Sukses

9 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah, Cegah Penuaan Dini dan Cerahkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker tomat untuk wajah mampu meningkatkan penampilan kulit. Tomat merupakan buah kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Tomat kaya akan antioksidan dan vitamin C yang mampu menguatkan kekebalan tubuh.

Selain bermanfaat untuk tubuh, tomat juga dipercaya bermanfaat untuk kulit. Manfaat masker tomat untuk wajah dinilai mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti warna kulit yang tidak merata atau tanda-tanda penuaan. Salah satu cara menggunakan tomat untuk kulit adalah menjadikannya masker.

Manfaat masker tomat untuk wajah dapat diaplikasikan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Manfaat masker tomat untuk wajah juga bisa dikombinasikan dengan bahan alami lain seperti madu, timun, atau yogurt.

Manfaat masker tomat untuk wajah dipercaya mampu mencerahkan, menyembuhkan jerawat, dan mencegah penuaan dini. Manfaat masker tomat untuk wajah bisa didapat dengan mudah. Berbagai produk telah menawarkan masker tomat yang praktis untuk digunakan. Kamu juga bisa membuat masker tomat sendiri di rumah.

Berikut manfaat masker tomat untuk wajah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(5/2/2020).

2 dari 8 halaman

Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari

Tomat memang bukan tabir surya, tapi kandungan likopen di dalamnya memiliki efek perlindungan terhadap sinar matahari. Mengonsumsi tomat atau mengaplikasikannya dapat menawarkan perlindungan dari sunburn yang disebabkan oleh sinar UV.

Sementara tomat dapat mengurangi risiko kerusakan akibat sinar matahari, selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi dari sengatan matahari dan kanker kulit.

3 dari 8 halaman

Cegah jerawat dan mempercepat penyembuhan luka

Cegah jerawat

Tomat mengandung asam salisilat, bahan umum yang ada dalam produk jerawat. Manfaat masker tomat untuk wajah dapat membersihkan dan mengeksofoliasi kulit untuk menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat dan komedo.

Vitamin A, C, K dan sifat asam dari tomat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat dari wajah. Menggunakan masker tomat secara rutin mampu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat datang kembali.

Mempercepat penyembuhan luka

Tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan ikat baru yang juga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa senyawa dalam tomat memiliki efek anti-inflamasi seperti likopen, beta karoten, lutein, vitamin E dan C. Ketika diterapkan pada kulit, senyawa ini dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan iritasi kulit atau terbakar sinar matahari. Tomat juga baik untuk menyembuhkan bekas jerawat dan membantu proses penyamarannya.

4 dari 8 halaman

Meningkatkan produksi kolagen

Selain mempercepat penyembuhan luka, vitamin C dalam tomat membantu produksi kolagen. Jika diaplikasikan secara topikal ke kulit dan bibir, tomat bisa membuatnya lebih kencang dan sehat.

Vitamin B pada tomat juga membantu mencegah penuaan dini. Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Vitamin ini dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

5 dari 8 halaman

Mengangkat sel kulit mati dan angkat komedo

Mengangkat sel kulit mati

Saat diterapkan pada kulit sebagai masker, tomat dapat mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit. Efek eksofoliasi ini akan membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Tomat juga bekerja sangat baik sebagai untuk memperbaiki tekstur wajah. Masker tomat menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membuat wajah segar lebih lama.

Atasi komedo hitam

Komedo disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan dan menyumbat pori-pori. Pori-pori terbuka seperti pintu untuk polusi dan kotoran, yang akhirnya menyumbat dan menyebabkan masalah kulit. Tomat dapat secara alami mengontrol produksi sebum dan membuka sumbatnya tanpa rasa sakit.

Tomat juga membantu mengecilkan pori-pori besar dan mencerahkan kulit. Masker tomat sangat efektif dalam mengangkat minyak berlebih dan mengurangi pori-pori terbuka dan komedo.

6 dari 8 halaman

Melembapkan kulit

Manfaat masker tomat untuk wajah bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kering. kulit kering dapat menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Tomat adalah sumber kalium yang sangat baik. Menurut penelitian, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang dengan dermatitis atopik, sejenis eksim.

Masker tomat efektif menjaga kulit tetap bersih dan kencang. Keasaman dalam tomat membantu menyingkirkan kulit kusam, kasar, dan mendorong pembaruan sel.

7 dari 8 halaman

Cerahkan kulit

Manfaat masker tomat untuk wajah lainnya adalah dapat meratakan warna kulit dan menghidupkan kembali cahaya kulit yang kusam. Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C. Antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di kulit yang menyebabkan kulit kusam dan kehilangan cahayanya.

Tomat membantu mencerahkan kulit yang paling kusam. Dengan menghilangkan kotoran dan sel kulit mati lainnya, penggunaan masker tomat secara teratur akan membuat wajah lebih bercahaya.

8 dari 8 halaman

Cegah penuaan dini

Vitamin B dalam tomat memiliki sifat anti-penuaan. Manfaat masker tomat untuk wajah dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel.

Tomat mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C. Efek antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan.