersebut. Para santri mendapatkan informasi wafatnya Gus Sholah pada 21.00 WIB. Kini ribuan santri sudah siap menyambut kehadiran jenazah Gus Sholah yang akan segera dimakamkan di kawasan pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

"Tadi itu para santri diminta untuk istigatsah dan kataman (Kitab Suci Al-Quran) setelah Magrib, menyusul ada kabar Gus Sholah tadi kritis. Mendoakan untuk kesembuhan beliau. Baru dapat informasi sekitar jam 21.00 WIB beliau wafat," kata Azwani, salah seorang pengurus PP Tebuireng, Kabupaten Jombang, saat dihubungi lewat telepon seluler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini