Sukses

6 Dampak Buruk Mencabut Bulu Hidung bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Setiap anggota tubuh memiliki fungsinya masing-masing yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Salah satunya adalah bulu hidung yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk.

Di dalam hidung terdapat bulu halus yang terdiri dari vibrissae dan mikroskopik silia yang berperan dalam menyaring lendir serta kotoran berbahaya agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan. 

Ini penting bagi kesehatan, karena gagalnya penyaringan udara yang masuk dapat berakibat infeksi pada paru-paru. Namun, bulu-bulu hidung sering tumbuh memanjang tidak bersamaan bahkan tumbuh lebat hingga keluar lubang hidung.

Kondisi ini membuat sebagian orang langsung mencabut bulu hidung tanpa pikir panjang. Di balik kebiasaan tersebut, ternyata dapat berujung pada masalah kesehatan. Bulu hidung memang kecil, relatif lebih sedikit, dan tidak terlihat. Namun bulu hidung memiliki fungsi yang sangat vital.

Mengingat perannya yang sangat berarti bagi tubuh, untuk itu kamu perlu menghentikan kebiasaan mencabut bulu hidung. Karena ada beberapa dampak buruk dari kebiasaan mencabut bulu hidung bagi kesehatan.

Berikut dampak buruk mencabut bulu hidung bagi kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020).

2 dari 8 halaman

Kegunaan Bulu Hidung

Setiap bagian tubuh pada manusia tentunya memiliki kegunaan atau fungsi. Begitu juga dengan bulu hidung yang memiliki fungsi sangat penting. Organ yang memiliki nama lain silia ini merupakan perisai yang melindungi kesehatan paru-paru.

Ketika kamu menarik napas, bulu hidung akan bertugas menyaring segala partikel yang ikut terhirup. Dalam hal ini, bulu hidung akan menyaring partikel berbahaya dan membiarkan udara lewat.

Dibantu oleh lendir, bulu hidung akan memerangkap partikel berbahaya yang terhirup agar tidak sampai ke paru-paru. Partikel tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran atau upil.

Apabila kamu memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung, maka fungsi tersebut akan terganggu. Selain itu, kamu juga akan berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kesehatan yang tidak diinginkan.

 

3 dari 8 halaman

Nyeri dan Iritasi

Dampak buruk mencabut bulu hidung yang pertama adalah nyeri dan iritasi. Kebiasaan mencabut bulu hidung terlalu sering akan membuat bagian dalamnya menjadi rentan untuk dihinggapi kuman penyebab penyakit. Hal ini merupakan awal mula terjadinya infeksi saluran pernapasan.

4 dari 8 halaman

Mimisan

Dampak buruk mencabut bulu hidung berikutnya adalah mimisan. Pada bulu hidung yang dicabut dengan keras atau secara paksa dapat menyebabkan perdarahan atau mimisan. Kondisi ini khususnya terjadi jika kamu mencabut bulu hidung yang memang bersenggolan dengan pembuluh darah di dalam hidung.

5 dari 8 halaman

Infeksi Otak

Dampak buruk mencabut bulu hidung yang paling berat adalah infeksi otak. Hal ini dikarenakan daerah sekitar hidung dan mulut merupakan bagian tubuh dengan struktur anatomi yang unik dan kompleks.

Area ini kaya akan pembuluh darah balik (vena), di mana aliran darah dari hidung dan otak bertemu dan bermuara di sinus kavernosus di otak. Selain itu, ketika kamu mencabut bulu hidung hingga menyebabkan perdaraha, juga bisa menjadi sarang bagi bakteri.

Hal ini dikarenakan darah merupakan media yang sangat baik untuk tumbuhnya bakteri. Bakteri yang berkembang biak tersebut dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menjalar ke otak, menyebabkan gumpalan di pembuluh darah otak dan sinus kavernosus.

Kondisi ini akan mengakibatkan infeksi selaput otak (meningitis) dan abses otak (infeksi di dalam otak). Inilah sebabnya daerah hidung dan mulut sering disebut sebagai triangle of death atau segitiga kematian.

6 dari 8 halaman

Radang Paru-paru

Ketika bulu hidung dicabut, kamu juga akan kehilangan faktor pertahanan terhadao debu dan kotoran dalam udara yang dihirup. Ini akan mengakibatkan berbagai kotoran akan mudah masuk ke dalam saluran pernapasan dan memicu peradangan saluran pernapasan, termasuk radang paru-paru.

7 dari 8 halaman

Bisulan

Kebiasaan memasukkan tangan yang kotor ke dalam lubang hidung untuk mencabut bulu yang kepanjangan bisa menjadi jalan masuk kuman untuk singgah dan berkembang biak. Salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat hal ini adalah bisul yang tumnuh di dalam hidung.

8 dari 8 halaman

Ingrown Nose Hair

Mencabut bulu hidung terlalu sering dapat membuat pertumbuhan bulu tersebut mengalami masalah. Bulu hidung yang bermasalah tidak akan tumbuh ke arah luar, justru akan masuk ke dalam kulit. Keadaan ini dapat menyebabkan peradangan pada hidung.

 

Loading