Sukses

4 Tips Mengatasi Masakan yang Kemanisan, Tetap Enak

Liputan6.com, Jakarta Mengolah bahan-bahan makanan menjadi masakan lezat merupakan kegiatan menyenangkan. Namun, dalam proses membuat masakan kerap terjadi kesalahan-kesalahan kecil. Salah satunya masakan terlalu manis atau kemanisan.

Beberapa orang memang menyukai hidangan dengan rasa manis. Namun, masakan yang terlalu manis justru akan membuat hidangan menjadi tidak nikmat. Baik pemula maupun yang sudah berpengalaman pasti pernah mengalami kondisi memasak masakan kemanisan seperti ini.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu tetap bisa menyantap masakan lezat dengan menyeimbangkan rasanya. Ada beberapa bahan-bahan alami yang perlu kamu tambahkan ke masakan yang kemanisan ini.

Berikut beberapa tips mengatasi masakan yang kemanisan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/2/2020).

2 dari 5 halaman

Menambahkan Perasa Asam atau Pahit

Rasa manis identik dengan lawannya, yaitu rasa asin. Namun, untuk mengatasi masakan yang kemanisan bukan dengan menambahkan garam. Menambahkan garam pada masakan yang kemanisan justru akan membawa rasa manis makin keluar.

Sebaiknya gunakan tambahan rasa asam atau pahit untuk mengatasi masakan yang kemanisan ini. Kamu bisa menambahkan sesuatu yang asam seperti lemon, jeruk nipis atau cuka makan, namun tambahkan sedikit demi sedikit.

3 dari 5 halaman

Menambahkan Air atau Diencerkan

Tips mengatasi masakan yang kemanisan berikutnya dengan menambahkan air atau sedikit mengencerkannya. Menambahkan air ke dalam masakan yang terlalu manis sedikit demi sedikit dapat membuatnya menjadi lebih encer dan rasa manis akan berkurang.

Misalnya saja kamu sedang membuat saus spageti yang hasilnya terlalu manis. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh bubuk cabai dan tambahkan sekaleng tomat yang dihancurkan. Tambahan ini dapat membantu mengencerkan rasa yang terlalu manis.

 

4 dari 5 halaman

Menambahkan Rasa Pedas

Pilihan lain untuk menyeimbangkan masakan yang terlalu manis dengan rasa pedas. Kamu bisa mempertimbangkan sebelumnya untuk menambahkan perasa pedas ke dalam masakan yang kemanisan.

Cara mengatasi masakan kemanisan ini dapat menyeimbangkan rasa pada masakan yang kemanisan. Ada beberapa perasa pedas yang bisa kamu tambahkan seperti cabai, saus pedas, paprika merah, atau cabai rawit.

Pastikan ketika menambahkan salah satu bahan-bahan tersebut dilakukan dengan sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menghindari masakan menjadi terlalu pedas.

5 dari 5 halaman

Menambahkan Susu

Tips mengatasi masakan yang kemanisan berikutnya dengan menambahkan susu. Produk susu tertentu dapat memberikan keseimbangan rasa yang dibutuhkan ketika masakan terlalu manis.