Sukses

Pesona Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman, Dilengkapi Info Lokasi dan Harga Tiket

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri disertai wisata edukasi.

Liputan6.com, Jakarta Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman merupakan sebuah desa dengan pemandangan yang bersih dan tertata rapi. Suasana yang tenang, perumahan tradisional, dan pemandangan yang asri dan udara segar membuat para wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. 

Berbagai kegiatan seperti outbound untuk anak-anak dengan menawarkan beberapa permainan tradisional dapat jadi pilihan. Selain itu, saat musim tanam padi tiba, para pengunjung juga dapat menikmati edukasi dan terlibat langsung dalam kegiatan mengolah sawah seperti membajak sawah dan menanam padi.

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri disertai wisata edukasi. Paket acara wisata yang masuk dalam agenda kegiatan Desa Wisata Kembang Arum pun juga berasal dari kegiatan sehari-hari warga yang dilakukan secara inisiatif oleh warga sekitar sendiri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020) tentang desa wisata kembang arum turi sleman

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesona Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman merupakan sebuah desa yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta. Memasuki desa ini, kamu akan melihat perkebunan salak yang tertata rapi yang berada di pinggir jalan desa ini.

Pesona keindahan Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman tidak berakhir pada perkebunan salak ini saja, sawah hijau yang terbentang, sungai dengan air jernih dan udara yang segar juga dapat kamu nikmati saat berkunjung ke salah satu destinasi yang dapat membuat siapa saja nyaman ini.

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman telah menggerakkan ekonomi lokal dengan merespon potensi alam yang ditata dengan indah sehingga desa ini sudah dikunjungi sekitar 65.000 orang baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Hal ini didapatkan dari memanfaatkan tanah seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa dan milik sanggar Pratista, dan dikelola oleh Pak Hery Kustriyatmo.

Hal ini membuktikan bahwa pedesaan mempunyai potensi wisata tersendiri. Dan program desa wisata pun digalakkan untuk mengopimalkan potensi pedesaan. Hal ini sesuai dengan konsep sustainable development yang bisa diartikan sebagai pengelolaan yang baik mewujudkan keseimbangan antara kebutuhan manusia untuk meningkatkan gaya hidup dan memelihara sumber daya alam dan ekosistem tempat kita dan generasi beikutnya bergantung.

Kegiatan-kegiatan dalam desa wisata ini banyak melibatkan peran masyarakat Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman ini sendiri. Dengan melibatkan warga secara langsung, hal ini menjadikan warga lokal sebagai tuan rumah di negerinya sendiri serta mampu menciptakan rasa memiliki terhadap desanya sendiri.

Sebagai pengelola, Pak Hery pun melibatkan warga sekitar untuk berpartisipasi secara aktif. Paket acara wisata yang masuk dalam agenda kegiatan Desa Wisata Kembang Arum pun berasal dari kegiatan sehari-hari warga yang dilakukan secara inisiatif oleh warga sendiri.

3 dari 4 halaman

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman

Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman ini memiliki lokasi yang termasuk strategis dan mudah dijangkau oleh pengunjung, walaupun cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Kembang Arum tepatnya berada di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman yaitu sekitar 19 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Desa Wisata Kembang Arum ini adalah sekitar 40 menit.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga Tiket Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman saat ini belum dikenakan biaya tetapi para pengunjung harus membayar beberapa fasilitas yang ada. Sedangkan untuk biaya parkir di Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman ini pengunjung harus membayar tarif sebesar Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Selain itu, beberapa fasilitas outbound dan permainan tradisional di Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman ini juga mewajibkan kamu untuk membayar sejumlah uang, di antaranya Balap Dingklik: Rp. 15.000/orang, Bambu Salak Glundong: Rp. 15.000/orang, Balap Egrang: Rp. 15.000/orang, Balap Bakiak: Rp. 15.000/orang, Tarik Tambang Lumpur: Rp. 15.000/orang, Bambu Keseimbangan: Rp. 15.000/org, Bambu Pancuran: Rp. 15.000/orang, Tampah Bola: Rp. 15.000/orang, Gebuk Bantal di atas Air: Rp. 15.000/orang, Mencari ikan: Rp. 20.000/orang, Sepak Bola Lumpur: Rp. 15.000/orang, Basket Lumpur: Rp. 15.000/orang, Kenthos Keseimbangan: Rp. 15.000/orang, Volley Geber: Rp. 15.000/orang, dan Flying fox: Rp. 25.000/orang.

Walaupun untuk mencoba berbagai fasilitas tersebut kamu harus membayar, kamu juga masih bisa menikmati pemandangan alam Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman dengan nyaman.

Fasilitas di Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman

Fasilitas di ke Desa Wisata Kembang Arum Turi Sleman ini sudah lumayan lengkap bagi pengunjung. Sudah disediakan berbagai fasilitas seperti guest house/ home stay, kamar mandi, warung makan, flying fox, menangkap ikan, tracking, fasilitas outbond, hingga ternak kambing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini