Sukses

7 Sayuran yang Aman Dimakan Mentah, Maksimalkan Kebutuhan Gizi

Ada beberapa sayuran yang aman dikonsumsi mentah guna memenuhi kebutuhan nutrisi.

Liputan6.com, Jakarta Sayur merupakan bahan makanan yang sangat mudah diolah menjadi aneka macam masakan lezat dan menyehatkan. Biasanya, sayur diolah dengan cara dimasak terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa nikmat yang diinginkan. 

Namun, ternyata enggak semua jenis sayuran harus dimasak terlebih dahulu untuk mendapatkan nutrisi dan kelezatannya. Ada beberapa jenis sayuran yang tetap aman dikonsumsi mentah.

Terdapat kandungan selulosa yang rendah di dalam sayuran tersebut membuat tubuh mampu mencernanya dengan baik. Dengan begitu, mengonsumsi sayuran mentah tetap aman dan kebutuhan nutrisi di dalamnya tetap terpenuhi.

Namun, ketika mengonsumsi sayuran mentah perlu diperhatikan cara membersihkannya agar terhindar dari kotoran yang membahayan. Berikut tujuh sayuran yang aman dikonsumsi mentah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Selada

Sayuran pertama yang aman dimakan mentah adalah seledri. Sayuran berdaun hijau ini memiliki tekstur yang renyah. Selain itu, selada juga kaya nutrisi sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selada biasa dimakan mentah sebagai lalapan. Manfaat selada didapat karena adanya vitamin A, yang dapat mencegah penuaan dini hingga meningkatkan kesuburan.

3 dari 8 halaman

Brokoli

Sayuran berikutnya yang aman dimakan mentah adalah brokoli. Brokoli mengandung lebih banyak vitamin C, kalsium, potasium, dan nutrisi lainnya daripada semua jenis sayuran lainnya.

Brokoli juga mengandung kadar sulforaphane, yang merupakan senyawa dikaitkan dengan penurunan risiko kanker serta penyakit kardiovaskular dan auto-imun. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi brokoli mentah akan memudahkan penyerapan sulforaphane.

4 dari 8 halaman

Kale

Kale merupakan jenis sayuran yang aman dikonsumsi mentah. Sayuran hijau ini sangat tinggi vitamin C dan K, kalsium dan beta karoten, yang dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara dan risiko degenerasi macula terkait usia.

Untuk mendapatkan nutrisinya secara utuh, kamu bisa mengonsumsi kale secara mentah sebagai campuran salad. Campurkan dengan minyak zaitun dan aduk sedikit dengan perasan lemon dan lada hitam, maka cita rasanya akan sangat nikmat.

5 dari 8 halaman

Kembang Kol

Sayuran berikutnya yang aman dikonsumsi mentah adalah kembang kol. Kembang kol rendah lemak, rendah karbohidrat, tinggi serat, folat, dan vitamin C.

Untuk mendapatkan manfaat kembang kol sebagai pencegah kanker, kamu bisa mengonsumsinya mentah. Kamu bisa menambahkan parutan kembang kol ini ke dalam sajian salad. Campurkan bersama potongan paprika merah, minyak zaitun, dan perasan lemon untuk menambah kenikmatan.

6 dari 8 halaman

Kubis

Kubis memiliki sifat melawan kanker. Hal ini dikarenakan kubis memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C dan K yang sangat baik. Tak heran, kubis sudah dijadikan sebagai obat herbal sejak dulu.

Misalnya saja di Yunani, yang menjadikan sayur kubis sebagai pencahar. Sedangkan di Romawi Kuno menjadikan kubis untuk menyembuhkan mabuk. Jika ingin mendapatkan manfaat kubis, kamu bisa mengonsumsi kubis mentah bersamaan dengan perasan lemon, minyak zaitun, dan bawang putih.

7 dari 8 halaman

Kubis Brussel

Layaknya jenis kubis pada umumnya, kubis brussel juga memiliki sifat anti-kanker. Hal ini dikarenakan kubis brussel mengandung vitamin C, K, dan B yang sangat tinggi dan asam folat serta B6.

Namun, bagi penderita penyakit tertentu, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan kubis brussel mengandung vitamin K yang menjadi faktor pembekuan darah.

Untuk mengonsumsinya mentah, kamu bisa menghidangkannya dengan memotong kecil-kecil lalu aduk dengan minyak zaitun, perasan lemon, garam, dan merica untuk sajian yang nikmat.

8 dari 8 halaman

Bok Choy

Bok choy merupakan merupakan jenis sayuran yang populer. Sayuran yang dikenal pula sebagai sawi sendok ini mudah dibudidayakan dan dapat dimakan segar atau diolah menjadi asinan. Kadang-kadang sawi ini juga disebut sawi hijau karena fungsinya mirip, meskipun sawi sendok lebih kaku teksturnya serta ukurannya cenderung lebih kecil dan meroset. Untuk mendapatkan manfaat bok choy ini, kamu bisa mengonsumsinya mentah dengan menambahkan saus ringan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini