Sukses

6 Cara Menghilangkan Kutil di Leher Secara Alami, Aman dan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutil di leher harus segera dilakukan sebelum menyebar. Walau umumnya tidak berbahaya, kutil dapat menimbulkan rasa sakit, serta mengganggu penampilan dan tentunya membuat tidak percaya diri.

Penyebab kutil muncul di leher sama seperti kutil pada umumnya, muncul karena infeksi virus HPV (human papillomavirus) pada kulit, terutama kulit yang luka. Jika terjadi pada leher, maka kutil mungkin diawali luka seperti garukan kuku. Luka terbuka ini memungkinkan virus masuk ke dalam lapisan kulit.

Cara menghilangkan kutil di leher bisa menggunakan bahan-bahan alami. Walaupun mungkin belum teruji di dunia medis, namun tidak ada salahnya mencoba cara menghilangkan kutil dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/2/2020) beberapa cara menghilangkan kutil di leher secara alami.

2 dari 5 halaman

Kutil di Leher

Sebelum mengenali cara menghilangkan kutil di leher, kamu perlu mengetahui berbagai fakta tentang kutil di leher terlebih dahulu. Kutil dapat terjadi pada siapa saja, tetapi dapat lebih berisiko terjadi pada orang tertentu seperti anak-anak. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh anak yang masih belum terbentuk sempurna untuk melawan virus human papillomavirus (HPV).

Ada beberapa jenis kutil yang dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh manusia. Kutil di leher dapat tampak berwarna kelabu, memiliki tekstur kasar dan bulat. Selain itu, kutil di leher juga bisa tampak seperti lipatan kulit atau menyerupai daging tumbuh seukuran jerawat. Kutil semacam ini umumnya berukuran kecil dengan warna serupa dengan warna kulit.

Kamu juga perlu tahu bahwa kutil dapat menular. Orang lain dapat tertular jika menyentuh kutil di leher seseorang, atau pun menjalin kontak dengan benda yang dipegang atau dikenakannya seperti jubah mandi atau handuk. Oleh karena itu penting untuk tidak menyentuh, apalagi menggaruk kutil, dan segera mencuci tangan jika menyentuh kutil tersebut.

3 dari 5 halaman

Bawang Putih, Cuka Apel, dan Pisang

Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan Bawang Putih

Banyak yang meyakini jika bawang putih dapat menghilangkan kutil secara alami dan cepat. Bawang putih bisa membuat jaringan kulit berlebih yang menyebabkan benjolan kutil melepuh dan rontok sendiri. Bawang putih mengandung sifat antivirus dan antibakteri yang dipercaya bisa mematikan virus herpes.

Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan Cuka Apel

Cuka apel yang bersifat sangat asam bermanfaat untuk menghilangkan kutil secara alami dan efektif. Sifat asamnya akan menyerang benjolan kutil pada kulit, yang pada akhirnya akan mengelupas secara alami.

Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan Pisang

Cara menghilangkan kutil secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan pisang. Seperti diketahui, pisang mengandung enzim proteolitik yang dipercaya dapat menghilangkan kutil.

Untuk menghilangkan kutil dengan pisang, yang dibutuhkan adalah kulitnya saja. Caranya, gosokan kulit pisang bagian dalam ke kulit yang berkutil. Cuci tangan dengan baik setelahnya untuk mencegah kutil menyebar. Lakukan cara ini dua kali setiap hari.

4 dari 5 halaman

Lakban, Madu, dan Jeruk Lemon

Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan Lakban

Cara menghilangkan kutil yang satu ini memang terdengar aneh namun berhasil. Ini adalah cara menghilangkan kutil secara alami dan benar-benar murah. Kenapa menghilangkan kutil dengan lakban berhasil? Itu karena lakban menahan oksigen agar tidak terkena Kutil sehingga menghambat pertumbuhannya.

Berikut cara menghilangkan Kutil secara alami dan murah dengan Lakban:

- Buat potongan lakban dan tempelkan pada kulit yang berkutil.

- Biarkan lakban selama enam hari. Jika terlepas, tempelkan potonga lakban baru pada kutil.

- Setelah enam hari, lepas lakban dan rendam kulit yang berkutil dalam air.

- Gosok lembut permukaan kulit yang berkutil menggunakan batu apung.

Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan Madu

Untuk menghilangkan kutil dengan madu, gunakan sejenis madu asli bernama Madu Manuka. Ini adalah madu organik yang dipanen di Selandia Baru.

Madu Manuka dianggap sebagai madu medis paling kuat sebab tingkat antibakteri dan antivirus-nya sangat tinggi.

Cara menghilangkan Kutil dengan madu Manuka adalah gosok kutil dengan batu apung secara perlahan.

Setelah itu oleskan Madu Manuka tebal-tebal ke permukaan kutil dan kemudian ditutup dengan perban. Biarkan semalam, ganti perban dan oleskan lagi madu keesokan harinya. Ulangi proses ini sampai kutil hilang.

Cara Menghilangkan Kutil di Leher dengan Perasan Jeruk Lemon

Sudah tidak diragukan lagi jika jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karenanya, vitamin C pada perasan jeruk lemon diyakin bisa melawan virus penyebab Kutil.

Cara menghilangkan Kutil dengan perasan jeruk lemon cukup mudah. Oleskan perasan jeruk lemon setiap hari hingga Kutil mengecil dan hilang dengan sendirinya.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kutil di Leher Secara Medis

Cara menghilangkan kutil di leher secara medis dapat kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kutil sebaiknya segera diobati, sebelum menyebar. Kamu dapat menggunakan obat bebas seperti asam salisilat, asam glikolat, atau tretinoin atau sesuai resep dokter. Obat ini berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit. Dokter juga bisa memberikan suntikan obat bleomycin.

Selain itu, dokter dapat membekukan kutil dengan cairan nitrogen untuk mematikan virus, juga memberikan obat penguat sistem kekebalan tubuh. Pada kasus tertentu, dokter dapat menggunakan cantharidin, bedah listrik, atau bahkan laser untuk kutil yang sulit diatasi. Dokter juga dapat memberi rekomendasi operasi pengangkatan kutil, jika diperlukan.

Jika kamu ingin mencegah tumbuhnya kutil di leher, kamu hanya bisa meminimalisir berbagai kebiasaan yang dapat membuat kutil tersebut muncul, seperti berhati-hati saat menggunakan handuk yang disewakan untuk umum seperti di hotel, pusat kebugaran, atau pun tempat umum lain. Selain itu, kamu juga bisa membiasakan cuci tangan secara teratur, serta menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap dan bebas dari goresan.

Walau kutil di leher umumnya tidak berbahaya, segera periksakan diri ke dokter jika kutil terasa sakit, mengalami perubahan warna, perdarahan atau keluar nanah.