Sukses

11 Jenis Kipas Angin dan Masing-Masing Fungsinya, Pilih Sesuai Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis kipas angin yang banyak ditemukan di pasaran. Penggunaan kipas angin merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan hembusan udara yang lebih segar.

Kipas angin merupakan salah satu produk elektronik alternatif dengan konsumsi listrik yang lebih sedikit dari Air Conditioner atau AC, sehingga bisa digunakan sesering mungkin. Walaupun cenderung lebih murah dibandingkan AC, kamu tetap perlu mengetahui beragam jenis kipas angin.

Sebelum membeli kipas angin, kamu perlu mengetahui jenis kipas angin agar dapat digunakan sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan kelemahan yang dimiliki kipas angin.

Kelemahan kipas angin adalah tidak dapat menurunkan suhu ruangan, melainkan hanya menggerakkan udara di dalam ruangan sehingga ruangan terasa sejuk di saat suhu ruangan sedang panas. Oleh karena itu, penggunaan kipas angin harus dibarengi dengan pintu atau jendela yang terbuka agar udara panas bisa bergerak keluar.

Berikut jenis kipas angin beserta masing-masing fungsinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/2/2020). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Jenis Kipas Angin dan Masing-Masing Fungsinya

Kipas Angin Duduk

Jenis kipas angin pertama yang bisa kamu pilih adalah kipas angin duduk. Kipas angin model duduk merupakan kipas yang banyak dijumpai di pasaran, karena mudah diletakkan di mana saja.

Kipas angin model duduk ini sangat praktis digunakan, karena hanya membutuhkan colokan listrik. Kelebihan kipas angin duduk ini biasanya memiliki harga relatif murah daripada jenis kipas angin lainnya. Namun, kekurangan yang dimiliki kipas duduk tidak bisa menjangkau semua tempat dengan luas.

Kipas Angin Kecil

Kipas angin kecil merupakan jenis kipas angin yang dapat dipindahkan sesuai keinginan. Inilah yang menjadikan jenis kipas angin tersebut disebut sebagai portable fan. Ukuran jenis kipas angin ini berkisar 14 inchi, maka cocok diletakkan di meja.

Angin yang dihasilkan kipas ini tidak terlalu kencang namun menyejukkan. Umumnya kipas angin duduk ini memiliki model dengan leher yang pendek dengan satu kaki lebar untuk menopang badan kipas pada bagian bawahnya. Ukurannya ini tidak kurang dari 50 cm.

3 dari 6 halaman

Jenis Kipas Angin dan Masing-Masing Fungsinya

Kipas Angin Berdiri

Jenis kipas angin ini disimpan dengan cara diberdirikan. Jenis ini dilengkapi dengan bagian leher yang panjangnya kurang dari 1 meter. Tinggi lehernya ada yang bisa diatur sesuai keinginan, adapula yang sudah paten alias tidak bisa diatur.

Kipas model berdiri lebih efektif untuk menjangkau tempat-tempat yang tinggi. Saat ini kipas angin berdiri dilengkapi dengan perangkat peniup uap air sehingga udara yang dihembuskan menjadi lebih sejuk daripada kipas biasa.

Kipas Angin Gantung

Jenis kipas angin gantung atau langit-langit memiliki bentuk dan kekuatan angin yang cukup besar. Penempatan kipas ini dengan cara digantung secara permanen. Anginnya dapat menjangkau area ruangan yang cukup besar.

Jenis kipas angin ini berputar tanpa pelindung apapun, adapula yang dilindungi dengan lampu penerangan sebagai aksesorinya. Menggunakan jenis kipas angin ini akan membuat ruangan semakin cantik.

4 dari 6 halaman

Jenis Kipas Angin dan Masing-Masing Fungsinya

Kipas Angin Dinding

Penggunaan jenis kipas angin dinding memiliki hembusan yang mampu menyebar ke seluruh area ruangan. Model kipas angin yang menempel ini biasanya dipasang permanen pada dinding.

Biasanya jenis kipas angin ini digunakan pada ruangan yang lebar seperti masjid, pertokoan, dan masih banyak lagi.

Kipas Angin Multifungsi

Jenis kipas angin lainnya adalah kipas angin multifungsi. Kipas angin model ini merupakan campuran dari tiga model, yaitu model duduk, berdiri, dan temple. Jenis kipas angin ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan lokasi yang dibutuhkan.

Namun, karena berbagai kemudahan yang diberikannya, biasanya harga kipas angin multifungsi ini cenderung lebih mahal daripada kipas biasa. Namun, tentunya akan sangat efektif jika kamu membutuhkan kipas yang bisa digunakan sewaktu waktu dalam urusan yang berbeda. 

5 dari 6 halaman

Jenis Kipas Angin dan Masing-Masing Fungsinya

Kipas Angin Tanpa Baling-baling

Mungkin kamu cukup asing dengan jenis kipas tanpa baling-baling. Kipas angin borderless atau tanpa baling-baling ini merupakan kipas model terbaru yang menggunakan sistem kompresi udara tanpa baling-baling.

Jenis kipas angin ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki anak kecil atau bayi di rumah, karena jenis kipas ini cenderung aman untuk digunakan apalagi dekat dengan balita atau anak kecil. Biasanya, kipas angin yang memiliki baling-baling dapat membahayakan anak kecil.

Kipas Angin Exhaust Fan

Kipas angin Exhaust Fan merupakan kipas angin dengan dua arah putaran. Kipas angin ini memiliki bentuk segi empat. Kipas angin kotak ini berfungsi mengeluarkan udara dari dalam keluar dan sebaliknya.

Biasanya jenis kipas ini dipasang di dalam dinding sehingga cocok ditempatkan di kamar mandi atau dapur. Hal ini berfungsi agar udara ruangannya tetap terjaga.

6 dari 6 halaman

Jenis Kipas Angin dan Masing-Masing Fungsinya

Kipas Angin Mini

Selain jenis kipas angin di atas, kini juga ada kipas angin mini dengan berbagai jenis. Kipas angin mini sangat fleksibel alias bisa dibawa kemana-mana. Kipas angin mini memiliki beragam jenis, ada yang dicas, dicolokkan pada ponsel, memakai baterai hingga bantuan tangan.

Kipas Angin Plus AC

Kipas angin plus AC biasanya digunakan dalam ruangan pertemuan yang membutuhkan kipas agar bisa menjangkau tempat-tempat yang dibutuhkan. Jenis kipas angin ini mirip seperti blower yang juga memiliki hembusan yang dingin.

Karena jenis kipas ini cenderung memiliki harga yang cukup mahal dan membutuhkan konsumsi listrik yang besar, maka penggunaannya pun jarang ditempatkan di dalam rumah. Biasanya hanya digunakan untuk tempat-tempat penting saja.

Kipas Angin Model AC

Kipas angin model AC adalah kipas yang menyerupai model AC yang berbentuk persegi panjang. Namun fungsinya tidak sama dengan AC, hanya kipas saja ditambah fitur seperti filter.

Kipas angin model AC bisa jadi alternatif bagi kamu yang belum bisa membeli AC namun ingin mempunyai pendingin ruangan dengan harga ekonomis dengan model yang modern.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.