Sukses

6 Manfaat Jantung Pisang bagi Kesehatan, Penuh Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jantung pisang bagi kesehatan mungkin masih jarang disadari. Salah satu bagian dari pohon pisang ini malah kerap kali dibuang karena dianggap tidak berguna. Padahal jantung pisang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan dapat diolah dengan berbagai cara.

Biasanya jantung pisang diolah dengan cara ditumis, digoreng, atau dijadikan gulai. Jantung pisang dianggap sebagai bagian dari sayuran di wilayah Asia Tenggara. Karana itu, tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya, jantung pisang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Manfaat jantung pisang bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya tersebut. Berbagai kandungan nutrisi jantung pisang tersebut antara lain, vitamin A, vitamin C, vitamin E, beragam mineral, asam lemak, flavonoid, tannin, saponin, glikosida, hingga steroid. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu sesekali mengonsumsi jantung pisang untuk mendapatkan khasiat kesehatannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/2/2020) ragam manfaat jantung pisang bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Menangkal Radikal Bebas dan Mencegah Infeksi Bakteri

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, autoimun, gangguan kardiovaskular dan lainnya.

Ekstrak jantung pisang mengandung tinggi antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif. Senyawa polifenol dan flavonoid dari ekstrak jantung pisang dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat iron-mediated fenton (reaksi dari senyawa radikal bebas).

Dengan begitu, mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Parkinson dan Alzheimer yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Mencegah Infeksi Bakteri

Tidak hanya menangkal radikal bebas, manfaat jantung pisang juga dapat mencegah infeksi bakteri. Jantung pisang yang diekstraksi mengandung asam amino dan peptida. Isolasi protein ini secara signifikan melawan bakteri gram positif dan negatif.

Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi diare, pneumonia, hingga kolera. Oleh karenanya, konsumsi jantung pisang dapat mendukung imunitas tubuh dari infeksi penyakit akibat bakteri.

3 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Komplikasi Diabetes

Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Perdarahan saat Menstruasi

Masakan jantung pisang dapat menenangkan perut apabila dikonsumsi. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu siapapun yang berusaha menurunkan berat badan. Agar manfaat jantung pisang untuk menurunkan berat badan lebih maksimal, kamu bisa menggunakan jantung pisang untuk campuran bahan salad atau sup.

Selain itu, para perempuan yang mengonsumsi jantung pisang juga bisa mendapatkan manfaat. Konsumsi jantung pisang bisa meningkatkan progesteron yang mengurangi pendarahan berlebih dan sakit perut saat menstruasi.

Mengurangi Komplikasi Diabetes

Manfaat jantung pisang berikutnya adalah untuk mengurangi komplikasi diabetes melitus. Salah satu komplikasi terkait diabetes adalah hiperglikemia.

Kombinasi jantung pisang dan bagian tengah batang pisang mampu mengurangi hiperglikemia dan komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy (komplikasi diabetes pada ginjal). Jadi, mengonsumsi jantung pisang dan bagian tengah pisang dapat mengurangi komplikasi diabetes.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Mood dan Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Meningkatkan Mood dan Mengatasi Kecemasan

Selain itu, manfaat jantung pisang juga bisa meningkatkan mood dan mengatasi kecemasan. Hal ini karena magnesium yang dikandung jantung pisang berfungsi sebagai anti-depresan.

Jadi, dengan mengonsumsi jantung pisang, kamu dapat memiliki mood yang baik dan mengurangi gangguan kecemasan, bahkan tanpa efek samping.

Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Manfaat jantung pisang lainnya adalah dapat mengatasi masalah pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dan ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga urine tidak keluar seluruhnya.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat. Ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, taurin, asam pantotenat, dan nikotinat. Senyawa-senyawa tersebut mampu menjadi agen antiinflamasi dan anti profilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien pembesaran prostat jinak.