Sukses

10 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Manfaat cuka apel untuk wajah sudah semakin dikenal dan sudah banyak yang membuktikan hasil baiknya. Tak heran, semakin banyak orang yang penasaran dan ikut menggunakan perawatan wajah dengan menggunakan cuka apel. 

Cuka apel terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Proses ini mengubah gula dan pemanis dalam apel menjadi alkohol. Proses fermentasi kedua mengubah alkohol menjadi cuka.

Manfaat cuka apel untuk wajah didapat karena mengandung enzim, bakteri, pectin, dan mineral yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Berikut manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/2/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Menenangkan Kulit yang Bermasalah

Manfaat cuka apel untuk wajah pertama adalah mampu menenangkan kulit yang bermasalah. Manfaat ini didapat dari adanya kandungan zat antiinflamasi atau antiperadangan yang berperan dalam menenangkan kulit yang bermasalah.

Selain itu, cuka apel juga mengandung asam asetat yang berperan dalam melembutkan kulit.

Menjadi Bahan Eksfoliasi dan Mengurangi Bercak Penuaan

Manfaat cuka apel untuk wajah berikutnya adalah dapat berperan mengelupas kulit, karena mengandung asam hidroksi alfa (AHA) yang merupakan eksfoliator kimia. Ini membuatnya dapat menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan memperlihatkan sel-sel kulit baru yang sehat.

Melakukan perawatan rutin menggunakan cuka apel ini maka akan terlihat perbedaan pada bercak penuaan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Mengurangi Bintik Hitam di Wajah

Manfaat cuka apel untuk wajah lainnya adalah dapat mengurangi bintik hitam. Manfaat ini didapat karena cuka apel mengandung asam alfa hidroksil yang dapat menghilangkan kulit mati dan memunculkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Cuka apel juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan meminimalkan garis-garis halus dan kerutan. Cara menggunakannya dengan mencampurkan cuka apel dengan air, lalu usapkan pada wajah.

Kemudian diamkan selama 30 menit hingga wajah terasa kering, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin dua kali sehari selama 6 minggu untuk melihat perbedaannya.

Mencegah Kerutan

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai pengganti perawatan wajah atau skincare untuk wajah. Cuka apel dapat membantu mencegah penuaan dini secara efektif, khususnya untuk mencegah kerutan wajah.

Cara menggunakannya dengan mengambil sedikit cuka apel pada ujung cotton ball dan oleskan langsung pada wajah yang berkerut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali dalam sehari selama 6 minggu hingga kamu merasakan perubahannya.

4 dari 6 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Mencegah Munculnya Jerawat

Cuka apel bekerja sebagai zat alami, menghilangkan kotoran, minyak dan debu dengan menggunakan kapas. Kulit akan terasa lebih halus dan dapat membantu mengurangi garis-garis halus. Cuka apel juga dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit.

Memudarkan Bekas Jerawat

Cuka apel mengandung asam suksinat yang dapat membantu proses pengelupasan kulit mati. Selain itu, senyawa ini dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Hal ini akan menjadikan jaringan parut tidak akan terbentuk pada wajah. Asam laktat cuka apel juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat. Manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya dengan melarutkan beberapa tetes cuka apel dengan air, lalu oleskan pada bekas jerawat. Kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Membersihkan Pori-pori

Manfaat cuka apel untuk wajah selanjutnya dapat membersihkan pori-pori. Manfaat ini didapat karena cuka apel memiliki sifat astringen, yang membantu dalam meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengecilkan pori-pori.

Cuka apel cocok bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Sebab cuka apel diyakini dapat mengatur tingkat pH pada kulit. Manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya dapat dialkukan dengan mencampurkannya dengan air.

Setelah cuka apel dicampur air, lalu saring ke dalam wadah. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Oleskan larutan pada wajah menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali atau dua kali dalam sehari.

Mengencangkan Kulit

Melansir dari Healthline, cuka apel dapat dijadikan sebagai toner dan cuci wajah. Cuka apel dapat mencegah kerusakan dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Kamu dapat mengoleskan secara langsung cuka apel pada wajah, namun jika dirasa kulit terasa terbakar, coba encerkan terlebih dahulu cuka apel dengan takaran aor yang lebih banyak.

6 dari 6 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Menghilangkan Kutil di Wajah

Manfaat cuka apel untuk wajah berikutnya adalah untuk menghilangkan kutil. Keberadaan kutil sangat sulit untuk dihilangkan. Namun kamu bisa menghilangkan kutil yang membandel dengan menggunakan cuka apel.

Caranya campurkan cuka apel dengan air, kemudian rendam kapas atau kain lembut. Kompreskan pada bagian wajah yang terdapat kutil. Lakukan perawatan ini beberapa kali secara rutin.

Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Manfaat cuka apel terkenal ampuh untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar. Akibat paparan sinar matahari, wajah dapat terasa terbakar. Apabila kamu mengalami kondisi tersebut, kamu bisa meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhannya dengan menggunakan cuka apel.

Cara menggunakannya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan empat gelas air. Celupkan kain ke dalam air campuran, lalu oleskan ke kulit yang terbakar sinar matahari. Ulangi cara ini beberapa kali sehari secara berkala hingga kondisi wajah membaik.