Sukses

7 Cara Mengusir Tawon di Rumah Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Singkirkan tawon beserta sarangnya menggunakan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat sengatan yang lebih berbahaya dibandingan lebah. Sengatan tersebut berasal dari tawon. Sengatan berbahaya dari tawon dikarenakan adanya racun yang dapat membahayakan manusia. 

Tawon kerap kali singgah di sudut rumah bersamaan dengan sarangnya. Walaupun bukan pengganggu, namun tawon terkenal agresif saat di dekat manusia. Selain itu, ada banyak orang yang alergi terhadap sengatan tawon.

Hal ini mengakibatkan hewan ini menjadi sangat berbahaya. Oleh karena itu, menyingkirkan tawon adalah satu-satunya cara. Ada beberapa cara mengusir tawon di rumah secara alami yang ampuh dan aman.

Berikut cara mengusir tawon di rumah secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cuka

Cara mengusir tawon di rumah secara alami pertama yang bisa kamu coba adalah dengan cuka. Caranya cukup menyemprotkan cuka ke sarangnya. Cara membuat larutan cuka pun cukup mudah, kamu hanya perlu manambahkan satu sendok makan cuka ke dalam seperempat air.

Setelah itu, tuangkan cuka ke dalam botol sempot, lalu semprotkan ke sarang tawon yang ingin kamu hilangkan.

3 dari 8 halaman

Minuman Bersoda

Cara mengusir tawon di rumah secara alami berikutnya dengan menggunakan minuman bersoda. Cara menggunakan cukup mudah, cukup tuangkan minuman bersoda ke dalam satu wadah, lalu letakkan di tempat yang sekiranya jauh dari jangkauan orang atau hewan.

Hal ini dikarenakan minuman bersoda memiliki aroma yang akan menarik tawon. Dengan begitu, tawon akan mengerubungi minuman bersoda tersebut dan tawon akan tenggelam ke dalamnya.

4 dari 8 halaman

Lemon dan Baking Soda

Cara mengusir tawon di rumah secara alami berikutnya dengan menggunakan lemon dan baking soda. Kamu cukup mencampurkan air lemon dan baking soda secara merata. Cara mengusir tawon ini terbilang ampuh, karena tawon tidak menyukai aroma asam.

Cara mengusir tawon dengan lemon dan baking soda cukup mudah. Cukup semprotkan cairan tersebut ke sarang tawon. Pastikan cairan bisa masuk ke setiap lubang yang terbuka agar tawon pergi.

5 dari 8 halaman

Air Sabun

Cara mengusir tawon secara alami lainnya dengan menggunakan air sabun. Air sabun cukup efektif untuk menyingkirkan tawon.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Campurkan sabun caie dengan air. Kemudian campur kedua bahan tersebut hingga merata. Tuangkan campuran air sabun dan air tersebut ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan air campuran tersebut ke tawon.

6 dari 8 halaman

Bubuk Bawang Putih

Tawon sangat anti terhadap aroma yang menyengat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bawang putih bubuk untuk mengusir tawon. Cara melakukannya dengan menaburkan bubuk bawang putih ke dekat sarang tawon. Secara tidak langsung tawon tidak akan mendekati sarangnya dan akan membuatnya pindah dari tempat tersebut.

7 dari 8 halaman

Bubuk Lada

Selain bubuk bawang putih, kamu juga bisa mengusir tawon dengan bubuk lada. Caranya, campurkan beberapa sendok bubuk lada dan bubuk cabai dengan air. Kemudian panaskan hingga mendidih larutan tersebut.

Kemudian pindahkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan panas tersebut langsung ke sarang tawon.

 

8 dari 8 halaman

Kapur Barus

Cara mengusir tawon secara alami lainnya dengan menggunakan kapur barus. Cara menggunakannya cukup dengan menggantungkan kapur barus di dekat sarang tawon. Kamu bisa menggantungkannya dengan menyimpannya di dalam kaus kaki. Kemudian gantungkan di dekat sarang tawon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini