Sukses

10 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Menjaga Kesehatannya

Cara memerahkan bibir secara alami tentunya lebih aman dan murah.

Liputan6.com, Jakarta Cara memerahkan bibir secara alami mungkin sangat diidam-idamkan para wanita. Memiliki bibir yang merah merona memang dapat membuat penampilan seorang wanita menjadi lebih segar dan menarik. Hal ini tentunya juga menambah kepercayaan diri untuk para wanita.

Keindahan bibir memang dapat dilihat dari bentuk dan warnanya, sehingga banyak wanita yang rela merogoh kocek untuk sulam bibir agar bibir tampak selalu merah dan lebih indah. Padahal, kamu juga bisa memerahkan tampilan bibir dengan berbagai bahan alami.

Cara memerahkan bibir secara alami tentunya lebih aman dan murah. Apalagi, bahan-bahan alami untuk memerahkan bibir ini juga mudah didapatkan dan bisa diterapkan sendiri di rumah. Dengan perawatan yang alami, maka kecantikan bibirmu akan lebih terpancarkan secara alami pula.

Berikut Liputan6.comr rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/2/2020) tentang cara memerahkan bibir secara alami. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Madu dan Kunyit

Oleskan Madu

Cara memerahkan bibir secara alami yang pertama adalah dengan mengoleskan madu pada bibir. Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru.

Dengan mengoleskan madu, kulit bibir akan terlihat lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

Campuran Kunyit dan Madu

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya adalah dengan kunyit dan madu. Kandungan curcuminoid dalam kunyit dapat membantu meningkatkan kolagen pada bermukaan bibir. Sementara madu bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kelembaban permukaan bibir.

Cara menerapkannya cukup mudah, campurkan bubuk kunyit satu sendok teh dengan madu secukupnya, jangan terlalu banyak madu agar terbentuk krim. Oleskan adonan pada permukaan bibir secara merata disertai dengan pijatan lembut. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan bibir merah alami.

3 dari 7 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati, sehingga kulit bibir akan beregenerasi dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai cara memerahkan bibir secara alami.

Caranya dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke bibir selama 5 menit, kemudan diamkan selama 30 menit agar perasan jeruk nipis meresap sempurna ke kulit bibir. Lakukan secara rutin minimal dua kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Minyak zaitun

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya ialah dengan menggunakan olesan minyak zaitun. Minyak zaitun sejak lama dikenal kayak akan manfaat untuk kecantikan kulit dan perawatan tubuh. Kandungan vitamin E yang tinggi, membuat minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kulit, termasuk kulit bibir kamu.

4 dari 7 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Stoberi dan Susu

Stroberi

Strawberry bisa digunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami karena kandungan vitamin C-nya. Cara memerahkan bibir dengan stroberi adalah sebagai berikut:

- Belah buah strawberry jadi dua lalu bagian

- Oles-oleskan pada bibir.

- Biarkan selama 15 menit.

- Bilas dengan air bersih

Susu

Susu mengandung asam laktat yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit termasuk mencerahkan bibir. Kamu dapat mengoleskan susu murni pada permukaan bibir sebagai cara memerahkan bibir secara alami, melembabkan dan mengangkat sel kulit mati pada bibir.

5 dari 7 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Minyak Almond dan Alpukat

Minyak almond

Kandungan emollient dalam minyak almond dapat kamu gunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Minyak yang terkandung dalam almond dapat menghaluskan kulit bibir yang kusam dan memerahkan bibir dengan alami. Oleskan minyak almond pada bibir dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Alpukat

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya bisa menggunakan alpukat. Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya bagi kesehatan tubuh tapi juga kecantikan. Salah satu khasiat alpukat untuk kecantikan ialah untuk perawatan bibir.

Alpukat sudah dikenal sejak lama mampu memerahkan bibir dengan cepat, sehingga banyak yang menggunakan scrub alpukat sebagai pemerah bibir alami.

Cara memerahkan bibir dengan alpukat:

- Haluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir.

- Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6 dari 7 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Buah Delima dan Pasta Gigi

Buah Delima

Buah delima merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kusam pada bibir. Selain itu buah delima juga akan menutrisi bibir dan melembabkannya.

Cara memerahkan bibir secara alami dengan buah delima:

- Cuci bersih 1 buah delima, kemudian hancurkan

- Hancurkan buah hingga halus kemudian campurkan dengan 1 sendok air mawar atau susu.

- Oleskan campuran ini pada permukaan bibir sembari digosok searah selama 5 menit.

- Bilas menggunakan air hangat setelahnya dan lakukan setiap hari sebelum tidur.

Pasta Gigi

Cara memerahkan bibir secara alami bisa juga dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi kaya akan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya baik untuk mempercepat proses regenerasi kulit.

- Cara memerahkan bibir dengan pasta gigi adalah:

- Aplikasikan pasta gigi pada bibir. Diamkan selama 15 menit

- Lalu bilas dengan air bersih

7 dari 7 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Bibir agar Tetap Cerah Memesona

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan bibir agar tetap cerah memesona:

1. Hindari rokok, kopi, soda dan alkohol

Bukan rahasia lagi jika kopi, soda, rokok dan alkohol akan membuat bibir kering. Zat seperti nikotin, dan senyawa lainnya akan meninggalkan bekas pada permukaan bibir kamu dan menyebabkan sel kulit mati yang berdampak bibir terlihat kusam dan menghitam.

2. Hindari menjilat bibir

Mungkin sebagian dari kamu sering melakukan ini, tapi mulai sekarang sebaiknya hindari menjilat bibir. Kebiasaan ini sekilas memang membuat bibir tampak basah, namun setelah kering air liur justru akan membuat bibir terasa lebih mudah kering.

3. Jangan gunakan lipstik terlalu sering

Warna bibir yang merah membuat seseorang terlihat lebih menarik. Itulah alasan mengapa banyak wanita yang menggunakan lipstik setiap hari untuk membuat bibir mereka tampak merah dan cerah. Namun, penggunaan lipstik yang terlalu sering justru akan membuat bibir menjadi lebih cepat kering dan mudah pecah-pecah. Apalagi jika lipstik mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

4. Perbanyak konsumsi buah

Sayuran dan buah mengandung peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Buah-buah yang mengandung vitamin e dan c merupakan yang paling dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembaban agar tidak kering dan kusam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini