Sukses

9 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kaya Antioksidan

Cokelat hitam tinggi antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat segudang manfaat cokelat hitam untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat ini didapat dari kandungan nutrisi di dalam cokelat hitam. Keunggulan cokelat hitam ini juga telah dikatakan oleh beberapa penelitian yang mengatakan bahwa cokelat hitam baik untuk mencegah penyakit jantung dan orang yang sering merasa cemas.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland yang dipublikasikan di Journal of Proteome Research menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam setiap harinya selama dua minggu dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol dan juga katekolamin pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi.

Hal yang membedakan cokelat hitam dengan jenis cokelat lainnya adalah kandungan tanaman kakao yang digunakan sebagai bahan dasar. Pada cokelat hitam mengandung kakao murni lebih banyak dan tidak dicampur dengan susu dan mengandung lebih sedikit gula. Oleh karena itu, cita rasa cokelat hitam lebih kuat dan pahit dibandingkan cokelat biasa.

Tak heran kalau cokelat hitam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa kandungan nutrisi penting di dalam cokelat hitam seperti serat, karbohidrat, protein, kalisum, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Selain itu, cokelat hitam juga diperkaya theobromine, zinc, kafein, lemak, dan sejumlah vitamin.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai jenis antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan katekin dalam jumlah tinggi dari cokelat hitam. Tingginya kandungan nutrisi dalam cokelat hitam tersebut, maka ada beberapa manfaat cokelat hitam yang dapat dirasakan. Berikut manfaat cokelat hitam untuk kesehatan dan kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Manfaat cokelat hitam untuk kesehatan yang pertama dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini didapat dari adanya kandungan nutrisi dan antioksidan yang banyak terkandung dalam cokelat hitam.

Kedua senyawa tersebut berperan besar dalam melancarkan aliran darah ke otak dan memelihara fungsi otak. Berbagai riset pun menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam secara rutin dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif dan daya ingat, sehiingga risiko terkena pikun atau demensia dapat berkurang.

Manfaat cokelat hitam lainnya juga dapat mengurangi risiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian, orang yang rutin mengonsumsi coklat hitam tiap hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi cokelat sama sekali.

3 dari 10 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain stroke, penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia adalah penyakit jantung. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit jantung adalah memiliki tekanan darah tinggi serta kolesterol berlebih.

Untuk mencegah penyakit ini, konsumsi cokelat hitam bisa menjadi pilihan. Kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi pada cokelat hitam terlihat bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Adanya kandungan nutrisi dan antioksidan dalam cokelat hitam juga diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

4 dari 10 halaman

Membantu Mengurangi Diabetes

Manfaat cokelat hitam selanjutnya adalah dapat menjaga gula darah tetap stabil. Hal ini telah dibuktikan pada beberapa studi yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan nutrisi pada cokelat hitam terlihat dapat menjaga gula darah tetap stabil dan memperbaiki kinerja hormon insulin. Efek ini baik untuk mengontrol penyakit diabetes.

Perlu digaris bawahi bahwa yang baik dikonsumsi adalah cokelat hitam, bukan cokelat yang kaya gula dan susu. Hal ini dikarenakan cokelat tersebut memiliki rasa yang terlalu manis (terlalu banyak mengandung gula), sehingga justru dapat membuat gula darah naik.

5 dari 10 halaman

Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Beberapa penelitian medis juga menyatakan bahwa tanaman kakao merupakan tumbuhan yang banyak mengandung zat antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti cokelat hitam, maka kesehatan tubuh pun dapat terjaga.

6 dari 10 halaman

Bantu Meredakan Stres

Ada berbagai macam penyebab seseorang bisa menjadi stres, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, hingga hubungan dengan pasangan. Pada kondisi tersebut, cobalah untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi sambil mengonsumsi cokelat hitam.

Pada sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meredakan stes, membantu menenangkan rasa cemas, dan memperbaiki mood. Apabila kamu mengonsumsi cokelat hitam secara rutin paling tidak setiap hari selama 2 minggu, maka cokelat hitam dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga stres pun bisa teratasi.

7 dari 10 halaman

Memelihara Kesehatan Kulit

Adanya kandungan antioksidan flavonoid pada cokelat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini pada kulit.

Cokelat hitam juga mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam memproduksi kolagen. Protein ini memiliki peran penting dalam menjaga kelenturan dan kelembapan kulit, sehingga membuat kulit semakin terlihat menawan.

8 dari 10 halaman

Menghidrasi Kulit

Tingginya antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam cokelat hitam membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik. Apabila kamu merasakan kulit kusam dan kering, kamu bisa mencoba melakukan perawatan menggunakan cokelat hitam untuk membuatnya halus.

9 dari 10 halaman

Melembapkan Kulit

Manfaat cokelat hitam untuk kecantikan berikutnya dapat melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan cokelat hitam mengandung asam laktat yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit. Menggunakan cokelat hitam sebagai bahan alami dalam perawatan kecantikan, dapat menjadikan kulit terasa lebih lebih lembap.

10 dari 10 halaman

Membersihkan dan Detoks Kulit

Adanya antioksidan yang terkandung di dalam cokelat hitam membantu menutrisi dan membersihkan kulit. Kamu bisa menjadikan cokelat hitam sebagai scrub alami. Perawatan ini membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih bersih, cerah, dan glowing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini