Sukses

6 Penyakit yang Disebabkan Kebiasaan Bertukar Alat Makan, Jangan Disepelekan

Hentikan kebiasaan bertukar alat makan karena dapat menularkan banyak penyakit berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Makan bersama orang-orang terdekat merupakan momen yang sangat menyenangkan. Pada momen makan bersama kerap sesekali ingin mencicipi makanan atau minuman dari masing-masing orang. Padahal jika salah, bisa sebabkan penyakit. 

Bagi sebagian orang, bertukar alat makan dengan orang lain merupakan wujud kedekatan dan keakraban. Namun, saling bertukar alat makan seperti sendok, garpu, sedotan, atau bahkan botol minum dapat berisiko menyebabkan penularan penyakit.

Hal ini dikarenakan tanpa disadari orang tersebut mengidap penyakit menular. Mengetahui cara penularan penyakit adalah langkah pertama untuk terhindar dari penyakit tersebut.

Dengan mengetahui metode penularannya, maka langkah-langkah pencegahan pun dapat dilakukan, sehingga kita mampu menjaga kesehatan sebaik mungkin. Salah satu metode penularan yang dapat terjadi adalah lewat alat makan.

Saling bertukar alat makan dapat menjadi perantara penularan beberapa jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit cukup berat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis penyakit yang dapat menular karena bertukar alat makan.

Berikut enam penyakit yang dapat menular lewat alat makan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/2/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyakit Gondongan

Penyakit yang disebabkan dari kebiasaan bertukar alat makan pertama adalah gondongan. Penyakit akibat virus mumps ini sebenarnya dapat dicegah dengan menggunakan vaksinasi.

Penularan ini dapat terjadi dari anak yang tidak memperoleh vaksinasi mumps, yang tergabung dalam vaksinasi MMR, Measles-Mumps-Rubella. Gejala penyakit ini berupa pembengkakan area di atas rahang atau epan telinga, demam, nyeri otot, lemas, dan nyeri saat mengunyah akibat infeksi virus pada kelenjar air liur.

Hal ini secara otomatis virus dapat berada di air liur penderita, Oleh sebab itu, berbagai penggunaan alat makan seperti sendok, garpu, ataupun gelas dapat menyebabkan anak tertular gondongan.

 

3 dari 7 halaman

Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Bertukar alat makan dapat menyebabkan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), terlebih pada anak. Hal ini dikarenakan penyakit ISPA memiliki gejala berupa demam ringan, nyeri otot, batuk dan nyeri tenggorokan.

Kondisi ini terdapat pada liur penderita. Oleh sebab itu, bertukar alat makan maka akan membuat kuman ataupun bakteri yang sama dapat masuk ke tubuh. Terlebih apabila daya tahan tubuh sedang lemah maka akan mengalami gejala yang hampir serupa.

4 dari 7 halaman

Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut

Penyakit yang disebabkan kebiasaan bertukar alat makan berikutnya adalah penyakit tangan, kaki, dan mulut akibat virus enterovirus. Penyakit tangan, kaki, dan mulut atau HFMD memiliki gejala berupa demam, lemas, dan muncul bentol seperti lepuhan yang muncul di tangan, kaki, dan mulut anak.

Virus penyebab HFMD atau enterovirus dapat ditemukan di cairan hidung dan tenggorokan, cairan dalam lepuhan, dan kotoran. Oleh karena itu, alat makan yang digunakan oleh penderita HFMD sangat mungkin mengandung virus yang dapat berpindah ke orang lain.

5 dari 7 halaman

Penyakit Kulit

Penyakit ini memiliki gejala berupa timbulnya lepuhan berisi cairan yang berwarna kemerahan di kulit sekitar mulut, yang akan berakhir dengan pecahnya lepuhan dan tampak mengerak. Gejala penyertanya berupa demam, nyeri otot, nyeri tenggorokan, dan lain sebagainya.

Karena penyakit ini dapat ditularkan lewat air liur, maka penggunaan alat makan secara bergantian dengan orang lain dapat menjadi salah satu faktor risiko penularannya. Meskipun sedang tidak memiliki lepuhan yang aktif, penderita mampu menularkan penyakit ini.

6 dari 7 halaman

Radang Selaput Otak

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan peradangan dan pembengkakan pada selaput meninges yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis ini bersifat serius dan bisa menyebabkan kematian.

Penularan penyakit ini sangat cepat jika daya tahan tubuh kamu sedang kurang baik. Dengan begitu kamu akan berisiko terjangkit meningitis. Tanda-tanda yang ditunjukkan penderitanya seperti mual, muntah-muntah, dan menjadi linglung.

7 dari 7 halaman

Herpes Oral (HSV)

Apabila kamu memiliki kebiasaan menggunakan alat minum atau makan secara bergantian, maka kamu perlu menghentikannya sekarang. Penyakit herpes atau dikenal sebagai herpes simplex virus (HSV) dapat ditularkan melalui luka atau sariawan yang terdapat di mulut, lidah, atau bibir seseorang.

Apabila luka ini bersentuhan dengan alat makan seperti sedotan atau botol  minum, maka akan berisiko terjangkit penyakit serupa. Gejala-gejala yang perlu diamati adalah rasa gatal atau terbakar pada area mulut, tenggorokan sakit ketika menelan, serta demam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini