Sukses

10 Manfaat Membayar Pajak untuk Diri Sendiri dan Negara

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam manfaat membayar pajak yang bisa kamu rasakan, baik untuk diri sendiri ataupun negara sekaligus. Bukan tanpa alasan seseorang diwajibkan untuk membayar pajak.

Pajak merupakan kontribusi wajib rakyat kepada negara, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pembayaran pajak merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang menyumbang sekitar 70% dari seluruh penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan.

Namun, banyak masyarakat yang belum taat membayar pajak dikarenakan minimnya informasi masyarakat mengenai manfaat pajak. Agar kamu lebih peduli dan taat membayar pajak, kamu perlu mengetahui manfaat membayar pajak terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan menyadari pentingnya membayar pajak.

Berikut manfaat membayar pajak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Membayar Pajak

Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Manfaat membayar pajak yang bisa kamu rasakan dan dampaknya untuk negara adalah dapat terciptanya beraga, infrastruktur dan fasilitas umum. Pembuatan jalan, pembangunan jembatan, sekolah, tol hingga rumah ibadah merupakan beberapa jenis infrastruktur dan fasilitas umum yang telah dibangun dari sebagian alokasi dana penerimaan pajak.

Adanya beberapa infrastruktur dan fasilitas umum ini akan membuat kamu lebih dimudahkan. Misalnya saja untuk bepergian antar kota tau antar provinsi, akan semakin mudah dengan melintasi jembatan yang telah tersedia berkat taat membayar payak.

Fasilitas Pendidikan

Manfaat membayar payak berikutnya adalah banyaknya beragam fasilitas pendidikan yang bisa dinikmati. Program-program pemerintah dari segi pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bidik Misi dan Bantuan Operasional (BOS) merupakan deretan manfaat membayar pajak dari segi pendidikan yang bisa kamu rasakan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Membayar Pajak

Pengembangan Transportasi Umum

Tersedianya fasilitas angkutan umum di setiap wilayah merupakan salah satu manfaat membayar pajak yang bisa kamu rasakan keberadaannya. Pemerintah menyediakan fasilitas transportasi umum yang baik, nyaman, serta harga yang terjangkau untuk masyarakat guna mengatasi kemacetan serta masalah terkait angkutan umum lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi menjadi beralih dan tertarik untuk menggunakan transportasi umum.

Fasilitas Kesehatan

Manfaat membayar pajak lainnya adalah fasilitas kesehatan yang bisa kamu rasakan. Sebagian hasil penerimaan pajak dialokasikan pada bidang kesehatan untuk menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil Kurang Energi Kronis (KEK) serta balitas kurus yang kekurangan gizi.

Selain itu, membayar pajak juga berguna untuk meningkatkan pelayanan dan mutu rumah sakit serta pembiayaan JKN/KIS bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Membayar Pajak

Keamanan dan Ketertiban

Manfaat membayar pajak lainnya adalah dapat merasakan sebuah keamanan dan ketertiban. Dana penerimaan pajak digunakan untuk pengadaan senjata atau kendaraan tempur serta melakukan modernisasi di segala aspek keamanan darat, air, hingga udara.

Hal ini bertujuan untuk melindungi negara agar kekayaan yang dimiliki di dalamnya dapat terjaga, tidak mudah diambil secara ilegal oleh pihal asing atau teroris.

Usaha Menjadi Lebih Profesional

Apabila kamu memiliki usaha atau bisnis, kamu akan merasakan manfaat membayar pajak berupa usaha akan terlihat lebih profesional di hadapan distributor dan konsumen. Hal ini dikarenakan ketika kamu berkecimpung di dalam bisnis di bidang manufaktur, maka Nomor Poko Wajib Pajak (NPWP) merupakan salah satu bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak. Apabila kamu tidak memiliki NPWP, perusahaan kamu akan terlihat tidak profesional.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Membayar Pajak

Menunjukkan Kesehatan Keuangan Perusahaan

Manfaat membayar pajak lainnya adalah dapat menunjukkan sehatnya keuangan suatu perusahaan. Tentunya hal ini perlu didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik. Ditjen Pajak akan memberikan denda bagi setiap pengusaha yang telat bayar pajak. Adanya denda akibat telat bayar pajak akan menyadarkan para pengusaha akan pentingnya membayar pajak.

Menstabilkan Perekonomian Negara

Pajak digunakan oleh pemerintah dalam hal mengatur atau menstabilkan perekonomian dalam negeri. Oleh karena itu, pajak menjadi alat stabilitas ekonomi dari berbagai kondisi yang dianggap mengancam keberlangsungan ekonomi negara.

 

6 dari 6 halaman

Manfaat Membayar Pajak

Mendapat Pinjaman Lebih Mudah

Manfaat membayar pajak dengan tertib dapat memudahkan mendapatkan pinjaman dari bank. Tentunya hal ini sangat memudahkan para pemilik usaha. Dengan kartu NPWP khusus bisnis, maka pihak bank akan menganggap kamu adalah pelakuk bisnis profesional.

Keuntungan Pengusaha Domestik Akan Berlipat

Barang-barang impor yang dikenakan pajak tinggi oleh pemerintah bertujuan agar produksi dalam negeri mampu bersaing di pasaran. Pemerintah dapat mengenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada produk-produk mewah impor.

Pajak yang dibayarkan oleh pengimpor akan meredam neraca perdagangan dan jumlah barangnya akan berkurang. Dengan demikian, pengusaha dapat memajukan bisnisnya dan bersaing dengan barang-brang impor.