Sukses

Cara Mengobati Penyakit FAM dan Pencegahan Agar Tak Jadi Kanker

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati penyakit FAM penting diketahui bagi wanita. Penyakit FAM atau fibroadenoma mammae merupakan jenis tumor payudara yang bersifat jinak. Tumor ini paling sering terjadi pada wanita berusia antara 15 dan 35 tahun.

Adanya tumor di payudara akan membuat setiap wanita khawatir. Tumor yang bersifat jinak bukan tidak mungkin berkembang menjadi tumor ganas atau kanker. Penyakit FAM bersifat jinak, namun, jika tumor dirasa menganggu cara mengobati penyakit FAM penting untuk diketahui.

Adanya tumor ini membuat wanita ingin mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit FAM. Seseorang bisa memiliki satu atau lebih fibroadenoma. Fibroadenoma dapat mempertahankan ukurannya atau menyusut seiring waktu.

Cara mengobati penyakit FAM harus didiskusikan dengan dokter. Jika tumor tak berpotensi membahayakan, cara mengobati penyakit FAM dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat.

Cara mengobati penyakit FAM meliputi pemantauan untuk mendeteksi perubahan dalam ukuran atau adanya rasa sakit, biopsi untuk mengevaluasi benjolan atau operasi untuk menghilangkannya. Berikut ulasan mengenai cara mengobati penyakit FAM yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020).

2 dari 6 halaman

Mengenal Penyakit FAM

Penyakit FAM atau fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang dapat berkembang di payudara. Tumor terdiri dari jaringan kelenjar dan jaringan ikat, dan ukurannya dapat bervariasi.

Fibroadenoma akan terasa kencang, halus, kenyal, atau keras dan memiliki bentuk yang jelas. Jika fibroadenoma cukup besar untuk disentuh, biasanya akan terasa seperti benjolan yang bulat dan relatif kuat sehingga mungkin bergerak di bawah kulit.

Fibroadenoma adalah tumor jinak yang sangat umum. Fibroadenoma sering berkembang selama masa pubertas sehingga sebagian besar ditemukan pada wanita muda, tetapi kondisi ini juga dapat terjadi pada wanita dari segala usia.

Penyebab fibroadenoma tidak diketahui, tetapi mereka mungkin terkait dengan hormon reproduksi. Ini sebabnya fibroadenoma terjadi lebih sering selama tahun-tahun reproduksi. Fibroadenoma juga dapat menjadi lebih besar selama kehamilan atau saat menggunakan terapi hormon.

3 dari 6 halaman

Jenis Fibroadenoma

Fibroadenoma kompleks

Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan, seperti pertumbuhan berlebih sel (hiperplasia) yang dapat tumbuh dengan cepat. Seorang ahli patologi membuat diagnosis fibroadenoma kompleks setelah meninjau jaringan dari biopsi.

Fibroadenoma Juvenile

Fibroadenoma Juvenile adalah jenis benjolan payudara yang paling umum ditemukan pada anak perempuan dan remaja antara usia 10 dan 18 tahun. Fibroadenoma ini dapat tumbuh besar, tetapi sebagian besar menyusut seiring waktu, dan beberapa menghilang.

Giant fibroadenoma

Giant fibroadenoma dapat tumbuh hingga lebih dari 2 inci (5 sentimeter). Tumor ini mungkin perlu diangkat karena mereka dapat menekan atau mengganti jaringan payudara lainnya.

Tumor phyllodes

Meskipun biasanya jinak, beberapa tumor phyllodes dapat menjadi kanker (ganas). Dokter biasanya menyarankan agar tumor ini diangkat.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Penyakit FAM Ringan

Dalam banyak kasus, fibroadenoma tidak memerlukan perawatan. Sebagian besar fibroadenoma memiliki ukuran yang sama. Beberapa menjadi lebih kecil dan beberapa akhirnya menghilang seiring waktu.

Fibroadenoma yang tidak tumbuh dan pasti tidak bersifat kanker dapat dipantau secara ketat. Biasanya seseorang hanya akan diminta untuk kembali ke dokter umum jika tumor semakin besar atau melihat adanya perubahan.

Demikian pula, jika wanita mendapatkan fibroadenoma selama kehamilan atau saat menyusui, dokter akan menunggu sampai kadar hormon kembali ke tingkat normal untuk melihat apakah benjolan hilang dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Penyakit FAM yang Terus Berkembang

Dengan berbagai pertimbangan, fibroadenoma dapat diangkat melalui proses pembedahan. Ini akan membantu memastikan bahwa benjolan bukan kanker dan tidak tumbuh dan merusak jaringan payudara di sekitarnya.

Bergantung pada ukuran, lokasi, dan jumlah fibroadenoma, dokter memiliki beberapa cara untuk mengeluarkannya:

Lumpektomi atau biopsi eksisi

Lumpektomi adalah operasi singkat untuk mengangkat fibroadenoma. Dalam prosedur ini, seorang ahli bedah mengangkat jaringan payudara dan mengirimkannya ke laboratorium untuk memeriksa potensi kanker.

Cryoablation

Dokter menggunakan mesin ultrasound untuk melihat fibroadenoma. Setelah itu dokter akan memasukkan alat tipis seperti tongkat yang disebut cryoprobe di kulit. Dengan menggunakan gas, proses ini membekukan jaringan di dekatnya yang menghancurkan fibroadenoma tanpa operasi.

 

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Penyakit FAM Agar Tak Jadi Kanker

Makan lebih banyak buah dan sayuran segar

Peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar, bersama dengan olahraga moderat, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara. Buah dan sayur kaya akan serat yang dapat mengendalikan estrogen berlebih. Kelebihan estrogen bisa menjadi faktor dalam perkembangan dan penyebaran beberapa jenis kanker payudara.

Serat mendukung sistem pencernaan dan pembuangan limbah secara teratur, termasuk kelebihan estrogen. Buah dan sayur juga kaya akan antioksidan seperti beta-karoten yang membantu mencegah kanker berkembang.

Olahraga rutin

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berolahraga minimal 150 menit setiap minggu dapat menurunkan risiko kanker payudara dan jenis kanker lainnya. Aktivitas fisik juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat yang membantu mencegah kanker payudara.

Jauhi lemak trans

Lemak trans adalah jenis lemak yang umum dalam makanan olahan. Para ilmuwan telah mengaitkannya dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Wanita arus membatasi asupan lemak trans untuk mencegah kanker payudara.