Sukses

9 Jenis Topi Pria Keren Terpopuler, Bikin Penampilan Makin Stylish

Jenis topi pria keren telah menjadi item fashion untuk menunjang penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis topi pria keren membuat penampilan penggunanya menjadi semakin menarik. Topi sebagai aksesori penutup kepala yang banyak dikenakan orang tak hanya berfungsi sebagai penutup kepala, di masa lalu, topi bahkan merupakan indikator status sosial seseorang.

Topi juga memiliki banyak kegunaan dan tujuan penggunaannya. Beberapa topi dikenakan oleh profesi tertentu, seperti Toque yang dipakai oleh koki. Ada juga yang memiliki fungsi keagamaan, seperti mitre yang dikenakan oleh para Uskup dan sorban yang digunakan oleh Sikh. Tentunya topi juga memiliki fungsi dasar untuk melindungi pemakainya terhadap matahari dan hujan.Jenis topi pria keren telah menjadi item fashion untuk menunjang penampilan. Topi membuat pemakainya terlihat lebih stylish dan keren. Banyak jenis topi pria yang populer dan menjadi item fashion wajib para pria. Kamu bisa memilih berbagai macam topi yang sekiranya cocok dengan gayamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020) ragam jenis topi pria keren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Baseball Cap dan Fedora

Baseball Cap

Jenis topi pria keren yang pertama adalah Baseball Cap atau topi baseball. Baseball Cap adalah bagian dari seragam baseball tradisional yang dikenakan oleh para pemain, dengan pinggiran mengarah ke depan untuk melindungi mata dari sinar matahari. Sejak 1980-an, jenis topi pria ini telah menjadi aksesori fashion yang cukup umum, terutama di Amerika Serikat.

Topi ini cukup lentur dan pada bagian tengah atasnya terdapat kancing. Pada bagian depannya terdapat lidah atau visor yang kaku untuk melindungi pemakainya dari sinar matahari. Di bagian belakang biasanya terdapat pengencang agar topi tak mudah lepas saat digunakan.

Bahan-bahan yg digunakan untuk membuat topi baseball beragam, mulai dari katun, kanvas, denim, bahkan kulit.

Fedora

Fedora terkenal dengan ciri khasnya berupa crown yang melekuk di bagian atas dan pinggiran atau brim yang lebar. Istilah fedora digunakan sejak 1891. Popularitasnya terus melonjak, dan akhirnya mengalahkan topi homburg yang tampak serupa dengannya.

Jenis topi pria keren yang satu ini disukai banyak orang, terutama kaum Adam, karena memberikan sentuhan stylish dan klasik. Topi ini biasanya terbuat dari bahan yang tidak terlalu kaku tapi juga tidak lembut.

3 dari 5 halaman

Snapback dan Bucket Hat

Snapback

Jenis topi pria keren berikutnya adalah Snapback. Walaupun bentuknya hampir mirip dengan baseball cap, snapback memiliki perbedaan pada bagian visornya yang kaku dan datar. Sedangkan visor baseball cap berbentuk melengkung.

Snapback merupakan jenis topi yang sangat hype di kalangan anak muda. Topi ini memiliki crown yang terdiri dari 6 panel, dengan visor atau lidah yang datar dan keras. Selain itu, di bagian belakang terdapat gesper berlubang yang berfungsi mengencangkan topi.

Snapback biasanya dipakai dengan visor menghadap ke belakang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya secara menyamping. Snapback akan memberikan kesan trendi dan kasual dalam gaya berpakaian kamu.

Bucket Hat

Jenis topi pria keren selanjutnya ini biasa digunakan oleh para pecinta alam. Bucket hat didesain dengan crown bundar dan brim yang melingkar lebar miring kebawah.

Jenis topi pria keren ini dapat terbuat dari kain katun tebal seperi denim atau kanvas. Biasanya terdapat dua lubang pada sisi topi ini sebagai jalan keluarnya udara agar pemakainya tetap merasa adem. Ada pula bucket hat yang diberi tali pengikat agar tak mudah lepas.

Bucket hat atau juga dikenal dengan topi pancing mulai diperkenalkan sekitar tahun 1900. Awalnya dibuat dari kain wol atau rajuta, topi ini secara tradisional dipakai oleh petani dan nelayan Irlandia sebagai perlindungan dari hujan, karena lanolin dari wol (mentah) yang tidak dicuci membuat topi ini secara alami tahan air.

4 dari 5 halaman

Boater dan Flat Cap

Boater

Boater merupakan topi yang sering dipakai pada acara formal musim panas para pria Eropa. Dinamai boater karena dulunya sering digunakan oleh para pelaut.

Boater merupakan jenis topi pria keren seperti fedora namun umumnya terbuat dari anyaman jerami yang memberi kesan kaku. Crown pada boater berbentuk lingkaran dengan brim yang melingkarinya.

Flat Cap

Bagi kamu yang ingin memiliki penampilan layaknya seniman, kamu bisa menggunakan jenis topi pria keren satu ini, yaitu, flat cap. Ciri khas topi ini adalah memiliki brim kecil dan kaku di bagian depan. Biasanya flat cap juga dilengkapi dengan kancing yang menyatukan brim dan crown.

Saat ini, flat cap lebih dikenal sebagai topi seniman. Hal ini dikarenakan ada banyak musisi, pelukis, hingga penulis yang mengenakan topi ini. Dengan memakai topi ini, penampilan kamu akan terlihat lebih old school tapi tetap berkelas.

5 dari 5 halaman

Bowler, Beanie, dan Trucker Hat

Bowler

Charlie Chaplin identik dengan jenis topi pria keren satu ini. Bowler hat mulai ngetren pada akhir abad 19. Bowler biasanya berbahan wol yang tebal dan lembut, bentuknya mirip fedora dengan bentuk crown yang bulat dan brim yang melingkarinya melengkung ke atas.

Awalnya bowler dibuat oleh pembuat topi London Thomas dan William Bowler pada 1849. Jenis topi pria keren ini secara tradisional telah dikenakan bersama pakaian semi formal dan informal. Bowler populer di kelas pekerja Inggris, Irlandia, dan Amerika selama paruh kedua abad ke-19.

Beanie (Kupluk)

Di Indonesia, beanie biasa dikenal dengan kupluk. Salah satu jenis topi pria keren ini biasa dipakai pada musim dingin karena sifatnya yang menghangatkan.

Kupluk biasanya terbuat dari rajutan benang wol yang hangat. Namun, tidak hanya untuk menghangatkan kepala, jenis topi pria keren ini juga menjadi item fashion yang menunjang penampilan para pria.

Salah satu model beanie yang populer selama paruh awal abad ke-20 adalah semacam kupluk yang terbuat dari empat atau enam panel kain yang dijahit bersama untuk membentuk topi. Panel sering terdiri dari dua atau lebih warna kontras yang berbeda untuk memberi tampilan baru dan khas.

Trucker Hat

Jenis topi pria keren selanjutnya adalah Trucker Hat. Ciri dari topi ini adalah bagian panel belakang yang terbuat dari kain jaring. Hal ini supaya sirkulasi udara lancar. Oleh karenanya, topi ini cocok dipakai di bawah terik matahari.

Topi yang mirip dengan snapback ini memiliki lapisan busa di crown bagian depan. Lidahnya bisa datar, bisa juga melengkung.

Sesuai dengan namanya, topi model seperti ini awalnya banyak digunakan oleh para supir truk di Amerika Serikat. Namun, sekarang sudah menjadi salah satu jenis topi pria keren yang digemari banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.