Sukses

5 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Melahirkan

Cara mengencangkan kulit setelah melahirkan bisa dengan menerapkan pola hidup sehat dan menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengencangkan kulit setelah melahirkan merupakan suatu hal yang mungkin benar-benar diperhatikan oleh wanita. Apalagi, memang salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh wanita setelah melahirkan adalah keadaan kulit yang mengendur.

Kulit kendur setelah melahirkan membuat para ibu baru jadi kurang percaya diri. Hal ini terjadi karena kenaikan berat badan saat hamil membuat kulit yang semula kencang berubah jadi melonggar. Begitu melahirkan, kulit yang terlanjur meregang jadi sulit dikembalikan ke bentuk semula. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena untuk kembali mengencangkan kulit tidak perlu melakukan operasi.

Cara mengencangkan kulit setelah melahirkan bisa dengan menerapkan pola hidup sehat dan menggunakan bahan alami. Kamu harus benar-benar mengatur makanan dan menambahnya dengan berolahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/2/2020) tentang cara mengencangkan kulit setelah melahirkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rajin Menyusui

Salah satu cara mengencangkan kulit setelah melahirkan yang ampuh adalah dengan rajin menyusui anak. Selain menjadi sumber nutrisi yang sehat untuk bayi, menyusui juga bermanfaat bagi kesehatan ibu.

Saat menyusi, kalori dalam tubuh akan diubah menjadi air susu untuk si kecil. Semakin banyak dan sering kamu menyusui, maka lemak di dalam tubuh akan semakin berkurang.

Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa seorang ibu menyusui cenderung kehilangan berat badan lebih cepat daripada ibu yang tidak menyusui.

3 dari 6 halaman

Jaga Pola Makan (Konsumsi Makanan Sumber Protein)

Cara mengencangkan kulit setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menjaga pola makan. Supaya kulit bisa kembali kencang dan kenyal, kamu bisa menambahkan berbagai sumber protein di dalam menu makanan.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan lemak baik bermanfaat untuk mengencangkan kulit yang kendur, baik di lengan, paha, perut, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Beberapa jenis makanan sumber protein dan lemak baik yang dapat kamu konsumsi adalah ikan makarel, alpukat, dan kacang.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan kulit setelah melahirkan, hindari kebiasaan merokok dan begadang. Sebisa mungkin gunakan tabir surya atau pelindung ketika melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

4 dari 6 halaman

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih juga bisa diterapkan sebagai cara mengencangkan kulit setelah melahirkan. Minum air putih yang cukup setiap hari juga bisa membuat kulit jadi lebih elastis.

Setelah melahirkan, disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih 2-2,5 liter per hari. Minum air putih yang cukup bermanfaat untuk membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Minum air putih juga dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi penumpukan air di perut. Hasilnya, kulit longgar di perut perlahan-lahan akan mengencang dan membuat kamu tampak langsing seperti saat sebelum hamil.

5 dari 6 halaman

Olahraga Rutin

Cara mengencangkan kulit setelah melahirkan selanjutnya adalah rutin berolahraga. Bukan cuma membantu menurunkan berat badan, olahraga setelah melahirkan juga dapat membantu mengencangkan kulit kendur di beberapa bagian tubuh.

Kamu bisa melakukan olahraga kardio yang ringan seperti jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda, asalkan dilakukan secara konsisten. Jika sudah terbiasa, tambahkan latihan kekuatan untuk membentuk dan mengencangkan otot. Mulai dari yang sederhana seperti sit-up dan push-up, atau boleh juga mengambil kelas yoga atau pilates.

Namun, sebelum itu sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk kamu. Ini bertujuan untuk menghindari risiko cedera yang mungkin terjadi saat olahraga nanti.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Minyak Esensial

Cara mengencangkan kulit setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan pijat dengan minyak esensial. Minyak esensial memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang dapat memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih kencang. Menggunakan minyak esensial seperti minyak almond atau minyak kelapa ampuh menghilangkan stretch mark di perut.

Caranya mudah, oleskan minyak esensial ke bagian perut, lengan, atau kaki, lalu pijat pelan-pelan. Rutin melakukan pijat dengan minyak esensial dapat membuat aliran darah di bawah kulit lebih lancar, sehingga kulit jadi lebih kencang.

Karena itu, kamu bisa menerapkan pijat menggunakan minyak esensial secara rutin agar kulit semakih sehat dan kencan setelah melahirkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.