Sukses

10 Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah, Mudah dan Aman

Ada banyak cara alami menghilangkan minyak di wajah yang bisa dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Cara alami menghilangkan minyak di wajah dapat dengan mudah dilakukan. Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lilin berminyak yang melindungi dan melembabkan kulit.

Meski sebum penting untuk menjaga kulit tetap sehat, produksi berlebih dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Jika kulit sudah terlanjur berminyak, Anda mungkin perlu mencari cara alami menghilangkan minyak di wajah.

Cara alami menghilangkan minyak di wajah dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Cara alami menghilangkan minyak di wajah ini bisa berupa kebiasaan perawatan kulit secara teratur. Selain itu, menggunakan bahan alami bisa menjadi salah satu cara alami menghilangkan minyak di wajah.

Cara alami menghilangkan minyak di wajah ini tergolong aman dan mudah dilakukan. Dengan menerapkan cara alami menghilangkan minyak di wajah secara rutin, wajah akan terhindari dari minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Berikut 10 cara alami menghilangkan minyak di wajah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah

Madu

Madu adalah salah satu cara alami menghilangkan minyak di wajah. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat mengatasi kulit berminyak dan rawan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak.

Madu bertindak sebagai emolien alami. Ini melembabkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul. Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak, siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta. Campurkan 1 sendok makan madu. Pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Cara alami menghilangkan minyak di wajah dengan oatmeal adalah dengan mengoleskan oleskan campuran oatmeal ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

3 dari 6 halaman

Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal untuk menyembuhkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Banyak orang menggunakan lidah buaya sebagai cara alami menghilangkan minyak di wajah. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa lidah buaya membantu merawat kulit bersisik yang disebabkan oleh kulit berminyak.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai solusi kulit berminyak, oleskan tipis gel lidah buaya ebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya. Tapi, perlu diketahui, lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit pada lengan. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, lidah buaya aman digunakan.

Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, yang merupakan solusi jerawat yang umum. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori. Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Anda bisa menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak dengan menempelkan langsung potongan tomat pada kulit, menjadikannya masker, scrub, atau toner.

4 dari 6 halaman

Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah

Almond

Kacang almond yang dihaluskan tidak hanya bekerja untuk pengelupasan kulit, tetapi juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran.

Almond bisa dijadikan scrub untuk mengangkat minyak dan kotoran. Caranya adalah dengan menghaluskan almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah dengan lembut dalam gerakan memutar. iarkan masker selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Teh hijau

Polifenol teh hijau dapat membantu mengurangi produksi sebum dan juga bermanfaat dalam mengobati jerawat akibat minyak berlebih. Teh hijau sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah polifenol yang menurut penelitian dapat mengatasi kulit berminyak.

Ambil beberapa kantong teh hijau bekas dan simpan di lemari es selama beberapa waktu. oleskan isi kantong teh dingin ke seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

5 dari 6 halaman

Kebiasaan untuk atasi kulit berminyak

Rutin mencuci muka

Banyak orang dengan kulit berminyak tidak mencuci muka setiap hari. Jika kulit Anda berminyak, Anda harus mencuci wajah dua kali sehari. Gunakan sabun yang lembut seperti sabun gliserin. Mencuci secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit.

Hindari sabun dengan wewangian, pelembab tambahan, atau bahan kimia keras, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit. Ini membuatnya merespons dengan membuat lebih banyak sebum yang menyebabkan kulit berminyak.

Gunakan toner

Toner yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi 2014, astringen alami, seperti witch hazel, dapat memiliki sifat menenangkan kulit. Witch hazel memiliki kandungan tanin yang tinggi yang menjadikannya astringen alami dan antiinflamasi.

Pada beberapa orang, toner astringen alami dapat membuat pori-pori yang membesar tampak lebih kecil. Menggunakan toner dalam ritual membersihkan kulit membantu mengangkat minyak berlebih dan menjaga kulit tetap lembap.

6 dari 6 halaman

Kebiasaan untuk atasi kulit berminyak

Kertas penyerap minyak

Kertas tipis dan kecil ini tidak akan mencegah kelenjar sebaceous mengeluarkan minyak berlebih. Kertas penyerap minyak akan menghapuskan kelebihan minyak dari wajah untuk membantu meminimalkan kulit mengkilap dan berminyak. Kertas penyerap minyak ini tersedia di banyak toko skin care atau supermarket dengan harga terjangkau.

Tepuk-tepuk wajah sampai kering

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, Anda harus dengan lembut menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut. Ini harus dilakukan dengan hati-hati. Tidak disarankan untuk menarik kulit dengan handuk atau menggunakan kain lap kasar, karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.