Sukses

10 Jus Buah untuk Bantu Bikin Wajah Bercahaya, Bikin Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta Kulit bercahaya tanpa kusam merupakan dambaan semua orang khususnya wanita. Kulit kusam bisa disebabkan berbagai hal mulai dari gaya hidup tidak sehat, pola makan, polusi, dan radikal bebas. Memiliki kulit kusam pastinya akan membuatmu kurang percaya diri.

Ada berbagai produk yang bisa mengembalikan cahaya pada kulit. Produk ini seperti krim, sabun pencuci muka, atau masker. Namun, selain produk yang diaplikasikan langsung pada kulit, nutrisi dari dalam juga penting didapatkan.

Vitamin dan mineral dari dalam sangat penting untuk kesehatan kulit. Mengonsumsinya secara rutin mampu menutrisi kulit dan membuat kulit nampak bersih bercahaya.

Salah satu cara paling mudah mendapatkan nutrisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Sayur dan buah adalah sumber utamanya. Kamu bisa mengonsumsinya dengan beragam cara seperti dijus.

Sejumlah jus buah mampu mendukung pembentukan kulit cerah bercahaya. Buah-buah ini juga sangat mudah ditemukan dan dapat dikonsumsi setiap hari. Berikut 10 jus buah yang membantu membuat wajah lebih bercahaya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(11/2/2020).

2 dari 6 halaman

Jus Buah yang baik untuk kulit

Jus Wortel

Jus wortel tak hanya baik untuk fungsi pengelihatan, namun juga untuk kulit. Wortel mengandung vitamin A, yang melawan jerawat, keriput, pigmentasi, dan warna kulit tidak merata.

Jus ini kaya akan serat yang memudahkan buang air besar dan ekskresi, sehingga melancarkan metabolisme yang mendukung kulit sehat. Wortel juga mengandung vitamin C dan kalium yang meningkatkan elastisitas kulit dan membantu regenerasi sel-sel baru.

Jus Jeruk

Jeruk adalah sumber asam sitrat yang kaya yang membantu pembentukan kolagen dan elastin di kulit. Konsumsi jus jeruk membantu mengeringkan jerawat, meningkatkan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit kencang. Jeruk juga melembapkan kulit dan merawat kulit terbakar.

Jeruk engandung antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah pembentukan keriput dan kulit kendur, sehingga mengontrol penuaan kulit dini.

3 dari 6 halaman

Jus Buah yang baik untuk kulit

Jus Apel

Apel mengandung sejumlah besar kolagen yang membuat kulit elastis dan bercahaya. Jus apel juga mengandung antioksidan yang mencegah kulit dari penuaan dini, keriput, dan kerusakan jaringan kulit. Minum jus apel setiap hari mampu memenuhi asupan retinoid yang membuat kulit kencang dan kenyal. Apel juga membantu melindungi kulit dari sinar UV yang menyebabkan kulit kering dan kusam.

Jus Delima

Jus delima mengandung asam punicic dan asam lemak omega 3 yang menyegel kelembapan di kulit dan melembapkannya. Minum jus delima sesering mungkin untuk memperbaharui sel-sel kulit, mengencangkan kulit, dan mencegahnya dari penuaan dini.

Delima juga mengandung antimikroba alami dari vitamin C yang membantu melawan bakteri dan jamur di kulit. Efek ini mampu membantu mencegah dan mengobati jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

4 dari 6 halaman

Jus Buah yang baik untuk kulit

Jus Anggur

Anggur kaya akan antioksidan dan membantu menjaga kulit tetap muda dan bercahaya. Konsumsi anggur membantu melindungi kulit dari polusi dan kerusakan racun. Jus ini juga berguna dalam perbaikan kolagen. Anggur kaya akan vitamin C yang dapat mencegah keriput, bintik hitam, dan kulit kusam.

Jus Pepaya

Jus pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang membersihkan kulit dari kotoran dan menghasilkan kulit yang sehat dan cerah. Pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen yang dapat melawan tanda-tanda penuaan. Pepaya juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya juga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat atau masalah kulit lainnya.

5 dari 6 halaman

Jus Buah yang baik untuk kulit

Jus Pisang

Jus pisang mengandung kalium, vitamin E dan C yang dapat menyehatkan kulit. Nutrisi ini memperbaiki kulit kusam dan rusak dan menjaganya tetap terhidrasi. Pisang juga merupakan penginduksi tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik bisa mendukung kulit yang sehat dan bercahaya.

Pisang adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit. Vitamin A yang terkandung dalam pisang mengembalikan kelembaban yang hilang dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam, dan kering.

Jus Nanas

Jus nanas sangat baik untuk kulit sensitif dan meradang karena mengandung vitamin C yang menenangkan dan menyembuhkan. Jus nanas mengandung vitamin C dan beta karoten. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi keriput, memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, dan meminimalkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

6 dari 6 halaman

Jus Buah yang baik untuk kulit

Jus Timun

Timun kaya akan air yang ringan dikonsumsi dan membantu menghidrasi tubuh. Kandungan air tinggi mentimun sangat baik untuk kulit karena menjaga kulit tetap lembap. Timun juga kaya akan silika yang meningkatkan warna alami kulit dan mencerahkan. Mentimun mengandung kalium, magnesium, biotin, dan vitamin A, B1, dan C. Kandungan ini membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Jus Tomat

Jus tomat mengandung antioksidan likopen yang merupakan tabir surya alami yang melindungi kulit dari dalam. Konsumsi jus tomat mampu mengurangi jerawat, menghilangkan noda, dan mencegah penuaan dini. Tomat mengandung vitamin B-1, B-3, B-5, B-6, dan B-9.

Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Mereka dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.