Sukses

7 Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil dan Janin, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat buah naga merah untuk ibu hamil. Manfaat buah naga merah ini didapat dari tingginya nutrisi yang dimiliki di dalamnya. Kenapa buah naga merah yang baik untuk ibu hamil?

Buah naga memiliki dua jenis yang paling umum ditemui, yaitu buah naga merah dan putih. Perbedaan warna ini terletak pada daging buah di dalamnya. Keduanya sama-sama kaya nutrisi seperti terdapat vitamin C, serat, karbohidrat, antioksidan, karoten, zat besi, dan riboflavin.

Namun, buah naga merah memiliki kandungan nutrisi berlebih atau lebih tinggi dibandingkan buah naga putih. Maka tidak heran manfaat buah naga merah untuk ibu hamil bisa dirasakan guna menjaga kesehatan di masa kehamilan.

Walaupun buah naga merah lebih unggul untuk ibu hamil, namun buah naga putih sama baiknya untuk dikonsumsi. Anda bisa memilih satu di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda bertujuan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, maka Anda bisa memilih buah naga merah yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi.

Tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan atau mengonsumsi bergantian keduanya setiap harinya, karena keduanya sebenarnya memiliki manfaat buah naga yang menguntungkan. Berikut manfaat buah naga merah untuk ibu hamil yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020).

2 dari 9 halaman

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil pertama dapat dijadikan sebagai sumber vitamin C. Mencukupi kebutuhan vitamin C selama kehamilan sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Vitamin C dibutuhkan bagi janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah. Vitamin ini dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Namin, Anda perlu bijak dalam mengonsumsi vitamin C selama masa kehamilan. Kelebihan vitamin C selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

3 dari 9 halaman

Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat

Di masa kehamilan, wanita hamil dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat sebesar 9 hingga 11 porsi per harinya. Karbohidrat berfungi sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan janin.

Anda bisa menjadikan buah naga merah sebagai sumber karbohidrat alami yang menyehatkan. Buah naga mengandung sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda dapat mencoba makanan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi, roti gandum, sereal, dan sayuran.

4 dari 9 halaman

Mencukupi Kebutuhan Folat

Selain karbohidrat, buah naga juga memiliki folat. Senyawa ini merupakan salah satu nutrisi yang harus tercukupi pada ibu hamil. Fungsi folat bagi ibu hamil untuk membentuk sel darah merah dan menghindari bayi dari cacat tabung saraf. Dengan demikian, kecukupan folat untuk ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan.

5 dari 9 halaman

Tinggi Antioksidan

Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin.

Manfaat buah naga ini didapat dari adanya kandungan antioksidan berupa betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain buah naga, Anda dapat memenuhi kebutuhan antioksidan dari sayuran dan buah lain seperti apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, dan tomat.

6 dari 9 halaman

Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil berikutnya dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi. Zat penting sangat penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, mengonsumsi zat besi yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil.

7 dari 9 halaman

Mencukupi Kebutuhan Serat

Wanita hamil juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan serat selama masa kehamilan. Serat sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun.

Buah naga merah bisa Anda jadikan sebagai sumber serat sehat. Pada buah naga mengandung sedikitnya 3 gram serat per 100 gramnya. Untuk mencukupi tambahan serat, Anda bisa mengonsumsi makanan berserat lainnya seperti sereal dan roti dari gandum utuh.

8 dari 9 halaman

Sumber Nutrisi Lain

Selain beberapa nutrisi penting di atas, manfaat buah naga merah untuk ibu hamil bisa didapat lewat riboflavin yang ada di dalamnya. Riboflavin berguna untuk membantu tubuh menghasilkan energi.

Riboflavin dibutuhkan janin untuk membantu pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi. Selain itu, buah naga juga mengandung tiamin yang dibutuhkan oleh janin. Senyawa ini diperlukan janin untuk membantu perkembangan otak.

Seluruh kandungan nutrisi pada buah naga sangat membantu ibu hamil melalui masa kehamilannya dengan tetap sehat dan kuat.

9 dari 9 halaman

Cara Mengonsumsi Buah Naga saat Masa Kehamilan

Buah naga memiliki bentuk unik dan memiliki warna daging yang bervariasi. Berkat keunikannya ini, Anda bisa mengolah buah naga menjadi santapan lezat agar tidak membosankan.

Selain dimakan langsung atau diolah menjadi jus segar, Anda bisa berkreasi dengan mencampurkan buah naga ke dalam yogurt atau membuatnya menjadi salad buah. Walaupun manfaat buah naga sangat banyak, namun kamu perlu mengonsumsinya dengan cukup.

Pastikan tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah naga agar tidak terjadi masalah kesehatan yang tak diinginkan.