Sukses

6 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Body Scrub, Cerahkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami yang bisa dijadikan body scrub merupakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur. Body scrub sendiri berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit yang membuat tampilan menjadi kusam

Penggunaan body scrub berbahan alami dipercaya lebih baik dan lebih lembut untuk kulit, sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tampilan kulit flawless dengan eksfoliasi secara rutin menggunakan bahan alami ini.

Bahan alami yang bisa dijadikan body scrub dapat menjaga kesehatan kulit tubuhmu. Bahan alami tersebut bisa menjadi alternatif saat kamu sedang tidak memiliki uang untuk membeli body scrub yang mungkin harganya cukup mahal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/2/2020) tentang bahan alami yang bisa dijadikan body scrub.

2 dari 7 halaman

Gula

Bahan alami yang bisa dijadikan body scrub pertama adalah gula. Sudah banyak produk kecantikan yang menjadikan butiran gula sebagai komponen utama untuk pengelupasan kulit. Tekstur gula yang kasar, bekerja ampuh untuk menyingkirkan sel kulit mati dengan mudah dan efektif.

Kamu bisa mencampurkan gula dengan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya. Campurkan gula dan minyak esensial ke dalam sebuah wadah yang telah dibersihkan. Lalu diamkan beberapa saat dan kamu sudah bisa menggunakannya.

Hanya dengan menggunakan 1 sendok makan scrub setiap mandi. Gosokkan pada kulit secara perlahan hingga kulit terasa bersih. Lalu bilas dan gunakan lotion untuk menenangkan kulit.

3 dari 7 halaman

Garam

Garam laut seringkali menjadi bahan yang digunakan untuk kecantikan karena kandungannya yang mampu menyegarkan dan menjaga vitalitas kulit. Hal ini juga membuat garam menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan body scrub.

Bila kamu tidak memiliki waktu dan uang untuk membeli scrub, kamu bisa menggunakan garam kasar yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

4 dari 7 halaman

Kopi

Bubuk kopi kasar adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan body scrub. Selain aromanya yang membuat relaks, butiran kasarnya sangat signifikan sebagai scrub alami untuk tubuh maupun wajah.

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Selain itu kandungan pada kopi juga bagus untuk menghilangkan selulit.

Bubuk kopi akan bekerja maksimal sebagai body scrub jika dicampurkan dengan minyak zaitun dan gula. Campurkan semua bahan dan aduk. Setelah itu, kamu tinggal menggunakan body scrub ini dalam keadaan kulit sedang basah.

5 dari 7 halaman

Lemon

Bahan alami yang bisa dijadikan body scrub selanjutnya adalah lemon. Kandungan vitamin C pada buah lemon dapat membantu kulit terlihat lebih cerah. Cara pembuatannya juga cukup mudah, siapkan buah lemon, gula dan minyak zaitun.

Peras buah lemon terlebih dahulu. Kemudian campurkan semua bahan dalam suatu wadah dan aduk secara merata. Sebelum menggunakan scrub ini, basuh tubuhmu terlebih dahulu dengan air hangat.

Lalu gunakan scrub tersebut sambil memijat tubuhmu. Namun, jangan gunakan scrub ini setiap hari, karena bisa membuat kulitmu menjadi iritasi.

6 dari 7 halaman

Pisang

Pisang juga bisa dijadikan salah satu bahan alami untuk membuat body scrub. Body scrub yang mengandung vitamin dan mineral dapat membuat kulitmu lebih kencang. Buah pisang memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin B, E dan C.

Karena itulah, pisang sangat cocok untuk dijadikan body scrub. Kamu hanya perlu menghaluskan pisang dengan gula dan minyak kelapa. Setelah diaduk dengan rata, aplikasikan scrub ini pada tubuhmu.

7 dari 7 halaman

Oatmeal

Bahan alami yang bisa dijadikan body scrub berikutnya adalah oatmeal. Scrub ini bagus untuk eksfoliasi tubuh dan mampu mengurangi kemerahan akibat sinar matahari.

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, di antaranya setengah gelas oatmeal, minyak zaitun, gula merah dan jelly.

Sebelum mencampurkan bahan-bahan tersebut, pastikan kamu telah menghancurkan oatmeal hingga halus. Setelah itu campurkan gula merah dan minyak zaitun ke dalam oatmeal yang telah dihaluskan. Terakhir, campurkan jelly ke dalam adonan scrub tadi. Kamu pun bisa menerapkan scrub pada tubuhmu.