Sukses

7 Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari, Punya Peranan Penting

Liputan6.com, Jakarta Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh strukturnya yang keras, namun mudah ditempa dan ulet. Nikel sendiri berasal dari sisa-sisa tumbuhan ataupun makhluk hidup yang terkubur di dalam tanah selama jutaan tahun. Nikel merupakan bagian hasil pertambangan dalam kategori logam. 

Nikel yang memiliki warna keperakan ini mulanya dianggap sebagai logam pengotor pada tembaga. Kemudian pada akhirnya menjadi satu logam tersendiri yang memiliki nilai tinggi, setelah adanya penelitian yang menyimpulkan nikel dapat ditemukan dalam meteroit.

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia. Walaupun tidak seterkenal minyak bumi, batu bara dan bijih besi sebagai hasil tambang, nikel yang bisa ditambang di Indonesia ini memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020) tentang manfaat nikel dalam kehidupan sehari hari

2 dari 4 halaman

Pembuatan Stainless Steel dan Koin

Pembuatan Stainless Steel

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah sebagai bahan campuran pembuatan stainless steel. Perabotan stainless steel umumnya menggunakan bahan nikel karena memiliki ketahanan terhadap karat.

Stainless steel biasanya terbuat dari bijih besi yang dicampur dengan nikel dan krom agar tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara. Karena itulah Stainless steel tidak mudah berkarat layaknya besi biasa. Jadi, tidak heran perabot dapur seperti garpu dan sendok biasanya dibuat dari logam nikel.

Pembuatan Koin

Selain sebagai bahan pembuatan stainless steel, manfaat nikel untuk kehidupan sehari-hari berikutnya adalah untuk pembuatan koin. Uang koin di Indonesia umumnya dibuat dari nikel karena sifatnya yang alot dan mudah dibentuk. Seperti yang kita ketahui ada dua jenis uang di Indonesia yaitu uang koin dan kertas. Beberapa uang koin yang beredar di Indonesia menggunakan bahan nikel.

Bahan ini terlihat lebih padat dan berat jika dibandingkan dengan aluminum. Pada 2010 Bank Indonesia meresmikan mata uang koin dengan bahan nikel yaitu uang pecahan Rp1000.

3 dari 4 halaman

Campuran pada Besi Baja dan Pembuatan Rangka Otomotif

Campuran pada Besi Baja

Besi baja adalah campuran berbagai macam unsur logam dengan bahan utama besi. Besi baja dengan kualitas yang tinggi tidak terlepas dari campuran kandungan nikel. Manfaat nikel dalam campuran besi baja adalah membuat campuran menjadi lebih keras dibandingkan campuran dengan alumunium.  Hal ini tentunya bisa dimasukkan dalam manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan nikel membuat baja memiliki kekuatan yang baik dibanding besi baja yang hanya dicampur alumunium. Campuran nikel, juga menjadikan besi baja menjadi tahan dari serangan karat. Hal demikian tidak ditemukan pada besi baja murni. Struktur ini biasa dipakai untuk bahan bangunan dan rel kereta api.

Pembuatan Rangka Otomotif

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah dalam pembuatan rangka otomotif. Kandungan nikel pada rangka otomotif menjadikan hasilnya terlihat lebih mengkilap serta tidak mudah berkarat. Sehingga pada akhirnya membuat rangka otomotif menjadi lebih awet karena tidak cepat rusak.

Karena itulah, biasanya kamu akan melihat velg, bumper dan knalpot pada mobil terlihat begitu mengkilap. Hal ini karena rangka otomotif banyak menggunakan bahan nikel dalam pembuatannya.

4 dari 4 halaman

Baterai Isi Ulang, Pembuatan Kawat, dan Pelapis Antikarat

Baterai Isi Ulang

Salah satu manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang tak kalah penting adalah sebagai bahan pembuatan baterai. Baterai berbahan nikel termasuk baterai sekunder yang bisa diisi ulang. Berbeda dengan baterai primer yang hanya sekali pakai.

Baterai ini banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi peralatan elektronik. Baterai nikel yang banyak dikenal adalah jenis baterai nikel-kadmiun (Ni-Cd) dan Nikel Metal Hibrida (NiMH).

Pembuatan Kawat

Dengan sifat tahannya terhadap karat, nikel juga bisa dimanfaatkan untuk campuran pembuatan kawat. Dalam hal ini contohnya seperti pembentukan turbin pesawat.

Nikel kawat juga bisa dimanfaatkan sebagai alat laboratorium khususnya pada alat penghantar panas yang baik. Hal ini karena unsur nikel juga merupakan konduktor panas yang baik. Hal ini tentunya menegaskan pentingnya manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai Pelapis Antikarat

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah sebagai campuran atau pelapis anti karat. Unsur nikel memang sangat baik digunakan sebagai campuran atau pelapis anti karat. Logam yang dilapisi unsur nikel tidak cepat rusak karena sifatnya yang anti karat.

Selain itu nikel memberikan efek mengkilap yang membuat logam terlihat lebih menarik. Oleh karena itu nikel banyak digunakan sebagai pelapis khususnya dalam industri makanan.

Bahkan nikel dengan sifatnya yang kuat dan anti karat, sering juga dimanfaatkan sebagai pelapis terluar untuk berbagai senjata produksi pabrikan ternama. Dengan adanya lapisan nikel pada bagian luar senjata, dapat dipastikan senjata akan bertambah baik, karena menjadi lebih kuat dan tahan karat serta tidak mudah mengalami korosi. Itulah beberapa manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui.

 

Loading