Sukses

5 Cara Mengatasi Mata Kaki Hitam dan Kasar Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Mata kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang kerap kali terabaikan perawatannya. Apabila tidak dirawat dengan maksimal, mata kaki bisa menghitam dan kasar. Kondisi ini disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati, kering, dan tekanan berlebih pada kulit.

Mata kaki hitam dan kasar memang tidak mengganggu kesehatan tubuh. Namun, kondisi ini mengurangi keindahan kaki.

Beberapa orang kerap merasa kurang percaya diri ketika ingin tampil dengan alas kaki yang cukup terbuka, karena mata kaki hitam dan kasar. Untuk itu banyak orang yang melakukan berbagai cara demi mencerahkan mata kakinya.

Tak perlu khawatir, kini kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi kondisi tersebut. Berikut cara mengatasi mata kaki hitam dan kasar secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Melakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi mata kaki hitam dan kasar yang pertama dengan melakukan eksfoliasi. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati yang ada di kulit. Diketahui bahwa setiap harinya sel kulit akan mati dan berganti dengan sel baru yang sehat.

Apabila kamu tidak rutin membersihkannya, maka akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Hal ini akan membuat kulit di mata kaki menjadi menghitam bahkan kasar. Salah satu cara untuk mengatasinya agar kembali normal dengan melakukan eksfoliasi.

Metode pengelupasan kulit ini dapat mengangkat kulit mati yang menumpuk. Kamu bisa menggunakan scrub khusus kaki atau sikat khusus untuk kulit. Kamu dapat memilih scrub eksfoliasi yang mengandung asam glikolat, asam laktat, atau asam alfa-hidroksi.

Dianjurkan untuk menghindari bahan eksfoliasi kimia yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit kering dan rentan menyebabkan iritasi pada orang dengan kulit sensitif. Kamu juga dapat membuat scrub eksfoliasi sendiri dengan mencampurkan madu, air hangat, dan gula.

Cara menggukan scrub atau bahan eksfoliasi untuk mencerahkan dan menghaluskan mata kaki dengan mengoleskannya pada area kulit dengan gerakan memutar. Diamkan beberapa menit dan gosok menggunakan batu apung atau sikat lembut. Kemudian bilas bersih dan lakukan secara rutin.

3 dari 6 halaman

Merendam Kaki dengan Garam Epsom

Selain melakukan eksfoliasi, kamu bisa melakukan cara mengatasi mata kaki hitam dan kering dengan merendamnya ke dalam air garam. Dianjurkan menggunakan garam epsom untuk memutihkan dan menghaluskan mata kaki yang bermasalah ini.

Garam yang berasal dari daerah Epsom, Surrey, Inggris ini begitu populer digunakan sebagai bahan campuran untuk berendam karena memiliki sejumlah manfaat sehat. Manfaat tersebut didapat karena garam Epsom terdiri dari campuran dua mineral alami, yaitu magnesium sulfat dan oksigen. Jadi, garam ini tidak asin melainkan memiliki rasa yang pahit.

Untuk penggunaannya, garam tersebut dilarutkan ke dalam air dan nantinya garam akan melepas ion magnesium serta sulfat yang akan diserap oleh kulit. Magnesium sulfat yang terdapat pada garam Epsom ini mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembapkan kulit.

Siapkan satu baskom air hangat dan tuangkan setengah cangkir garam Epsom, kemudian aduk rata. Ketika merendamkan kaki ke dalamnya, sikat halus mata kaki untuk membantu pengangkatan sel kulit mati pada bagian tersebut.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Losion Pencerah dan Pelembap

Setelah melakukan eksfoliasi atau berendam, selanjutnya kamu perlu mengoleskan pelembap pada mata kaki agar tetap lembap. Bukan hanya dilakukan setelah eksfoliasi atau berendam, tetapi kamu bisa menggunakan pelembap sesering mungkin.

Cara ini cukup ampuh untuk proses memutihkan sekaligus melembapkan mata kaki yang hitam dan kering. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan pencerah kulit. Kamu diperbolehkan untuk sesering mungkin mengoleskan kedua jenis losion tersebut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pilih tekstur losion yang lebih kental dan mengandung pelembap ekstra. American Academy of Dermatology merekomendasikan produk pencerah kulit yang mengandung bahan aktif seperti kedelai, lignin, asam ellagic, atau vitamin B3.

5 dari 6 halaman

Mengaplikasikan Masker Alami

Ketika cara mengatasi mata kaki gelap dan kasar di atas, kamu bisa menambah perawatan dengan mengaplikasikan masker alami. Karena belum ada yang menjual masker khusus untuk mencerahkan mata kaki, maka kamu dapat membuatnya sendiri.

Kamu bisa menggunakan campuran yogurt, oatmeal, dan bengkuang. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat melembutkan, sementara oatmeal kaya akan antioksidan yang dapat mencerahkan.

Campurkan oatmeal secukupnya dengan dua sendok makan yogurt dan air hangat. Aduk merata, lalu tambahkan satu sendok makan putih telur. Oleskan pada permukaan mata kaki dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Untuk menggunakan bengkuang, kamu bisa menjadikannya mirip seperti pasta yang kental, lalu oleskan ke kulit. Kamu perlu melakukannya secara rutin, karena masker alami tidak dapat memberikan hasil instan.

6 dari 6 halaman

Menghindari Kebiasaan yang Bisa Membuat Mata Kaki Gelap dan Kasar

Selain melakukan tindakan memutihkan dan menghaluskan mata kaki, kamu juga perlu menghindari kebiasaan tertentu yang dapat membuat kulit di sekitar mata kaki jadi menghitam dan kasar.

Hindari kebiasaan penekanan berlebihan pada kulit mata kaki. Tekanan berlebihan pada kaki dapat membuat mata kaki menghitam dan kasar. Misalnya duduk dengan posisi bersila. Posisi duduk tersebut ternyata dapat memberi tekanan yang besar pada kulit kaki, khususnya mata kaki.

Untuk mencegah kondisi semakin parah, kamu bisa melakukannya sesekali alias jangan terlalu sering. Ketika ingin duduk dengan posisi tersebut, kamu bisa menggunakan bantalan seperti selimut atau kain berbahan lembut ketika harus duduk bersila.

Selain itu, pastikan tidak mengenakan alas kaki yang sempit untuk memudahkan proses menghaluskan dan mencerahkan mata kaki. Alas kaki khususnya sepatu yang ukurannya tidak sesuai dapat meningkatkan gesekan pada kulit mata kaki sehingga membuatnya rentan gelap bahkan kapalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.