Sukses

10 Manfaat Kedondong untuk Kesehatan, Kaya Vitamin

Liputan6.com, Jakarta Buah kedondong dikenal dengan rasanya yang masam. Buah ini kerap hadir dalam rujak atau diolah menjadi asinan. Buah tropis ini sangat mudah ditemukan dan dibudidayakan. Rasa asam yang dimiliki buah ini memberi sensasi segar tersendir bagi siapa pun yang menyantapnya.

Buah kedondong berwarna hijau dan keras ketika muda berubah kehijauan-kuning, kuning atau kuning keemasan ketika matang. Buah ini kaya serat dan air yang sangat menguntungkan untuk tubuh.

Di balik kesegarannya, buah kedondong memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin C, B, dan A yang menguntungkan bagi tubuh. Kedondonh juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan fosfor.

Konsumsi buah kedondong mampu meningkatkan kekebalan, mencegah penyakit, dan mengatasi masalah kesehatan tertentu. Kedondong tak hanya nikmat disantap namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut 10 manfaat buah kedondong yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan

Sehatkan pengelihatan

Kedondong merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dikenal perannya untuk kesehatan mata. Senyawa retinol dalam vitamin A bertanggung jawab untuk fungsi ini karena meningkatkan persepsi visual mata. VItamin A dalam kedondong mampu menyehatkan mata dan mengatasi masalah mata.

Kontrol kolesterol

Kedondong sangat kaya vitamin C yang bisa dirasakan dari rasa masamnya. Buah ini mengandung jumlah vitamin C yang baik yang membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Efek ini akan menyeimbangkan kadar kolesterol darah.

3 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan

Lancarkan pencernaan

Kedondong kaya akan serat makanan yang membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus. Buah ini mampu mengatasi sembelit. Kandungan air yang tinggi dari buah juga mencegah dehidrasi.

Bantu turunkan berat badan

Kedondong juga rendah lemak dan kalori. Serat makanan ekstra membantu menurunkan berat badan. Serat makanan dan air dalam kedondong juga membantu memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya, buah kedondong sangat penting untuk vitalitas dan daya tahan tubuh.

4 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan

Cegah penuaan dini

VItamin C pada kedondong juga memberi manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Vitamin C ini mampu melindungi molekul-molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, racun, atau polutan. Vitamin C juga mampu membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini karena membantu proses pembentukan kolagen.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C juga dikenal perannya sebagai pembangun sistem imun. Vvitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Nutrisi ini juga meningkatkan pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan.

5 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan

Atasi anemia

Kedondong juga merupakan sumber zat besi. mineral ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

Vitamin C pada kedondong juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang diserap dengan buruk, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Bantu sembuhkan batuk

Kedondong bisa jadi alternatif efektif untuk menyembuhkan batuk. Ada banyak kemungkinan penyebab batuk, yang meliputi alergi, sinusitis atau asma, serta pilek atau flu. Vitamin C pada kedondong mampu membantu menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh flu, alergi, atau merokok.

Cara menggunakan kedondong sebagai obat batuk adalah dengan memarut buah kedondong dan menyisihkan airnya. Tambahkan sedikit garam dan konsumsi tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

6 dari 6 halaman

Manfaat kedondong untuk kesehatan

Sehatkan jantung

Vitamin C dapat membantu mengurangi faktor-faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung. Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan kadar trigliserida. Vitamin C terbukti mampu mengontrol faktor-faktor ini dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

Kuatkan tulang

Kedondong juga mengandung fosfor yang penting untuk kekuatan tulang. Tubuh membutuhkan fosfor untuk banyak fungsi, seperti menyaring limbah dan memperbaiki jaringan dan sel. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Tubuh menggunakan fosfor untuk menjaga tulang dan gigi kuat dan sehat.

Vitamin C pada kedondong penting untuk pembentukan kolagen, fondasi yang menjadi dasar mineralisasi tulang. Vitamin C tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, tetapi juga membuat protein yang penting untuk ligamen, tendon, dan kulit. Selain itu, vitamin ini membantu menjaga tulang rawan di tulang dan gigi dua area yang membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS