Sukses

7 Manfaat Lemon bagi Ibu Hamil, Bisa Mengatasi Mual

Liputan6.com, Jakarta Lemon memiliki banyak kandungan zat gizi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mineral, polifenol, terpene, aneka vitamin, dan lain sebagainya. Sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil. 

Wanita yang sedang hamil tetap diperbolehkan mengonsumsi lemon, asalkan tidak berlebihan. Apabila Anda mengonsumsi lemon berlebihan bisa menyebabkan proses detoksifikasi yang terlalu cepat dan akan berdampak kurang baik bagi ibu hamil.

Namun, agar mengonsumsi lemon saat hamil tetap aman, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini berguna untuk memastikan apakah kondisi tubuh memmungkinkan menerima dan minum olahan lemon.

Terlebih bagi Anda yang memiliki keluhan pada sistem pencernaan dan mempunyai keluhan setelah mengonsumsi lemon. Ketika Anda memiliki kondisi tersebut, Anda perlu menghentikan konsumsinya.

Namun, bagi Anda yang sudah diperbolehkan mengonsumsi lemon saat hamil, Anda dapat merasakan manfaat lemon bagi ibu hamil. Berikut manfaat lemon bagi ibu hamil yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/2/2020).

2 dari 8 halaman

Mengatasi Mual

Manfaat lemon bagi ibu hamil pertama adalah dapat membantu mengatasi mual. Menurut American Pregnancy Association, lemon dapat digunakan untuk mengatasi mual di trimester pertama.

Mengonsumsi segelas air lemon hangat dapat meredakan mual. Walaupun begitu, penting untuk memastikan kondisi lambung Anda tidak sedang dalam masalah. Walaupun lemon tidak mengandung asam yang berlebih, namun Anda tetap perlu memastikan kondisi lambung agar tidak terjadi komplikasi.

3 dari 8 halaman

Mencegah Sembelit

Manfaat lemon bagi ibu hamil berikutnya adalah mencegah sembelit. Minum air lemon dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Apabila pencernaan sudah terjaga dengan baik, maka Anda dapat mencegah terjadinya sembelit.

Air lemon dapat menstimulasi organ hati dan meningkatkan gerakan peristaltis sehingga membantu tubuh mengeluarkan kotoran dengan lebih optimal.

4 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Air lemon kaya magnesium dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tulang ibu, tetapi juga janin yang sedang dalam kandungan. Adanya senyawa kalium pada lemon sangat baik bagi sel-sel otak dan saraf bayi.

5 dari 8 halaman

Mengatasi Kaki Bengkak

Manfaat lemon bagi ibu hamil lainnya dapat membantu mengatasi kaki bengkak. Kondisi ini memang sering kali terjadi pada ibu hamil. Kaki bengkak atau edema sangat tidak nyaman dan tidak sehat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kaki bengkak saat hamil Anda bisa mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan air perasan lemon. Selain itu, lemon juga dapat membantu meredakan sakit dan nyeri.

6 dari 8 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada lemon berguna untuk meningkatkan mekanisme tubuh melawan bakteri dan virus. Hal ini akan menjaga kekebalan tubuh bisa lebih baik. Anda pun tidak akan mudah sakit atau terserang penyakit seperti flu dan pilek.

7 dari 8 halaman

Mengurangi Kolesterol

Manfaat lemon bagi ibu hamil lainnya adalah mengurangi kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin di dalam lemon yang dapat memperkuat pembuluh darah. Hal ini pun dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dapat terjaga dengan baik.

8 dari 8 halaman

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Air perasan lemon memiliki efek diuretik dan dapat membantu menjaga kesehatan fungsi ginjal serta mencegah terjadinya infeksi saluran kemih pada ibu hamil.