Sukses

10 Makanan Kucing Anggora Buatan Sendiri, Mudah dan Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Makanan kucing anggora buatan sendiri sangat mudah dibuat. Menyiapkan makanan kucing anggora sendiri merupakan salah satu alternatif ketika harga makanan instan atau kemasan cenderung tinggi.

Selain membeli makanan kucing anggora dalam bentuk kemasan, kamu juga bisa membuat makanan kucing anggora buatan sendiri di rumah. Membuat makanan kucing anggora sendiri akan lebih terjamin penggunaan bahan-bahan yang aman dan tentunya mudah ditemukan.

Membuat makanan kucing anggora buatan sendiri tentunya tidak kalah menyehatkan dengan produk instan. Mengolah makanan kucing anggora sendiri di rumah dapat memastikan kebersihan dan keamanan penggunaan bahan-bahan yang digunakan.

Makanan untuk kucing anggora sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan kucing Persia atau makanan kucing kampung. Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan makan untuk kucing anggora adalah adanya kandungan pH rendah, magnesium rendah, rendah lemak, protein tinggi, vitamin, mineral, serta asam arakidonat.

Berikut beberapa makanan kucing anggora buatan sendiri yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Resep Ikan Tongkol

Bahan-bahan:

- Ikan tongkol yang sudah direbus dan disuwir-suwir.

- Wortel segar, yang sudah diparut (bisa direbus agar lebih steril dan bakteri mati).

- 1/3 cangkir oatmeal yang sudah dimasak.

Cara membuat makanan kucing anggora dengan ikan tongkol:

1. Apabila bahan-bahan tersebut sudah matang, campur ketiga bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk agar merata.

2. Makanan kucing anggora buatan sendiri siap disantap.

3. Simpan di dalam lemari pendingin atau kulkas agar tahan lama, sekitar kurang lebih 3 hari.

 

3 dari 8 halaman

Resep Ikan Tuna

Bahan-bahan:

- Ikan tuna segar rebus, kira-kira 1 cangkir.

- Beras merah yang sudah masak, 1 sendok makan.

- Sunflower oil, 1 sendok makan.

- Air rebusan ikan atau air biasa, 1-2 sendok makan.

Pastikan tidak memasak ikan atau daging terlalu lama karena akan mengurangi kandungan nutrisi di dalam bahan-bahan tersebut.

Cara membuat makanan kucing anggora ikan tuna:

1. Campurkan semua bahan dengan menggunakan mesin giling seperti blender dan berikan segera kepada kucing anggora kamu sesuai dengan porsinya.

2. Kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin atau kulkas agar tahan lebih lama sekitar 3 hari.

 

4 dari 8 halaman

Resep Daging Ayam

Bahan-bahan:

- Daging ayam rebus, kira-kira 1 cangkir.

- Brokoli dan wortel yang dikukus atau di steam, sekitar 1/4 cangkir.

- Air rebusan daging ayam, secukupnya.

Cara membuat makanan kucing anggora daging ayam:

Campurkan semua bahan dengan menggunakan blender. Apabila masih panas, dinginkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan sebelum disajikan.

5 dari 8 halaman

Resep Daging Sapi

Bahan-bahan:

- Daging sapi rebus, sekitar 1 cangkir.

- Beras merah masak, setengah cagkir.

- Kentang yang sudah dikukus atau direbus, 1/4 cangkir.

- Air rebusan daging.

Cara membuat makanan kucing anggora daging sapi:

Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender. Kamu juga bisa menambahkan sedikit keju ke dalam campuran tersebut.

6 dari 8 halaman

Burger Tuna

Bahan-bahan:

- 1 kaleng tuna tanpa garam.

- Hati ayam rebus.

- 2 batang pasrsely.

- Nasi secukupnya.

Cara membuat makanan kucing anggora burger tuna:

Campurkan semua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air. Lalu bentuk bulatan sebesar kelereng. Simpan di dalam freezer agar tahan lama. Berikan pada kucing dalam keadaan tidak dingin.

7 dari 8 halaman

Keju

Makanan kucing anggora selanjutnya adalah keju. Keju bisa dijadikan sebagai pakan tambahan saja. Keju untuk makanan kucing anggora sangat baik karena memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang mampu membantu pertumbuhan tulang kucing.

Untuk memudahkan kucing anggora menyantap keju, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan lain. Misalnya saja dicampur dengan daging atau ikan.

8 dari 8 halaman

Makanan Kucing Anggora Lainnya

Royal Canin

Makanan kucing anggora dalam kemasan pertama yang bisa digunakan adalah Royal Canin. Makanan instan buatan pabrik ini banyak dijual di toko hewan, swalayan, maupun toko online.

Rata-rata makanan buatan pabrik terdiri dari dua pilihan, kering dan basah. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Royal Canin merupakan makanan kucing yang sangat poopuler di kalangan pecinta kucing.

Merek makanan kucing ini sudah menyesuaikan gizi yang dibutuhkan kucing, sehingga ada kemasan khusus untuk induk kucing yang sedang hamil, anak kucing, dan kucing menyusui.

Whiskas

Whiskas merupakan salah satu makanan kemasan untuk kucing yang sangat populer. Di dalam makanan kucing Whiskas ini mengandung gizi dan protein yang cukup baik. Namun, enggak semua kucing cocok dengan produk makanan ini. Dengan begitu kamu bisa mengganti produk makanan lain.

Me-O

Makanan kucing anggora berikutnya yang bisa diberikan adalah Me-O. Kandungan gizi dan nutrisi pada Me-O tidak kalah bagus dengan merek lainnya. Makanan ini cocok untuk kucing yang memiliki bulu lebat seperti Persia dan Anggora.

Memberikan makanan ini pada kucing kamu, akan mencegah kerontokan pada bulu kucing dan cocok dikonsumsi oleh kucing yang sedang hamil.

Pro Plan

Makanan kemasan selanjutnya yang bisa dikonsumsi kucing anggora adalah Pro Plan. Makanan kucing ini cenderung memiliki harga yang relatif cukup tinggi dibandingkan yang lainnya.

Namun, kebanyakan orang Eropa menggunakan merek ini sebagai pakan utama kucing anggora. Hal ini dikarenakan produk ini diyakini mampu mempercepat pertumbuhan kucing menjadi cepat besar dan gemuk.

Selain itu, kamu juga memberikan makanan kucing yang kaya nutrisi dan gizi seimbang. Muezza, makanan kucing terbaik yang mengandung ekstrak Yucca Schidigera dan sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain itu Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Ada lima varian Muezza seperti, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.