Sukses

Paket Desa Wisata Tembi Bantul dan Destinasi Menarik di Sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta Desa wisata Tembi Bantul merupakan sebuah desa yang menawarkan wisata bertemakan kebudayaan. Desa ini kerap dijadikan destinasi untuk mengenal kebudayaan Jawa, sejarah, dan menikmati suasana alam pedesaan yang masih sangat asri.

Desa wisata Tembi Bantul berlokasi di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul. Desa wisata Tembi Bantul ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa wisata Tembi Bantul merupakan kawasan kampung kerajinan GMT (Gabusan-Manding–Tembi) yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 31 Agusutus 2007.

Di desa wisata Tembi Bantul ini pengunjung bisa menemukan jajaran rumah limasan khas Jawa, hamparan sawah yang luas, serta aktivitas warga yang ramah. Desa wisata Tembi Bantul juga menawarkan beragam fasilitas dan paket menarik untuk menghabiskan waktu.

Tak jauh dari desa wisata Tembi Bantul, wisata juga bisa mengunjungi destinasi menarik lainnya yang tak kalah seru. Berikut ulasan mengenai desa wisata Tembi Bantul, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020).

2 dari 5 halaman

Paket Desa Wisata Tembi Bantul

Paket wisata Outbound

Terdapat aktivitas outbound yang bisa dilakukan di sini. Paket wisata Outbound ini dikenakan tarif Rp 20.000,-/orang untuk pelajar dan Rp 35.000,-/orang untuk umum. Kegiatan outbound di sini berupa aktivitas khas pedesaan seperti bermain di sawah atau permainan tradisional.

Beberapa kegiatan meliputi Lomba Banyu Mili, Pegang Belut di sawah, Pegang Bebek di Sawah, Lomba Bakiak/ Lari Theklek, Menyusuri Pematang Sawah, Membuat Memedi Manuk/ Hantu Sawah, Bajak Sawah, Tandur/Bertani, Gobag Sodor, Estafet Holahop, dan Tarik tambang lumpur.

Paket wisata keliling desa

Paket wisata keliling desa ini menawarkan pengalaman berkeliling desa dengan delman. Di sini pengunjung bisa berkeliling desa Tembi, Desa Gabusan, dan Desa Manding. Ada banyak rute yang bisa dipilih. Harga yang dibaderol pun tergantung pada rute yang akan dilewati. Ada pula paket keliling desa dengan sepeda onthel dengan tarif Rp. 35.000,-/10 jam.

3 dari 5 halaman

Paket Desa Wisata Tembi Bantul

Paket wisata kuliner tradisional

Dalam paket ini peserta akan diajak membuat jajanan tradisional seperti kue sagon dan goreng pisang. Penduduk Dusun Tembi ini sendiri yang akan turun tangan langsung mengajari para peserta. Paket kuliner tradisional ini dikenakan tarif Rp. 20.000,-/orang. Pilihan paketnya antara lain adalah:

- Membuat Sagon

- Membuat Goreng Pisang

Paket wisata lainnya

Ada berbagai paket wisata lainnya yang ditawarkan desa wisata ini. Menurut laman resminya, Paket Kegiatan Desa Wisata Tembi ini dibanderol mulai Rp. 187.500/orang hingga Rp. 320.000/orang. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain:

- Membatik kain atau topeng

- Membuat kerajinan tempat pensil

- Membuat atau mewarnai tembikar

- Paket kesenian gejok lesung atau Angklung

- Membuat tempe kedelai

4 dari 5 halaman

Fasilitas di Desa Wisata Tembi Bantul

Homestay

Di kawasan Desa Wisata Tembi Jogja berdiri beberapa homestay yang disediakan untuk para wisatawan. Homestay di Desa Wisata Tembi Jogja berbentuk Joglo dan limasan, rumah adat khas Jawa. Homestay di desa ini menawarkan suasana pedesaan yang masih sangat kuat.

Homestay Desa Wisata Tembi juga memiliki fasilitas lengkap. Pengunjung dapat memilih homestay yang ber AC atau pun tidak ber AC. Setiap kamar bisa dikenai harga mulai dari Rp300 ribu hingga Rp750 ribu.

Kuliner

Di Desa Wisata Tembi Jogja pengunjung disuguhkan dengan menu kuliner khas pedesaan yang sederhana dan penuh nikmat. Menu makanan khas juga bisa dipilih pengunjung di Desa Wisata Tembi seperti sayur lodeh, sagon, gedang klutuk, bebek tembi, dan masih banyak lagi. Wisatawan juga bisa mencoba langsung membuat kuliner khas Bantul dalam program paket wisata kuliner tradisional

Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya atau Museum Rumah Budaya Tembi adalah tempat menyimpan dokumentasi sekaligus memberikan informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Museum Rumah budaya Tembi mempunyai beberapa koleksi yang variatif, berupa peralatan tradisional Jawa seperti tungku, dandang, keris, tombak, bajak, peralatan seni gamelan dan batik.

5 dari 5 halaman

Wisata dekat Desa Tembi Bantul

Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan terletak di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa Kasongan merupakan sentra kerajinan gerabah. Di sini pengunjung bisa menemukan beragam kerajinan gerabah mulai dari vas, piring, kendi, dan banyak lagi.

Pengunjung bisa membeli dan menawar langsung harga gerabah. Selan itu, ada pula workshop yang diselenggarakan warga sekitar untuk melihat dan merasakan langsung cara pembuatan gerabah.

Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding merupakan desa yang dikenal dengan produksi produk kulitnya. Di sini wisatawan bisa menemukan beragam produk yang terbuat dari kulit seperti tas, dompet, sabuk, jaket, gantungan kunci, topi, dan banyak lagi. Di sepanjang jalan desa ini, banyak ditemukan kios yang menawarkan hasil kerajinan. Desa Wisata Manding berada di Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul.

Pasar seni Gabusan

Pasar seni Gabusan merupakan pusat jual beli kerajinan dari puluhan sentra industri kerajinan yang tersebar di Bantul. Hampir semua kerajinan produksi Kabupaten Bantul tersedia di pasar ini. Pasar Seni Gabusan yang terletak di Jalan Parangtritis Kilometer 9 dibangun atas inisiatif Pemkab Bantul. Pasar didesain guna menampung aneka kerajinan produksi warga seperti halnya pasar Seni Sukowati di Bali.