Sukses

Sama-sama Sakit dan Dirawat, Kakek Ini Tetap Suapi Istrinya yang Terbaring Lemah

Liputan6.com, Jakarta Melihat pasangan setia sampai kakek nenek, tentu membuat semua orang iri. Meski sudah berusia lanjut, mereka tetap harmonis dan menyatakan hidup semati. 

Baru-baru ini beredar sebuah video yang menunjukkan pasangan lansia mengucapkan selamat tinggal satu sama lain. Video itu membuat haru warganet. Awalnya diduga, keduanya menderita virus Corona sehingga harus dirawat di salah satu rumah sakit di China. 

Video yang pertama kali muncul di Douyin (TikTok China) itu menunjukkan pasangan yang saling memegang tangan satu sama lain. Keduanya dipisahkan oleh ranjang rumah sakit. Pasangan kakek nenek itu terlihat saling bertatapan saat sang istri berjuang untuk bernapas.

Kali pertama video itu disebarkan oleh Jiang Wei, Juru Bicara Kedutaan Besar China di Panama lewat Douyin (Tiktok China).

 

Catatan:

Isi artikel telah diedit dengan menambahkan penelusuran fakta terkait video pasangan lansia di masa-masa akhir hidupnya. Awalnya video ini diklaim berkaitan dengan pasien virus corona Covid-19, tapi nyatanya penyakit keduanya bukan akibat virus corona. Klaim Juru Bicara Kedutaan Besar China di Panama Jiang Wei tidak sesuai fakta sebenarnya.

2 dari 4 halaman

Sama-sama menderita penyakit

Menurut Red Star Video, adegan itu terjadi di unit perawatan intensif di Rumah Sakit Rakyat No. 3 Xindu di Chengdu, provinsi Sichuan pada 30 Januari. Pria tua dilaporkan bernama Zhang (85) dan dirawat di rumah sakit pada 16 Januari karena penyakit jantung koroner, penyakit obstruksi paru kronis (PPOK), dan kanker paru-paru dengan metastasis tulang.

Sementara istrinya, Wen, awalnya menderita Alzheimer. Kemudian dilaporkan dirawat pada hari berikutnya setelah kesulitan untuk bernapas dan tiba-tiba pingsan.

"Setelah aku pergi, aku tak akan pernah melihatnya lagi. Aku ingin melihatnya," kata Zhang pada anak-anaknya.

3 dari 4 halaman

Kakek Suapi Istrinya yang Tak Mau Makan

Meski sama-sama sakit, sang kakek tetap setia menunggu sang istri yang terbaring lemah di ranjangnya. Salah satu tindakan manisnya kala sang istri tak mau dibujuk makan oleh para perawat.

Melihat hal itu, sang kakek pun bergerak mendekati ranjang sang istri. Masih dipasang selang infus, sang kakek berusaha menyuapi istri tercintanya itu. Setelah beberapa kali dibujuk, istrinya akhirnya mau membuka mulut. Dengan penuh kelembutan dan cintanya yang besar, sang suami menyuapi istrinya.

4 dari 4 halaman

Buat Menangis Tim Medis dan Netizen

Aksi kakek yang penuh kelembutan dan cintanya yang besar, membuat beberapa staf medis yang menyaksikan meneteskan air mata. Momen mengharukan di video itu kemudian menjadi viral di China sejak diunggah pada Selasa (11/2/2020) di YouTube.

Netizen banyak yang ikut terharu dan bahkan menangis menyaksikan pria tua itu menyuapi istrinya dengan penuh cinta. Meski tak diketahui pasti berada di rumah sakit mana, netizen ramai-ramai memberikan doa agar keduanya cepat pulih.