Sukses

10 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kacang almond untuk ibu hamil bisa jadi tambahan menu makanan sehat. Penelitian menunjukkan mengonsumsi kacang-kacangang selama kehamilan dikaitkan dengan berkurangnya risiko alergi kacang pada bayi. Salah satu jenis kacang yang aman dikonsumsi saat kehamilan adalah almond.

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil mampu menjaga kesehatan janin selama kehamilan. Manfaat kacang almond untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan nutrisi almond yang kaya vitamin dan mineral. Almond kaya akan zat besi, kalsium, folat, dan serat. Semuanya berperan penting menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil juga dikaitkan dengan kontrol gula darah, tekanan darah, dan berat badan ibu selama kehamilan. Manfaat kacang almond untuk ibu hamil ini pastinya sangat menguntungkan.

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil aman dikonsumsi selama ibu tidak memiliki alergi terhadap kacang. Berikut manfaat kacang almond untuk ibu hamil, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(7/2/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Mencegah cacat saraf

Almond merupaakan sumber asam folat yang bermanfaat untuk membantu erkembangan otak dan sistem neurologis bayi. Asam folat juga penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama kehamilan, ibu membutuhkan sekitar 400mcg asam folat untuk memenuhi kebutuhan janin.

Mencegah penambahan berat badan

Kehamilan menyebabkan kenaikan berat badan. Terkadang ibu menjadi sulit mengontrol berat badan. Almond kaya akan serat yang membuat ibu bisa merasa kenyang lebih lama. Almond mampu mengurangi hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar dan meningkatkan hormon leptin yang mengurangi nafsu makan. Efek ini bisa menurunkan risiko kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Penuhi asupan zat besi

Almond mengandung zat besi yang mampu memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi harian. Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Zat besi juga membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan bayi.

Mendapatkan cukup zat besi dapat mencegah kondisi anemia defisiensi besi. Memiliki anemia dapat menyebabkan bayi terlahir terlalu kecil atau terlalu dini. Karena kebutuhan zat besi tinggi selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, konsumsi almond bisa memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil.

Melindungi anak dari alergi

Dilansir dari Momjunction, menurut sebuah penelitian, manfaat kacang almond untuk ibu hamil dapat melindungi anak dari alergi di kemudian hari. Asupan kacang tinggi selama kehamilan diyakini mampu mencegah asma pada anak-anak. Ini karena kacang mengandung vitamin E dan seng yang keduanya melindungi anak dari asma.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Kaya protein

Kacang almond mengandung protein dalam jumlah baik yang memberikan kekuatan dan stamina. Protein juga membantu perkembangan bayi yang sehat dan menjaga berat badan ibu tetap terkendali. Protein secara positif memengaruhi pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak.

Kandungan protein yang tinggi dalam almond membantu dalam perkembangan massa otot yang sehat pada bayi yang sedang tumbuh. Ini juga menginduksi kekuatan pada ibu untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan.

Lancarkan pencernaan

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mengatur pergerakan usus. Serat yang terkandung dalam almond juga mengobati masalah sembelit yang sangat umum selama kehamilan. Almond juga menyediakan sumber karbohidrat dan lemak makanan sehat yang membantu metabolisme dan mengurangi peradangan, stres oksidatif, dan gula darah.

Karena sistem pencernaan hormon yang melambat dan rahim yang menggeser organ, banyak wanita hamil akan mengalami sembelit, yang juga dapat menyebabkan wasir. Mengonsumsi banyak serat dapat membantu melawan sembelit dan membuat pencernaan tetap teratur.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Kuatkan tulang

Almond juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium membantu mengurangi risiko hipertensi dan pre-eklamsia selama kehamilan. Kalsium juga penting untuk membangun tulang dan gigi bayi. Kebutuhan wanita hamil akan kalsium meningkat pada trimester ketiga, ketika kerangka bayi berkembang pesat.

Saat sedang hamil, cobalah untuk mendapatkan setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari. Jika ibu berusia 18 tahun atau lebih muda, maka ia membutuhkan setidaknya 1.300 mg kalsium setiap hari.

Kontrol gula darah

Kacang rendah karbohidrat tetapi kaya lemak, protein, dan serat. Ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol gula darah. Almod juga kaya akan magnesium yang juga mampu mengontrol gula darah. Kontrol gula darah yang baik akan menurunkan risiko diabetes gestasional pada ibu selama dan setelah kehamilan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Stabilkan tekanan darah

Magnesium dalam almond juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, penyakit jantung, preeclampsia, dan penurunan aliran darah ke plasenta. Preeklampsia dengan kejang daoat berubah menjadi eklampsia. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa berakibat fatal pada ibu dan janin.

Sumber vitamin E

Almond adalah salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E adalah keluarga antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E membantu dalam pembentukan rambut dan kulit bayi yang sehat. Vitamin E selama kehamilan juga mampu menyehatkan kulit ibu hamil.