Sukses

5 Tips Menyimpan Kentang agar Tidak Berubah Warna Setelah Dikupas

Liputan6.com, Jakarta Kentang merupakan salah bahan makanan yang paling banyak diolah menjadi masakan lezat. Selain menjadi masakan sehari-hari, kentang juga bisa dijadikan sebagai camilan enak dan menyehatkan.

Dikarenakan kentang dapat diolah menjadi beragam makanan, tak jarang sebagian orang kerap mengupas kentang. Ketika kentang yang sudah dikupas dan tidak langsung diolah, biasanya akan berubah warna menjadi kecokelatan.

Kentang bisa berubah warna menjadi kecokelatan karena adanya browning enzymatic, yaitu proses oksidasi dari enzim peroksidase dan katalase di dalamnya. Kentang yang berubah warna menjadi kecokelatan ini memang tidak akan mengubah rasa, namun akan merusak penampilan.

Kini kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menyimpan kentang yang sudah dikupas tanpa perlu takut warnanya berubah menjadi kecoklatan. Berikut tips menyimpan kentang yang sudah dikupas agar tidak berubah warna yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/2/2020). 

2 dari 6 halaman

Merendam Kentang ke dalam Air Lemon

Tips menyimpan kentang agar tidak berubah warna setelah dikupas dengan merendamnya ke dalam air perasan lemon. Air lemon memiliki sifat asam atau memiliki kadar pH yang rendah, sehingga dapat mencegah kentang berubah warna menjadi kecokelatan setelah dikupas.

Cara melakukannya dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam air secukupnya dan rendam kentang selama beberapa saat. Tips ini cukup ampih untuk mencegah kentang berubah kecokelatan setelah dikupas.

Namun, tips ini memberikan rasa asam pada kentang yang sudah kamu kupas. Jadi, kamu harus sesuaikan takaran lemon dan air campurannya dengan jumlah kentang yang akan direndam.

3 dari 6 halaman

Merendam Kentang dalam Larutan Air Garam dan Kapur Sirih

Tips menyimpan kentang yang sudah dikupas agar tidak berubah warna berikutnya dengan merendamnya ke dalam air garam dan kapur sirih. Merendam kentang yang sudah dikupas ke dalam larutan air garam dan kapur sirih dapat membantu menjaga warna kentang agar tidak berubah menjadi kecokelatan.

Selain itu, keunggulan merendam kentang dengan cara ini dapat menjadikannya lebih gurih ketika diolah. Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan garam halus dan datu sendok makan air kapur sirih ke dalam satu liter air.

Setelah itu, kamu bisa merendam kentang yang telah dikupas ke dalam larutan campuran larutan tersebut. Kamu bisa merendam kentang selama kurang lebih satu jam.

4 dari 6 halaman

Merebus Kentang ke dalam Air Mendidih

Tips menjaga kualitas kentang agar tidak berubah warna setelah dikupas selanjutnya dengan merebusnya ke dalam air yang mendidih. Cara melakukannya, kamu bisa merebus kentang yang masih belum dikupas kulitnya ke dalam air mendidih.

Cukup lakukan sekitar 1-2 menit saja. Cara ini sangat ampuh untuk menjaga kentang agar tidak berubah warna. Hal ini dikarenakan paparan suhu panas saat merebus kentang akan menghancurkan enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam kentang, sehingga kentang tidak akan berubah menjadi kecokelatan setelah dikupas.

Setelah merebusnya sebentar di air mendidih, rendam kentang yang sudah direbus ke dalam air dingin. Air dingin berfungsi untuk menghentikan proses pemasakan kentang, sehingga kentang tidak akan menjadi matang dan lembek. Setelah benar-benar dingin, kentang sudah bisa dikupas dan diolah menjadi masakan.

 

5 dari 6 halaman

Merendam dengan Air Dingin

Tips menyimpan kentang yang sudah dikupas agar tidak berubah warna selanjutnya dengan merendamnya dengan air dingin dan beberapa buah es batu. Air dengan temperatur rendah berfungsi memperlambat proses oksidasi di dalam kentang sehingga kesegarannya dapat bertahan hingga enam jam.

Selain menjaga warna kentang yang sudah dikupas tetap segar, proses perendaman dengan air dingin dapat memepertahankan tekstur renyahnya sehingga lebih nikmat saat disajikan.

6 dari 6 halaman

Mencuci Kentang dengan Air Mengalir

Kentang memiliki kandungan tepung yang cukup tinggi. Kandungan tepung pada kentang inilah yang membuatnya rentan mengalami perubahan warna ketika terkena udara. Untuk mencegahnya berubah warna, kamu bisa merendam kentang hingga muncul buih-buih kusam di permukaan kentang.

Setelah itu cuci kembali selama berulang-ulang dengan air mengalir. Cara ini dilakukan agar agar tepung di dalam kentang larut sehingga warnanya tetap segar meski didiamkan dalam waktu yang lama.