Sukses

10 Film tentang Wabah Penyakit, Mengerikan Sekaligus Bikin Iba

Liputan6.com, Jakarta Film tentang wabah penyakit kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan dunia tengah dihebohkan dengan penyakit mematikan yang diakibatkan oleh virus Corona. Selain menimbulkan rasa empati terhadap korban yang terkena penyakit yang mematikan ini, banyak sebagian orang pecinta film khususnya penasaran dengan film tentang wabah penyakit. 

Banyak film dari berbagai negara yang mengangkat cerita mengenai virus dan wabah penyakit yang mengerikan. Menyaksikan film tentang wabah penyakit, kamu akan dibuat ngeri sekaligus merasa kasihan dengan orang-orang yang terjangkit wabah penyakit dan virus tersebut.

Film tentang wabah penyakit kebanyakan membuat pemeran di dalamnya tewas atau berubah menjadi sesosok zombie. Apabila kamu tertarik ingin menyaksikan film tentang wabah penyakit, ada beberapa rekomendasi film tentang wabah penyakit dari tahun ke tahun yang bisa kamu nikmati.

Berikut rekomendasi film tentang wabah penyakit yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020). 

2 dari 6 halaman

The Flu dan World War Z

The Flu (2013)

Film tentang wabah penyakit pertama yang wajib kamu tonton adalah The Flu. Film ini menceritakan tentang virus H5N1 atau flu burung yang mewabah di Bundang, Korea Selatan.

Virus ini dibawa oleh kapal pengiriman barang yang berisi tumpukan mayat imigran gelap asal Filipina. Hal ini mengakibatkan ribuan orang terinfeksi tiap jamnya dan membunuh dalam waktu kurum waktu 36 jam.

Kondisi ini mengakibatkan Kota Bundang ditutup dari dunia luar agar wabah tersebut tidak semakin tersebar luas dan penduduknya tidak dapat leluasa untuk keluar masuk kota. Keadaan semakin mencekam karena muncul berbagai konflik di tengah wabah tersebut.

World War Z (2013)

Film tentang wabah penyakit berikutnya adalah World War Z. Film yang dibintangi Brad Pit ini merupakan adaptasi dari sebuah virus mematikan. Virus tersebut menyerang orang-orang sehat dan mengubah mereka menjadi beringas dan menyerang manusia lain dalam hitungan detik.

3 dari 6 halaman

Deranged dan Contagion

Deranged (2012)

Dranged merupakan film asal Negeri Gingseng yang digarap oleh sutradara Park Jung-woo. Film in imenceritakan tentang Korea Selatan yang dikagetkan oleh sebiah penemuan mayat di Sungai Han.

Mayat-mayat terus ditemukan seiring berjalannya waktu dan membuat warga menjadi cemas. Ternyata hal ini dikarenakan oleh Yeongasi, sebuah cacing parasit yang tumbuh bermutasi.

Contagion (2011)

Film tentang wabah penyakit berikutnya adalah Contagion. Film yang disutradarai Steven Soderberg ini menunjukkan bagaimana virus dapat cepat tersebar dari negara satu ke negara lain, dan penanganan dari pemerintah.

Film ini ceritanya sangat mirip dengan kondisi Kota Wuhan sekarang. Film berjudul Contagion ini mengambil inti permasalahan sebuah virus yang diduga kuat berasal dari kelelawar.

Cerita film ini bermula ketika Beth Emhoff kembali ke Minnesota dari Hong Kong, dan terjangkit suatu virus. Ia tanpa sengaja menularkan virus tersebut kepada anaknya hingga meninggal dunia, serta beberapa orang yang pernah melakukan kontak fisik dengannya.

4 dari 6 halaman

Train to Busan dan I Am Legend

Train to Busan (2016)

Film tentang wabah penyakit selanjutnya yang wajib kamu tonton adalah Train to Busan. Film yang dibintangi oleh Gong Yoo, Jung Yoo-mi, dan Ma Dong-seok ini menceritakan tentang Korea Selatan yang tengah dihadapi bencana virus yang mengubah manusia menjadi zombie yang saling membunuh.

Virus ini menginfeksi banyak orang di dalam kereta. Satu per satu penumpang kereta yang menuju ke Busan pun akhirnya menjadi korban dan hanya tersisa dua orang saja.

Film ini berhasil meraup lebih dari 10 juta penonton, hingga memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi seperti Blue Dragon Award dan Baksang Arts Awards.

I Am Legend (2007)

Film tentang wabah penyakit lainnya adalah I Am Legend. Film yang diperankan oleh Will Smith ini berperan sebagai ahli virus bernama Robert Neville. Di dalam film, dirinya harus menghadapi kenyataan bahwa hampir seluruh manusia di dunia terinfeksi sebuah virus yang menjadikannya monster haus darah.

Namun, Neville memiliki kekebalan dan tidak terinfeksi. Tetapi dirinya harus memutuskan untuk tidak pergi meninggalkan kota mati. Dirinya justru berusaha untuk menciptakan penangkal virus sembari mencari orang-orang yang masih selamat untuk berjuang hidup bersamanya.

 

5 dari 6 halaman

One Cut of the Dead dan The 5th Wave

One Cut of the Dead (2017)

Film tentang wabah penyakit yang bisa kamu nikmati selanjutnya adalah One Cut of the Dead. Film buatan ini menceritakan tentang seorang sutradara dan para kru yang ditugaskan stasiun televisi untuk membuat acara live dengan pengambilan gambar one take.

Mereka melakukan pengambilan gambar secara langsung di tengah-tengah kejaran zombie. Film dengan cerita yang unik dan segar ini mampu membuat film zombie dengan konsep yang berbeda.

The 5th Wave (2016)

Film The 5th Wave dibintangi oleh Chole Grace Moretz. The 5th Wave mengisahkan tentang Cassie Sullivan yang berusaha untuk bertahan hidup ketika terjadi lima serangan alien beruntun di bumi.

6 dari 6 halaman

Resident Evil dan Outbreak

Resident Evil (2002)

Film Resident Evil disutradarai oleh Steven Soderberg menceritakan bagaimana virus dapat cepat tersebar dari negara satu ke negara lain dan penanganan dari pemerintah. Cerita film ini bermula ketika Beth Emhoff kembali ke Minnesota dari Hong Kong dan terjangkit suatu virus.

Outbreak (1995)

Outbreak merupakan sebuah film bencana medis Amerika Serikat tahun 1995 garapan Wolfgang Petersen. Kisah film ini berawal dari sebuah monyet yang diselendupkan dari Afrika ke California, Amerika Serikat.

Ternyata, penyelundupan monyet ini membawa virus Motaba yang merupakan virus mematikan yang menyebabkan kematian masal di California. James Scott, pria yang menyelundupkan monyet tersebut tidak mengetahui kelau selama perjalanan dirinya terinfeksi virus Motaba melalui kontak muka dengan air liur monyet.

Meski monyet pembawa virus itu sudah dilepaskan, namun tidak menghambat penyebaran virus Motaba. Akhirnya, virus Motaba pun menyebar cepat layaknya flu burung hingga Angkatan Amerika mengarantina California untuk menghentikan penyebaran virus.