Sukses

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Perabotan Rumah Tangga

Minyak zaitun dapat membantu menyelesaikan berbagai urusan rumah agar barang-barang terawat dan awet.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak zaitun terkenal sebagai bahan alami untuk merawat tubuh. Banyak produk perawatan tubuh dan wajah yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan campurannya.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung berbagai nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Lebih dari itu, ternyata manfaat minyak zaitun ternyata tidak terbatas untuk kesehatan dan kecantikan saja. 

Minyak nabati satu ini juga dapat membantu merawat berbagai perabotan rumah tangga. Manfaat minyak zaitun untuk merawat perabotan rumah tangga ini tidak kalah banyak dengan manfaat minyak zaitun untik kesehatan dan kecantikan.

Berikut manfaat minyak zaitun untuk merawat perabotan rumah tangga yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Aromaterapi Ruangan

Minyak zaitun memiliki wangi yang lebih terasa dan segar. Tak heran, kalau minyak zaitun kerap dijadikan sebagai pilihan aromaterapi. Selain itu, aroma dari minyak zaitun juga dipercaya dapat membuat orang yang menghirupnya menjadi lebih rileks.

Jadi, kalau kamu sedang stress, kamu bisa menjadika minyak zaitun sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres.

3 dari 8 halaman

Menghilangkan Bunyi Berdecit pada Pintu

Manfaat minyak zaitun lainnya untuk merawat perabotan rumah tangga adalah dapat menghilangkan bunyi berdecit pada pintu. Caranya, cukup teteskan beberapa tetes minyak zaitu pada engsel pintu yang berdecit. Seketika bunyi pintu berdecit tersebut akan hilang, tanpa memerlukan bahan kimia.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Resleting yang Tersangkut

Manfaat minyak zaitun lainnya dapat membantu mengatasi resleting yang menyangkut. Caranya, cukup oleskan sedikit minyak zaitun pada bagian resleting yang tersangkut. Dengan begitu, resleting akan kembali normal.

5 dari 8 halaman

Menjadikan Kulit Furnitur Kembali Berkilau

Perawatan perabotan rumah berbahan kulit cenderung cukup sulit. Kini, kamu bisa menjaga kualitas furnitur berbahan kulit dengan menggunakan minyak zaitun. Kamu bisa menjadikan minyak zaitun untuk merawat perabotan rumah berbahan kulit agar tidak menjadi kusam.

Minyak zaitun dapat membuat furnitur di rumah kamu menjadi berkilau. Minyak zaitun sangat aman digunakan untuk merawat barang-barang berbahan kulit. Caranya, cukup lap barang-barang berbahan kulit menggunakan minyak zaitun.

6 dari 8 halaman

Merawat Perabotan Berbahan Kayu

Manfaat minyak zaitun untuk merawat perabotan rumah tangga adalah mengawetkan furnitur atau perabotan yang terbuat dari kayu. Minyak zaitun dapat menjadi pelapis permukaan kayu sehingga usia material kayu tersebut akan lebih tahan lama.

Cara menggunakannya mudah, cukup membersihkan perabotan kayu menggunakan campuran minyak zaitun dan air lemon. Oleskan secara merata ke seluruh bagian furnitur atau barang-barang berbahan kayu agar semua sisinya terlapisi oleh minyak zaitun.

7 dari 8 halaman

Membersihkan Alat Masak

Noda hitam membandel pada peralatan masak memang cukup menjadi masalah yang sulit diatasi. Noda hitam yang membandel akibat hawa panas dari kompor ini bisa kamu hilangkan dengan menggunakan minyak zaitun.

Cukup campurkan minyak zaitun dengan perasan air lemon, kemudian ambil kain microfiber dan celupkan dengan campuran tersebut. Kemudian gosokkan lap tersebut secara perlahan di peralatan dapur dengan noda membandel.

8 dari 8 halaman

Membersihkan Kotoran pada Barang Berbahan Perak

Mirip dengan barang-barang berbahan kulit, perabotan atau barang-barang berbahan perak juga cukup sulit untuk dirawat. Misalnya saja seperti peralatan makan sendok dan garpu. Apabila barang-barang tersebut kotor, lalu dibersihkan dengan sabun maka akan berpotensi mengalami kerusakan.

Untuk menjaganya tetap awet, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu menghilangkan kotoran dan kekusaman pada barang-barang berbahan perak tanpa merusak lapisan logamnya.

Caranya, cukup oleskan barang-barang tersebut dengan minyak zaitun. Kemudian gosok secara perlahan dan halus. Setelahnya, barang-barang berbahan logam akan kembali berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini